Profil Mata Kuliah
Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh.
Selamat datang rekan-rekan mahasiwa yang kami banggakan. Segala puji kita panjatkan kepada Allah SWT atas berkat rahmat dan karunia-Nya kita dapat belajar bersama.
Selamat datang di mata kuliah Instrumentasi Anestesii, Universitas 'Aisyiyah Yogyakarta. Mata kuliah ini ditujukan bagi peserta didik yang sedang mengambil Keperawatan Anestesiologi Program Sarjana Terapan.
Mata kuliah Instrumentasi Anestesi memiliki bebas SKS sebesar 2 SKS dengan kode mata kuliah KAN3022
Selamat mengikuti perkuliahan dengan baik. Salam hangat dan tetap semangat!
Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh.
NIA HANDAYANI, S.Tr.Kep., MKM
- Pada MK ini mahasiswa belajar tentang alat yang mendukung tindakan anestesi secara umum dan khusus secara terstruktur dan sistematis. Materi yang akan dipelajari dalam MK ini antara lain, komponen mesin anestesi, alat-alat airway manajemen, alat supraglotik airway, alat-alat monitor anestei, dan kateterisasi vena pulmonal. Metode pembelajaran terdiri dari teori dan praktikum dengan komponen penilaian terlampir.
Bahan Kajian Teori :- Pengenalan instrumentasi anestesi pada pre, intra, dan post : mesin anestesi dan komponennya, alat-alat anestesi umum dan regional
- Pengenalan alat-alat sistem Airway
- Pengenalan alat-alat monitoring anestesi
- Kanulasi vena perifer & vena sentral, kateterisasi arteri pulmonal dan endoskopi
Bahan Kajian Praktikum :
- Mesin anestesi
- Defibrilator
- Bedside monitor
- Persiapan alat anestesi umum dan regional
- Pengenalan ventilator
- Posisi pasien di meja operasi
- Persiapan alat trakeostomi dan krikotorotomi
- CAPAIAN PEMBELAJARAN SIKAP (CP S)
- Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik (S9)
- Memiliki sikap mandiri, fleksibilitas dan persisten (S15)
CAPAIAN PEMBELAJARAN PENGUASAAN PENGETAHUAN (CP PP)
Menguasai konsep teoritis dasar yang mendasari ilmu keperawatan anestesi meliputi: anatomi fisiologi, ilmu biomedik dasar, mikrobiologi, parasitologi, patologi, ilmu gizi, farmakologi, instrumentasi anestesi, patient safety dan keselamatan kerja, epidemiologi klinik serta pemenuhan kebutuhan dasar manusia (PP12)
CAPAIAN PEMBELAJARAN KETRAMPILAN UMUM (CP KU)
Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, inovatif, bermutu, dan terukur dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keperawatan anestesi serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang keperawatan anestesi (KU10)
CAPAIAN PEMBELAJARAN KETRAMPILAN KHUSUS (CP KK)
Mampu melakukan pelayanan asuhan kepenataan anestesi dengan menerapkan pengetahuan dan teknologi dalam bidang keperawatan anestesiologi pada preanestesi, intraanestesi, pascaanestesi, kegawatdaruratan dan kritis dan menagemen nyeri sesuai dengan kewenangannya.
CAPAIAN PEMBELAJARAN MATA KULIAH (CP MK)- Mahasiswa mampu memahami dan mengoperasikan tentang instrumentasi anestesi di pre, intra, dan post anestesi
- Mahasiswa mampu menilai, menganalisis dan melakukan tindakan berkaitan sistem pernafasan anestesi
- Mahasiswa mampu menganalisis dan melakukan persiapan alat kanulasi vena perifer & vena sentral, asistensi kateterisasi arteri pulmonal, monitor output kardial dan endoskopi
- Mahasiswa mampu memahami, mempraktikkan, dan mengoperasikan alat-alat monitoring anestesi
Peta pembelajaran pada MK Instrumen Anestesi dilakukan secara berurutan dimulai dari pemberian materi, praktikum, penugasan, kuis, UTS, dan UAS.
Perkuliahan dilaksanakan dalam kurun waktu 1 semester. Adapun struktur pelaksanaannya adalah sebagai berikut :
- Peserta didik diwajibkan membaca materi dan konten yang diberikan per pokok bahasan yang diikuti dengan berpartisipasi secara aktif dalam diskusi.
- Peserta didik diwajibkan mengerjakan tugas dan kuis yang harus dikumpulkan tidak lebih dari 1 minggu.
- Peserta didik diwajibkan mengikuti Ujian Tengah Semester dan Ujian Akhir Semester.
- Peserta didik diwajibkan membaca materi dan konten yang diberikan per pokok bahasan yang diikuti dengan berpartisipasi secara aktif dalam diskusi.
Dalam mengikuti perkuliahan semua mahasiswa harus mengikuti mekanisme pembelajaran dengan prinsip utama sebagai berikut, yaitu mahasiswa diharapkan untuk selalu aktif melakukan proses pembelajaran mandiri melalui beraneka ragam cara yang tersedia. Serta, mahasiswa aktif lama pelaksanaan pembelajaran praktikum secara daring maupun luring.
Peserta didik akan dievaluasi penguasaan dan pemahaman materi kuliah dengan penilaian sebagai berikut :
Penilaian Akhir No. Kegiatan Yang Dinilai Nilai Persen 1. UTS dan UAS 40% 2. Penugasan 20% 3. Praktikum 40% Jumlah 100% - Nia Handayani, S.Tr.Kep., M.K.M
- dr. Hendi Prihatna, Sp.An
- Maulidah, S.Kep.,Ns., M.Kep
- Noor Kunto Aribowo, S.Tr.Kep
- Anita Setyowati, S.Tr.Kep
- Istiqomah Rosidah, S.Tr.Kep
- Cahaya Nugraheni, S.Tr.Kep
- Modul instrumen anestesi Program Studi Keperawatan Anestesiologi Unisa
- https://www.who.int/surgery/publications/s15980e.pdf
- Obara, S. (2020). Anesthesiologist behavior and anesthesia machine use in the operating room during the COVID-19 pandemic: awareness and changes to cope with the risk of infection transmission. Journal of Anesthesia, (0123456789). https://doi.org/10.1007/s00540-020-02846-z
- Neal, Joseph M. (n.d.). Regional Anesthesia. In ASA guide to anethesiology for medical students (pp. 41–42). USA
- Smith, G., Goldman, J. (2019). General Anesthesia for Surgeons. NCBI. Retrieved from https://www.ncbi.nlm.nih.gov/books/NBK493199/
- Morgan, J. G., Mikhail, M., Murray, M. (2013). Clinical Anesthesiology (5th ed.). New York, NY, USA: McGraw-Hill Companies
- Barash, P. G. (Ed.). (2009). Clinical anesthesia. Lippincott Williams & Wilkins.
- Mangku, G., Senapathi, T. G. A. (2010). Buku ajar anestesi dan reanimasi (8th ed.). jakarta: EGC.