Profil Mata Kuliah
Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh.
Selamat datang rekan-rekan mahasiwa yang kami banggakan. Segala puji kita panjatkan kepada Allah SWT atas berkat rahmat dan karunia-Nya kita dapat belajar bersama.
Selamat datang di mata kuliah Imunologi, fakultas Ilmu Kesehatan, Universitas 'Aisyiyah Yogyakarta. Mata kuliah ini ditujukan bagi peserta didik yang sedang mengambil program sstudi Keperawatan Anestesiologi Program Sarjana Terapan.
Mata kuliah Imunologi memiliki beban SKS sebesar 2 SKS teori.
Selamat mengikuti perkuliahan dengan baik. Salam hangat dan tetap semangat!
Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh.
RATIH KUSUMA DEWI, S.Kep., Ns., M.Biomed
Mata Kuliah Imunologi mengajarkan tentang sejarah dan konsep imunologi, sistem imun spesifik dan non spesifik serta reaksi tubuh yaitu reaksi hipersensitivitas maupun defisiensi imun. Mahasiswa belajar tentang penatalaksanaan pasien dengan gangguan imunitas serta imunisasi. Materi yang akan dibahas antara lain :
Bahan Kajian Teori:- Sejarah dan konsep dasar imunologi
- Imunitas bawaan dan imunitas humoral
- Antigen dan antibodi
- Imunisasi
- Hipersensitivitas (alergi)
- Autoimunitas
- Imunologi Tumor
- Perkembangan limfosit
- Respon infeksi dan inflamasi
- Penyembuhan luka
- Imunisasi
- Hipersensitivitas (alergi)
- Defisiensi sistem imun
- Autoimunitas
- Mahasiswa mampu menguasai konsep dan teoritis dasar kepenataan anestesi meliputi imunologi dan imunisasi
- Mahasiswa mampu mengetahui dan menganalisis tentang berbagai respon imun di dalam tubuh manusia
- Mahasiswa mampu menganalisis serta mengevalluasi penatalaksanaan pasien dengan gangguan imun.
- Mahasiswa mampu menguasai konsep dan teoritis dasar kepenataan anestesi meliputi imunologi dan imunisasi
- Secara garis baris besar, peta pembelajaran dilakukan secara berurutan.
- Perkuliahan dilakukan dengan penyampaian materi, praktikum, tugas, kuis, UTS, dan UAS.
Perkuliahan dilaksanakan dalam kurun waktu 1 semester. Adapun struktur pelaksanaannya adalah sebagai berikut :
- Peserta didik diwajibkan membaca materi dan konten yang diberikan melalui e learning yang diikuti dengan berpartisipasi secara aktif dalam diskusi.
- Peserta didik diwajibkan mengerjakan tugas dan kuis yang harus dikumpulkan.
- Peserta didik diwajibkan mengikuti Ujian Tengah Semester dan Ujian Akhir Semester.
- Peserta didik diwajibkan membaca materi dan konten yang diberikan melalui e learning yang diikuti dengan berpartisipasi secara aktif dalam diskusi.
Dalam mengikuti perkuliahan para mahasiswa harus mengikuti paradigma dan mekanisme pembelajaran dengan prinsip-prinsip sebagai utama sebagai berikut :
Mahasiswa diharapkan untuk aktif melakukan proses pembelajaran mandiri melalui beraneka ragam cara yang tersedia dan memungkinkan, yaitu
- Menggunakan referensi yang tersedia.
- Memanfaatkan berbagai sumber yang ada di internet.
- Melakukan komunikasi intensif antar sesama mahasiswa.
- Mengerjakan seluruh latihan dan tugas yang diberikan.
- Menghadiri sesi temu dengan dosen pengampu.
- Mengikuti ujian terjadwal yang telah ditetapkan.
Dalam penyelenggaraan mata kuliah, dosen pengampu menilai peserta didik dengan menggunakan berbagai indikator, seperti
- Keakftifan dalam mengikuti forum diskusi.
- Keteraturan atau frekuensi dalam melakukan akses terhadap sumber daya pendidikan yang tersedia pada aplikasi learning management system yang digunakan.
- Kuantitas kehadiran, dan kualitas interaksi dengan dosen baik secara sinkronus, atau asinkronus.
- Kelengkapan pengumpulan tugas yang diberikan.
- Partisipasi aktif mengerjakan soal-soal latihan.
- Hasil UTS dan UAS.
Keseluruhan kinerja mahasiswa dijadikan bahan evaluasi dosen dalam memberikan penilaian akhir pencapaian mahasiswa dalam mata kuliah yang bersangkutan.
Model Asesmen Nilai Huruf Konversi Angka Arti Nilai Keterangan A 4.00 Sangat Istimewa Interaksi yang lengkap dengan kualitas yang sangat baik A- 3.75 Istimewa Interaksi yang lengkap dengan kualitas yang baik AB 3.50 Sangat Baik Interaksi yang kurang lengkap dengan kualitas yang sangat baik B+ 3.25 Baik Interaksi yang kurang lengkap dengan kualitas yang baik B 3.00 Cukup Baik Interaksi yang kurang lengkap dengan kualitas yang cukup baik B- 2.75 Kurang Cukup Interaksi yang tidak lengkap dengan kualitas yang sangat baik BC 2.50 Kurang Interaksi yang tidak lengkap dengan kualitas yang baik C 2.00 Sangat Kurang Interaksi yang tidak lengkap dengan kualitas yang cukup baik C- 1.75 Sangat Kurang Sekali Hanya sedikit terjadi interaksi dengan kualitas yang cukup baik CD 1.50 Buruk Hanya sedikit terjadi interaksi dengan kualitas yang tidak baik D 1.00 Buruk Sekali Hanya sedikit terjadi interaksi dengan kualitas yang tidak baik E 0.00 Tidak Ada Nilai Hampir tidak ada interaksi sama sekali Peserta didik akan dievaluasi penguasaan dan pemahaman materi kuliah dengan penilaian sebagai berikut :
Penilaian Akhir No. Kegiatan Yang DInilai Nilai Persen 1. UTS dan UAS 40 2. Tugas 20 3. Praktikum 40 Jumlah 100 Tim Dosen: .
- Ratih Kusuma Dewi, S.Kep., Ns., M.Biomed
- Astika Nur Rohmah, S.Kep.,Ns.,M.Biomed
- dr. Briliana Nur Rohima, M.Sc., Sp.PK
- Chakravarty, A. K. “Immunology AndImmunotechnologyâ€, Oxford University Press, 2006, Page No. 592.
- Owen, J. A., Punt, J., Stranford, S. A. “Kuby Immunology, 7th Editionâ€, W. H. Freeman; 7th edition, 2013. Page No. 1 – 692.
- Paul, W. E, “Fundamental Immunology, Fifth Editionâ€, Lippincott Williams & Wilkins, Philadelphia, 2004. Page No 1 – 1701.
- Roitt, I., Brostoff, J., Male, D, “Immunology, 12th Editionâ€, Wiley-Blackwell, United Kingdom, 2011.