Profil Mata Kuliah
Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh.
Selamat datang rekan-rekan mahasiwa yang kami banggakan. Segala puji kita panjatkan kepada Allah SWT atas berkat rahmat dan karunia-Nya kita dapat belajar bersama.
Selamat datang di mata kuliah Mikobiologi dan Parasitologi Fakulas Ilmu Kesehatan, Universitas 'Aisyiyah Yogyakarta. Mata kuliah ini ditujukan bagi peserta didik yang sedang mengambil program sstudi Keperawatan Anestesiologi Program Sarjana Terapan.
Mata kuliah Dasar Pemograman memiliki bebas SKS sebesar 1 SKS teori dan 1 SKS praktikum.
Selamat mengikuti perkuliahan dengan baik. Salam hangat dan tetap semangat!
Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh.
RATIH KUSUMA DEWI, S.Kep., Ns., M.Biomed
Mata Kuliah Mikrobiologi dan Parasitologi mengajarkan tentang konsep bakteriologi dan parasitologi serta sterilisasi dan desinfeksi. Mahasiswa juga akan belajar materi tentang bakteriologi dasar, pemeriksaan jenis bakteri, identifikasi dan pengecekan bakteri. . Materi yang akan dibahas antara lain
Bahan Kajian Teori:
- 1engantar Mikrobologi dan Parasitologi
- Konsep mikroorganisme dan proses infeksi
- Virologi Dasar
- Bakteriologi Dasar
- Mikologi Dasar
- Flora Normal
- Jenis sampel dan pengampilan sampel
Bahan Kajian Praktikum:
- Pengenalan Mikroskop
- Morfologi dan struktur virus
- Morfologi dan struktur bakteri
- Morfologi dan struktur jamur
- Morfologi parasit.
- Pengenalan sterilisasi
- Pengambilan sampel (pengambilan spesimen)
CAPAIAN PEMBELAJARAN SIKAP (CP S)
S3
Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa.
S6
Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain.
CAPAIAN PEMBELAJARAN PENGUASAAN PENGETAHUAN (CP PP)
PP12
Menguasaikonsepteoritisdasarkepenataananestesisecaraumummeliputi: anatomi, fisiologi, fisika, biokimia, mikrobiologi, parasitologi, patologi, ilmu gizi, farmakologi, psikologi kesehatan, keselamatan dan kesehatan kerja, epidemiologi klinik, sosiologi, antropologi kesehatan dan pemenuhan kebutuhan dasar manusia;
CAPAIAN PEMBELAJARAN KETRAMPILAN UMUM (CP KU)
KU 12
Mampu mengkaji kasus penerapan ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkannilaihumaniorasesuaidenganbidangkepenataananestesidalamrangkamenghasilkan prototipe, prosedur baku, desain atau karya seni, menyusun hasil kajiannya dalam bentuk kertas kerja, spesifikasidesain, atauesaiseni, danmengunggahnyadalamlamanperguruantinggi;
CAPAIAN PEMBELAJARAN KETRAMPILAN KHUSUS (CP KK)
KK7
Mampu mengambil keputusan yang tepat berdasarkan analisis informasi dan data serta mampu memberikan petunjukdalammemilihberbagaialternatifsolusikepenataananestesisesuaikewenangannya.
CAPAIAN PEMBELAJARAN MATA KULIAH (CP MK)
1. Mahasiswa mampu memahami dan menerima materi mikrobiologi dan parasitologi (S3, S6, PP12, KU12, KK7)
2. Mahasiswa mampu memahami dan menerima tentang konsep mikroorganisme dan proses infeksi (S3, S6, PP12, KU12, KK7)
3. Mahasiswa mampu memahami dan menerima tentang konsep bakteriologi (S3, S6, PP12, KU12, KK7)
4. Mahasiswa mampu memahami dan menerima tentang konsep flora normal (S3, S6, PP12, KU12, KK7)
5. Mahasiswamampu memahami dan menerimatentnagkonseppengambilan sampel dan prosedurnya (S3, S6, PP12, KU12, KK7)
6. Mahasiswa mampu memahami dan menerima tentang konsep virologi dasar (S3, S6, PP12, KU12, KK7)
7. Mahasiswa mampu memahami dan menerima tentang konsep flora mikologi dasar (S3, S6, PP12, KU12, KK7)
- Secara garis baris besar, peta pembelajaran dilakukan secara berurutan.
- Perkuliahan dilakukan dengan penyampaian materi, praktikum, tugas, kuis, UTS, dan UAS.
Perkuliahan dilaksanakan dalam kurun waktu 1 semester. Adapun struktur pelaksanaannya adalah sebagai berikut :
- Peserta didik diwajibkan membaca materi dan konten yang diberikan per pokok bahasan yang diikuti dengan berpartisipasi secara aktif dalam diskusi.
- Peserta didik diwajibkan mengerjakan tugas dan kuis yang harus dikumpulkan tidak lebih dari 1 minggu.
- Peserta didik diwajibkan mengikuti Ujian Tengah Semester dan Ujian Akhir Semester.
- Peserta didik diwajibkan membaca materi dan konten yang diberikan per pokok bahasan yang diikuti dengan berpartisipasi secara aktif dalam diskusi.
Dalam mengikuti perkuliahan para mahasiswa harus mengikuti paradigma dan mekanisme pembelajaran dengan prinsip-prinsip sebagai utama sebagai berikut :
Mahasiswa diharapkan untuk aktif melakukan proses pembelajaran mandiri melalui beraneka ragam cara yang tersedia dan memungkinkan, yaitu
- Menggunakan referensi yang tersedia.
- Memanfaatkan berbagai sumber yang ada di internet.
- Melakukan komunikasi intensif antar sesama mahasiswa.
- Mengerjakan seluruh latihan dan tugas yang diberikan.
- Menghadiri sesi temu dengan dosen pengampu.
- Mengikuti ujian terjadwal yang telah ditetapkan.
Dalam penyelenggaraan mata kuliah, dosen pengampu menilai peserta didik dengan menggunakan berbagai indikator, seperti
- Keakftifan dalam mengikuti forum diskusi.
- Keteraturan atau frekuensi dalam melakukan akses terhadap sumber daya pendidikan yang tersedia pada aplikasi learning management system yang digunakan.
- Kuantitas kehadiran, dan kualitas interaksi dengan dosen baik secara sinkronus, atau asinkronus.
- Kelengkapan pengumpulan tugas yang diberikan.
- Partisipasi aktif mengerjakan soal-soal latihan.
- Hasil UTS dan UAS.
Keseluruhan kinerja mahasiswa dijadikan bahan evaluasi dosen dalam memberikan penilaian akhir pencapaian mahasiswa dalam mata kuliah yang bersangkutan.
Model Asesmen Nilai Huruf Konversi Angka Arti Nilai Keterangan A 4.00 Sangat Istimewa Interaksi yang lengkap dengan kualitas yang sangat baik A- 3.75 Istimewa Interaksi yang lengkap dengan kualitas yang baik AB 3.50 Sangat Baik Interaksi yang kurang lengkap dengan kualitas yang sangat baik B+ 3.25 Baik Interaksi yang kurang lengkap dengan kualitas yang baik B 3.00 Cukup Baik Interaksi yang kurang lengkap dengan kualitas yang cukup baik B- 2.75 Kurang Cukup Interaksi yang tidak lengkap dengan kualitas yang sangat baik BC 2.50 Kurang Interaksi yang tidak lengkap dengan kualitas yang baik C 2.00 Sangat Kurang Interaksi yang tidak lengkap dengan kualitas yang cukup baik C- 1.75 Sangat Kurang Sekali Hanya sedikit terjadi interaksi dengan kualitas yang cukup baik CD 1.50 Buruk Hanya sedikit terjadi interaksi dengan kualitas yang tidak baik D 1.00 Buruk Sekali Hanya sedikit terjadi interaksi dengan kualitas yang tidak baik E 0.00 Tidak Ada Nilai Hampir tidak ada interaksi sama sekali Peserta didik akan dievaluasi penguasaan dan pemahaman materi kuliahj dengan penilaian sebagai berikut :
- UTS (20%)
- UAS (20%)
- Tugas Terstruktur (20%)
- Praktikum (40%)
Tim Dosen: .
- Ratih Kusuma Dewi, S.Kep., Ns., M.Biomed
- Astika Nur Rohmah, S.Kep., Ns., M.Biomed
- dr. Briliana Nur Rohima, M.Sc., Sp.PK
- EnjtangIndan. (2001). Mikrobiologi dan Parasitologi Untuk Akademi Keperawatan. Bandung, PT Citra AdityaBakti
- GandaHusada S, Herry D, PribadiWita. 2000. Parasitologi Kedokteran. Edisi Ketiga, Balai Penerbit FKUI, Jakarta.
- Gene Meyer. 2010. Microbilogy and Imnulogy. University of Sout Caroline School of Medicine.
- Jaype, 2005. Text Book of Human Parasitology,
- Muslm , M 2009. Parasitologi untuk Keperawatan. EGC : Jakarta.