SALAM PEMBUKA
Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh.
Segala puji kita panjatkan kepada Allah SWT atas berkat rahmat dan karunia-Nya kita dapat belajar bersama. Selamat datang di mata kuliah Kebutuhan Fisiologis Dasar Manusia, Fakultas Ilmu Kesehatan, Universitas 'Aisyiyah Yogyakarta. Mata kuliah ini ditujukan bagi peserta didik yang sedang mengambil program studi Keperawatan Anestesiologi Program Sarjana Terapan.
Mata kuliah Kebutuhan fisiologis dasar manusia, memiliki beban SKS sebesar: 4 sks (2 sks TEORI, 2 sks PRAKTIKUM), dengan Kode Mata Kuliah : KAN 1001
Selamat mengikuti perkuliahan dengan baik. Salam hangat dan tetap semangat!
Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh.
Dzakiyatul Fahmi Mumtaz, S.Kep., Ns., M.KepSetelah mengikuti perkuliahan kebutuhan fisiologis dasar manusia, mahasiswa diharapkan mampu mengetahui, memahami, menguasai dan mengimplementasikan teori, konsep dan prinsip dalam pemenuhan kebutuhan dasar manusia baik fisik, psikologis, sosial budaya dan spiritual yang diperlukan dalam praktek asuhan keperawatan melalui pendekatan proses keperawatan dan memodifikasi sesuai dengan perkembangan ilmu dan pengetahuan terkini.
Bahan Kajian Teori :
- Pengantar Kebutuhan Fisiologis Dasar Manusia
- Pengkajian dalam Keperawatan
- Pemeriksaan fisik
- Kebutuhan Aktivitas dan Latihan
- Kebutuhan Oksigenasi
- Kebutuhan Cairan dan Elektrolit
- Kebutuhan Istirahat dan Tidur
- Kebutuhan Nutrisi
- Kebutuhan Eliminasi Fekal dan Urin
- Kebutuhan Aman dan Nyaman : Konsep Nyeri dan Pengkajian Nyeri
- Kebutuhan Perawatan Diri (Self-care)
- Proses Luka dan Penyembuhan Luka
- Presentasi Kelompok: Analisa Kasus Pemenuhan Kebutuhan Fisiologis Dasar Manusia I
- Presentasi Kelompok: Analisa Kasus Pemenuhan Kebutuhan Fisiologis Dasar Manusia II
Bahan Kajian Praktikum :
- Head to toe terbatas
- Pemeriksaan fisik dada (Pembelajaran offline)
- Pemeriksaan fisik abdomen (Pembelajaran offline)
- Universal precaution teknik bersih (cuci tangan bersih -hand wash&hand rab-, sarung tangan bersih)
- Universal precation steril (kacamata googel, gown, cuci tangan steril, sarung tangan steril) (Pembelajaran offline)
- Melakukan pengukuran TTV (Pembelajaran offline)
- Pengenalan alat oksigenasi
- Transportasi pasien (Pembelajaran offline)
- Pengaturan posisi (Positioning)
- Fisioterapi dada dan batuk efektif
- Oral hygiene
- Pengkajian luka dan tanda inflamasi
- Pengkajian nyeri
- ROM aktif dan pasif
CAPAIAN PEMBELAJARAN SIKAP (CP S)
S1
Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius;
S2
Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral dan etika;
S14
Menjadi penggerak dalam merespon problem di masyarakat dalam bidang Keperawatan Anestesi dan Profesi Penata Anestesi
S16
Bertanggung gugat terhadap praktik profesional meliputi kemampuan menerima tanggung-gugat terhadap keputusan dan tindakan profesional sesuai dengan lingkup praktik di bawah tanggungjawab, kewenangannya, dan hukum/peraturan perundang-undangan;
CAPAIAN PEMBELAJARAN PENGUASAAN PENGETAHUAN (CP PP)
PP12
Menguasai konsep teoritis dasar keperawatan anestesi secara umum meliputi: anatomi, fisiologi, fisika, biokimia, mikrobiologi, parasitologi, patologi, ilmu gizi, farmakologi, psikologi kesehatan, keselamatan dan kesehatan kerja, epidemiologi klinik, sosiologi, antropologi kesehatan dan pemenuhan kebutuhan dasar manusia;
CAPAIAN PEMBELAJARAN KETRAMPILAN UMUM (CP KU)
KU11
Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, inovatif, bermutu, dan terukur dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang kepenataan anestesi serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang keperawatan anestesi;
KU12
Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu dan terukur
CAPAIAN PEMBELAJARAN KETRAMPILAN KHUSUS (CP KK)
KK5
Mampu melakukan komunikasi efektif dalam menjalankan peran sebagai penata anestesi;
KK6
Mampu melakukan pendidikan kesehatan yang berhubungan dengan keperawatan anestesi;
CAPAIAN PEMBELAJARAN MATA KULIAH (CP MK)
Mahasiswa mampu menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral dan etika, menguasai konsep teoritis dasar keperawatan dalam pemenuhan kebutuhan dasar manusia , komunikasi efektif, serta pendidikan kesehatan secara logis, kritis dan sesuai dengan standar kompetensi kerja di bidang keperawatan anestesi (S1, S2, S14, S16, PP12, KK5, KK6, KU11, KU12)
- Secara garis baris besar, peta pembelajaran dilakukan secara berurutan.
- Perkuliahan dilakukan dengan penyampaian materi, praktikum, tugas, kuis, UTS, dan UAS.
Perkuliahan dilaksanakan dalam kurun waktu 1 semester. Adapun struktur pelaksanaannya adalah sebagai berikut :
- Peserta didik diwajibkan membaca materi dan konten yang diberikan per pokok bahasan yang diikuti dengan berpartisipasi secara aktif dalam diskusi.
- Peserta didik diwajibkan mengikuti kegiatan perkuliaan Teori Praktikum dan Seminar sesuai materi yang disiapkan
- Peserta didik diwajibkan mengerjakan tugas sesuai dengan instruksi tugas masing-masing serta mengerjakan kuis yang diberikan oleh dosen dalam proses pembelajaran.
- Peserta didik diwajibkan mengikuti evaluasi pembelajaran melaui Ujian Tengah Semeser dan Ujian Akhir Semester.
- UTS (30%)
- UAS (30%)
- Tugas Terstruktur (20%)
- Praktikum (20%)
Tim Dosen:
- Dzakiyatul Fahmi Mumtaz, S.Kep., Ns., M.Kep*)
- Vita Purnamasari, S.Kep., Ns., M.Kep
- Heri Puspito, S.Kep., Ns., M.KM.
- Astika Nur Rohmah, S.Kep., Ns., M.Biomed
- Ratih Kusuma Dewi, S. Kep., Ns, M.Biomed
- Nia Handayani, S.Tr. Kep., M.KM.
- Baid, H. (2006). The process of conducting a physical assessment: a nursing perspective. British Journal of Nursing.15, 710-714
- Cox, C. L., Turner, R., &Blackwood, R. (2008). Physical Assessment for Nurses. United Kongdom, UK: Blackwell Publishing Ltd.
- Dillon, P. M. (2007). Nursing Health Assessment: A Critical Thinking Case Study Approach. Philadelphia: F. A. Davis Company
- Pejmankhah, S. (2014). Evaluate Nurses’ Self-Assessment and Educational NeedsiIn Term of Physical Examination of Patients in Hospitals of Birjand University of Medical Sciences. Procedia-Social and Behavioral Sciences, 141, 597-601. doi: 10.1016/j.sbspro.2014.05.104
- Secrest, J. A., Norwood, B. R., & Dumont, P. M. (2005). Physical Assessment Skills: A Descriptive Study of What is Taught and What is Practiced. Journal of Professional Nursing, 21, 114-118. doi:10.1016/j.profnurs.2005.01.004
- West, S. L. (2006). Physical assessment: whose role is it anyway?. Nurse Critical Care, 11 (4), 161-167. Retrieved from: http://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/16869522
- Rosdahl, CB., Kowalski, M.T. (2011). Textbookof basic nursing. 10th Revised edition edition. Lippincott Williams and Wilkins: English
- Alimul A Aziz (2006), Pengantar Kebutuhan Dasar Manusia, Salemba Medika: Jakarta
- Potter and Perry (2009). Fundamental of Nursing: Fundamental Keperawatan. Lippincott Co, Philadelphia
- McCloskey, C.J and Bulechek, M.G. (2012), Nursing Intervention Classification (NIC), IOWA outcomes project, Mosby Inc, St. Louis.
- NANDA-I (2015), Nursing Diagnoses : Definitions and Classification, NANDA International, Philadelphia.