General
Metodologi adalah cara melakukan sesuatu dengan menggunakan pikiran secara seksama untuk mencapai suatu tujuan. Pengertian metodologi penelitian (research methods) adalah ilmu yang menerangkan bagaimana sebaiknya dan seharusnya penelitian itu dilaksanakan. Metodologi penelitian merupakan prinsip dasar tentang metode riset yang diterapkan dalam proses penelitian, sedangkan metode adalah teknik penerapannya.
Permasalahan yang sering muncul di kalangan mahasiswa dalam memulai menyusun tugas akhir adalah untuk mengawali dalam penulisan proposal penelitian. Penentuan topik sering menjadikan mahasiswa salah dalam mengawali. Sebagian besar dari para mahasiswa berangkat bukan dari permasalahan yang ada, sehingga seringkali ketika sudah sampai pada tahap pengumpulan data menjadi terkendala karena permasalahan yang sebenarnya tidak ada. Untuk itu pentingnya mempelajari metodologi penelitian di semester IV dapat digunakan sebagai suatu cara untuk memahami masalah (data yang diperoleh dari penelitian digunakan untuk memperjelas suatu masalah atau informasi), memecahkan masalah (data yang diperoleh dari penelitian digunakan untuk meminimalkan atau menghilangkan masalah) dan mengantisipasi masalah (Data yang diperoleh dari penelitian digunakan untuk mengupayakan agar masalah tersebut tidak terjadi).
Mata kuliah ini memberikan kemampuan kepada mahasiswa untuk menyusun proposal penelitian dan laporan hasil penelitian dalam bentuk Case Study Research (CSR), dengan pokok bahasan:
1. Konsep penelitian,
2. Sistematika penelitian,
3. Langkah–langkah penelitian,
4. Metode penelitian,
5. Pengumpulan data,
6. Uji validitas dan reliabilitas,
7. Penyajian data,
8. Statistik deskriptif,
9. Statistik inferensial,
10. Pengolahan data penelitian,
11. Menulis laporan penelitian dan menyimpulkan penelitian dalam pelayanan kebidanan pada khususnya dan pelayanan kesehatan pada umumnya.
Pengalaman belajar meliputi kuliah kelas besar, Problem Based Learning (PBL), diskusi, penugasan dan praktikum seminar rencana proposal penelitian serta praktikum pengolahan data menggunakan bantuan komputer.Modul ini diperuntukkan bagi mahasiswa Kebidanan Jenjang DIII semester IV. Pembelajaran mata kuliah ini terdiri atas 4 SKS yaitu 3 SKS teori dan 1 SKS praktikum.
1. Mampu menjelaskan pentingnya penelitian kebidanan dalam perkembangan ilmu dan teknologi di bidang kebidanan (KU1)
2. Mampu memahami sistematika langkah-langkah penelitian dan membedakan berbagai macam jenis penelitian (KU3)
3. Mampu menjelaskan tinjauan Islam tentang penelitian Kebidanan/kesehatan(KK10)
4. Mampu merumuskan masalah penelitian, latar belakang masalah dan judul penelitian(KU3)
5. Mampu merumuskan tujuan penelitian, manfaat penelitian, ruang lingkup, keaslian penelitian (KU3)
6. Mampu menyusun tinjauan teori penelitian (PP1)
7. Kerangka teori, kerangka konsep penelitian (PP1)
8. Mampu mengembangkan kerangka alur piker (PP1)
9. Mampu membedakan jenis penelitian kuantitatif (KU1)
10. Mampu membedakan jenis penelitian kualitatif (KU1)
11. Mampu mengenal rancangan , menetapkan populasi dan sampel penelitian (CSR) (KU3)
12. Mampu memahami teknik pengumpulan data, merancang instrumen pengumpulan data, mengolah data, menyajikan data, menganalisis data.(KU3 dan S10)
13. Mampu memahami statistik (KU1 dan S9)
14. Mampu membuat laporan hasil penelitian (KU1 dan S10)
.Mahasiswa harus mengikuti kegiatan KBM minimal:
A. Kuliah Teori 75%
B. Praktikum 100%
A. Pembelajaran Teori : 50%
UTS : 25%
UAS : 25%
B. Praktikum : 30%
C. Tugas : 20%
Sarana dan prasarana di kampus:
A. Media online dan offline: zoom, elearning, wa grup. G.meet dll
B. Perpustakaan
C. Hot spot
Tim Dosen:
1. Enny Fitriahadi, S.Si.T., M.Kes
2. Dr. Sulistyaningsih, S.KM., MH.Kes
3. Esitra Herfanda., M.Keb
4. Dhesi Ari A., S.Si.T., M.Kes
5. Nurul Kurniati., M.Keb
6. Endang Koni S, S.ST., MSc. NM
7. Rosmita Nuzuliana, M.Keb
Pembagian kelompok metopen :
1. A1 : Bu Nurul K
2. A2 : Bu Esitra H
3. A3 : Bu Enny F
4. A4 : Bu Dhesi A
5. A5 : Bu Rosmita NPengampu Teori:
1. Bu Sulistyaningsih
2. Bu Esitra H
3. Bu Endang K
4. Bu Dhesi A
5. Bu Nurul K
6. Bu Enny1. Arjatmo Tjokronegoro, 1999, Metodologi Penelitian Bidang Kedokteran, Jakarta, FKUI.
2. Collin Ress, 1997, An Introduction to Research for Midwives, England, Chapter 4
3. Danim, Sudarwan, Darwis, 2003, Metode Penelitian Kebidanan: Prosedur, Kebijakan&Etik, Jakarta, EGC
4. Elizabeth R, Cluetland Rosalind Bluff, 2000, Principles and Practic of Research in Midwifery, Bailliere Tindal, Harcout Publishers Limited
5. Felicia Mc Carmick and Mary Refren, 1997, The Midwives Research Database, MIRIAD, Third edition, Ashley Road, Hochland & Hochland Limited.
6. Hadi Sutrisno, 2000. Statistik. Jilid 1. Yogyakarta: Andi Offset
7. Hadi Sutrisno, 2000. Statistik. Jilid 2. Yogyakarta: Andi Offset
8. Hadi Sutrisno, 2000. Statistik. Jilid 3. Yogyakarta: Andi Offset
9. Kuzma, Jan W, 1994, Basic Statistik for the Health Sciences
10. Murti, Bhisma, 1996, Penerapan Metode Statistik Non-Parametrik dalam Ilmu-Ilmu Kesehatan, Jakarta: Gramedia Pustaka Utama
11. Murti, Bhisma, 2006, Desain dan Ukuran Sampel Untuk Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif Di Bidang Kesehatan, Yogyakarta, Gadjah Mada University Press.Pratiknya,2000, Dasar – Dasar Metodologi Penelitian Kedokteran dan Kesehatan, Jakarta, Raja Grapindo Presada.
12. Pam Smith, 1997, Research Mindodness for Practice, An Interactive Approach for Nursing and Health Care. London, Churchill Livingstone.Praktiknya, 2000, Dasar-dasar Metodologi Penelitian dan Kesehatan, Jakarta, Raja Grapindi Persada.
13. Ruth Bennett, 1993, Myles Textbook for Midwives, Longman Group UK Limited, Chapter 50.
14. Soekidjo Notoatmojo, 2000, Metodologi Penelitian Kesehatan, Jakarta, Rineka Cipta
15. Sugiyono, 2008, Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D, Bandung, Alfabeta.
16. Sugiyono, 2007. Statistik Untuk Penelitian,. Bandung: CV Alfabeta.
17. Sabriti, 1999, Biostatistik dan Statistik Kesehatan, FKMUI.
18. Singgih Santosa, 2001, Buku Latihan Statistik Non Parametrik, Jakarta.
19. Sulistyaningsih, 2011, Metodologi Penelitian Kebidanan: Kuantitatif-Kualitatif, Graha Ilmu, Yogyakarta.