General
Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh
Mahasiswa yang kami banggakan. Segala puji kita panjatkan kehadirat Allah SWT yang telah memberikan rahmat dan hidayah-Nya, shalawat serta salam senantiasa tercurah kepada junjungan kita nabi besar Muhammad SAW, sahabat serta pengikutnya hingga akhir zaman...
Selamat datang di mata kuliah Asuhan Neonatus dan Bayi Prodi Kebidanan Program Sarjana dan Pendidikan Profesi, Fakultas Ilmu Kesehatan, Universitas 'Aisyiyah Yogyakarta. Mata kuliah ini ditujukan bagi peserta didik yang menempuh semester V.
Mata kuliah Asuhan Neonatus dan Bayi memiliki bebas SKS sebesar 3 SKS.
Selamat mengikuti perkuliahan dengan baik, sukses untuk semuanya.
Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh
Herlin Fitriana Kurniawati, S.SiT., M.Kes
Mata kuliah Asuhan Bayi dan Neonatus merupakan salah satu mata kuliah yang harus ditempuh dalam pendidikan Prodi Sarjana dan Profesi Bidan di Universitas ‘Aisyiyah Yogyakarta. Mata kuliah ini ditempuh mahasiswa di semester V dengan beban 3 SKS, dengan rincian 1 SKS Teori, Tutorial 0,5 SKS, Praktikum 1 SKS, Praktikum klinik 0,5 SKS. Pada mata kuliah ini, mahasiswa akan belajar tentang Asuhan Bayi dan Neonatus dengan segala permasalahannya dengan mengintegrasikan nilai-nilai Islam didalamnya.
Untuk mencapai kompetensi pada akhir pembelajaran, maka ada beberapa proses pembelajaran yang akan ditempuh, antara lain kuliah teori, tutorial dan praktikum, perkuliahan di kelas, pembelajaran mandiri, dan diskusi kelompok dengan prinsip pembelajaran aktif baik.
- Perubahan fisiologi (BK 93)
Konsep asuhan BBL (BK 94)
Pertumbuhan dan Perkembangan Bayi (BK 95)
Imunisasi (BK 96)
Deteksi Dini permasalahan pada Bayi (BK 97)
1. CAPAIAN PEMBELAJARAN SIKAP (CP S)
Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika (S2).
2. CAPAIAN PEMBELAJARAN PENGUASAAN PENGETAHUAN (CP PP)
Menguasai konsep teoritis ilmu obstetri dan ginekologi, serta ilmu kesehatan anak secara umum (PP2).
3. CAPAIAN PEMBELAJARAN KETRAMPILAN KHUSUS (CP KK)
a. Mampu mengaplikasikan keilmuan kebidanan dalam menganalisis masalah dan memberikan petunjuk dalam memilih alternatif pemecahan masalah pada lingkup praktik kebidanan meliputi asuhan pranikah, prakonsepsi, kehamilan, persalinan, nifas, bayi baru lahir, bayi, anak balita, anak prasekolah, Asuhan Neonatus dan Bayi (remaja, perempuan usia subur dan perimenopause) serta pelayanan KB (KK1).
b. Mampu mendemonstrasikan penanganan awal kegawatdaruratan maternal neonatal sesuai standart mutu yang berlaku (KK4).
4. CAPAIAN PEMBELAJARAN MATA KULIAH (CP MK)
a. Mampu menggambarkan perubahan fisiologis pada neonatus dan bayi dengan tepat.
b. Mampu melakukan asuhan pada bayi baru lahir, neonatus dan bayi dengan tepat.
c. Mampu mempraktikkan imunisasi pada neonatus dan bayi dengan benar.
d. Mampu melakukan deteksi dini gangguan pertumbuhan dan perkembangan pada neonatus dan bayi dengan tepat.
e. Mampu mempraktikkan penanganan awal permasalahan pada neonatus dan bayi dengan benar.
Perkuliahan dilaksanakan dalam kurun waktu 1 semester. Adapun struktur pelaksanaannya adalah sebagai berikut :
- Peserta didik diwajibkan membaca materi dan konten yang diberikan per pokok bahasan yang diikuti dengan berpartisipasi secara aktif dalam diskusi.
- Peserta didik diwajibkan mengerjakan individual project dan tugas yang harus dikumpulkan sesuai dengan waktu yang sudah disepakati dalam RPS.
- Peserta didik diwajibkan mengikuti aktivitas partisipati meliputi : praktikum skill, Case based learning, praktikum klinik, tutorial
- Peserta didik diwajibkan mengikuti Quiz, Ujian Tengah Semester dan Ujian Akhir Semester.
- Peserta didik diwajibkan membaca materi dan konten yang diberikan per pokok bahasan yang diikuti dengan berpartisipasi secara aktif dalam diskusi.
Dalam mengikuti perkuliahan para mahasiswa harus mengikuti paradigma dan mekanisme pembelajaran dengan prinsip-prinsip sebagai utama sebagai berikut :
Mahasiswa diharapkan untuk aktif melakukan proses pembelajaran mandiri melalui beraneka ragam cara yang tersedia dan memungkinkan, yaitu
- Menggunakan referensi yang tersedia.
- Memanfaatkan berbagai sumber yang ada di internet.
- Melakukan komunikasi intensif antar sesama mahasiswa.
- Mengerjakan seluruh latihan dan tugas yang diberikan.
- Menghadiri sesi temu dengan dosen pengampu.
- Mengikuti ujian terjadwal yang telah ditetapkan.
Dalam penyelenggaraan mata kuliah, dosen pengampu menilai peserta didik dengan menggunakan berbagai indikator, seperti
- Keakftifan dalam mengikuti forum diskusi.
- Keteraturan atau frekuensi dalam melakukan akses terhadap sumber daya pendidikan yang tersedia pada aplikasi learning management system yang digunakan.
- Kuantitas kehadiran, dan kualitas interaksi dengan dosen baik secara sinkronus, atau asinkronus.
- Kelengkapan dan ketepatan pengumpulan tugas yang diberikan.
- Partisipasi aktif mengerjakan soal-soal latihan dan quiz.
- Hasil UTS dan UAS.
Basis Evaluasi dan Komponen Evaluasi
No.
Basis Evaluasi
Komponen Evaluasi
Deskripsi dalam Bahasa Indonesia
Deskripsi dalam Bahasa Inggris
Bobot (%)
1.
Aktivitas Partisipatif
1. Praktikum skill
2. Case based learning
3. Praktikum klinik
4. Tutorial
1. Praktikum skill di laboratorium dengan instrumen penilaian ceklist ketrampilan
2. Case based learning tentang deteksi dini permasalah pada bayi dan neonatus dengan instrumen penilaian rubrik
3. Praktik di klinik dengan instrumen penilaian ceklist ketrampilan
4. Tutorial dengan instrumen penilaian rubrik tutorial
1. Practice skills in the laboratory with a skills checklist assessment instrument
2. Case-based learning on early detection of problems in infants and neonates with rubric instruments
3. Practice in the clinic with a skill checklist assessment instrument
4. Tutorial with a tutorial rubric assessment instrument
30
14
16
5
2.
Hasil Proyek
Pembuatan Video
Membuat Video KIE tentang permasalahan tentang budaya dalam perawatan BBL, neonatus dan bayi dengan penyelesaian masalah berdasarkan EBM yang di upload ke lensa.unisayogya.ac.id
Making an KIE video about cultural issues in the care of newborns, neonates and infants with problem solving based on EBM uploaded to lensa.unisayogya.ac.id
5
Sub total
70
3.
Kognitif/ Pengetahuan
Tugas
Menganalisis tentang pro dan kontra imunisasi di Indonesia, imunisasi bayi di masa pandemic covid 19 berdasarkan EBM, perspektif agama, etika dan moral.
Analyze the pros and cons of immunization in Indonesia, infant immunization during the COVID-19 pandemic based on EBM, religious, ethical and moral perspectives.
5
Kuis
Soal pilihan ganda (A-E) (soal diupload di lensa.unisayogya.ac.id)
Multiple choice questions (A-E) (questions uploaded at lensa.unisayogya.ac.id)
5
Ujian Tengah Semester
Soal pilihan ganda (A-E) (soal diupload di lensa.unisayogya.ac.id)
Multiple choice questions (A-E) (questions uploaded at lensa.unisayogya.ac.id)
10
Ujian Akhir Semester
Soal pilihan ganda (A-E) (soal diupload di lensa.unisayogya.ac.id)
Multiple choice questions (A-E) (questions uploaded at lensa.unisayogya.ac.id)
10
Sub total
30
Total
100
Keseluruhan kinerja mahasiswa dijadikan bahan evaluasi dosen dalam memberikan penilaian akhir pencapaian mahasiswa dalam mata kuliah yang bersangkutan.
MODEL ASSESMEN
Keseluruhan kinerja mahasiswa dijadikan bahan evaluasi dosen dalam memberikan penilaian akhir pencapaian mahasiswa dalam mata kuliah yang bersangkutan.
MODEL ASSESMEN
NO
HURUF
SKOR
BOBOT
KUALITATIF
1
A
80-100
4.00
Pujian (sangat baik)
2
A-
77-79
3.75
Lebih dari baik
3
AB
75-76
3.50
4
B+
73-74
3.25
5
B
70-72
3.00
Baik
6
B-
66-69
2.75
Lebih dari cukup
7
BC
63-65
2.5
8
C+
59-62
2.25
9
C
55-58
2.00
Cukup
10
C-
51-54
1.75
Hampir cukup
11
CD
48-50
1.50
12
D
41-47
1.00
Kurang
13
E
≤40
0.00
Sangat kurang
1. Herlin Fitriana Kurniawati, S.SiT., M.Kes
2. Dewi Rokhanawati, S.SiT., MPH
3. Nidatul Khofiyah, S.Keb., Bd., MPH
4. Yekti Satriyandari, S.ST., M.Kes
5. Intan Mutiara Putri, S.ST., M.Keb
6. Rosmita Nuzuliana, S.ST., M.Keb
7. Luluk Khusnul Dwihestie, S.ST., M.Kes
8. Bd. Fitnaningsih Endang C., S.ST., M.Kes.
A. Utama
- Amanda Williamson, Kenda Crozier. 2014. Asuhan Neonatus. Jakarta: Penerbit EGC.
- Aziz Alimul Hidayat.2009. Asuhan neonatus, Bayi, dan Balita: Buku Praktikum Mahasiswa Kebidanan
- Desidel, Zuchroh Hasan, Rully Hevriani, Yan Sartika. 2014. Buku Ajar Asuhan Neonatus, Bayi dan Balita. Jakarta: Penerbit EGC.
- Marcdante, K. J., Kliegman, R., Jenson, H. B., Behrman, R. E., & Indonesia, I. D. A. (2014). Nelson ilmu kesehatan anak esensial. https://books.google.co.id/books?id=aBHXrQEACAAJ
- Maternity, D., Anjani, A. D., & Evrianasari, N. (2018). Asuhan Neonatus, Bayi, Balita, dan Anak Prasekolah. ANDI.
- World Health Organization. (2016). World Health Statistics - Minitoring Health for the Sustainable Development Goals. World Health Organization.
- Global Nutrition Targets 2025: Low Birth Weight Policy Brief, (2015).
- Rusmil, K. (2012). Pedoman Pelaksanaan, Deteksi dan Intervensi Dini Tumbuh Kembang Anak di Tingkat Pelayanan Dasar. Jakarta: Kementerian Kesehatan RI.
B. Tambahan
- Setiyani, A., Sukesi, Esyuananik. 2016. Asuhan Kebidanan Neonatus, Bayi, Balita dan Anak Pra Sekolah. Kementrian Kesehatan Republik Indonesia. Jakarta. http://bppsdmk.kemkes.go.id/pusdiksdmk/wp-content/uploads/2017/08/Asuhan-Kebidanan-Neonatus-Bayi-Balita-dan-Apras-Komprehensif.pdf
- Irinati, B. 2019. Asuhan Bayi, Balita, dan Anak Prasekolah: Manajemen Asuhan Kebidanan Komprehensif. Jakarta: Salemba Medika.
C. Luaran penelitian penelitian dosen atau PkM dosen:
- Belian Anugrah Estri. 2019. Faktor-faktor yang Berhubungan dengan Status Gizi pada Balita di Posyandu Jambu Desa Bogoran Yogyakarta. Jurnal Ilmiah Keperawatan Intan Husada.
- Catur Yulina Wati, Nidatul Khofiyah. Effect of Nutrition, Stimulation, and Hygiene on the Growth and Development on Children Under Five Years. The 6th International Conference on Public Health.
- Nidatul Khofiyah. 2010. Hubungan antara Status Gizi dan Pola Asuh Gizi dengan Perkembangan anak Usia 6-24 bulan Studi di Wilayah Kerja Puskesmas Banyuurip Kabupaten Purworejo.
- Nidatul Khofiyah. 2020. Edukasi Berpengaruh terhadap Pemberian Stimulasi Perkembangan Anak Usia 12-24 Bulan oleh Ibu di Posyandu Desa Tambakrejo Kabupaten Puworejo. Jurnal Ners dan Kebidanan.
- Time line dan modul mata kuliah Asuhan Neonatus dan Bayi
- .
.