Weekly outline
PROFIL MATA KULIAH
Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh.
Selamat datang rekan-rekan mahasiwa yang kami banggakan. Segala puji kita panjatkan kepada Allah SWT atas berkat rahmat dan karunia-Nya kita dapat belajar bersama.
Selamat datang di mata kuliah PEMBERDAYAAN DALAM PRAKTIK KEBIDANAN, Magister Kebidanan, Fakultas Ilmu Kesehatan, Universitas 'Aisyiyah Yogyakarta. Mata kuliah ini ditujukan bagi peserta didik yang sedang mengambil program Magister Kebidanan Semester 2
Mata kuliah ini terbagi menjadi 4 sks ( 2 SKd S Teori, 1 SKS Seminar, 1 SKS PPP4)
Selamat mengikuti perkuliahan dengan baik. Salam hangat dan tetap semangat!
Mata kuliah ini diharapkan mahasiswa mampu mengembangkan keterampilan dalam mengevaluasi praktik kebidanan dan mendemonstrasikan pengambilan keputusan dan keahlian klinis kebidanan secara advanced, dalam upaya meningkatkan standar asuhan untuk perempuan dan keluarganya. Konsep kenormalan dan medikalisasi dalam childbearing akan dieksplor secara mendalam dalam kaitan memaksimalkan fisiologi. Aspek fisiologi dan sosiologi yang penting praktik kebidanan akan dianalisis secara kritis. Peran tim multidisiplin (interprofessional) dalam memberikan asuhan pada perempuan dalam proses childbearing yang berikitan dengan penurunan risiko (risk reduction) dan pemberdayaan akan didiskusikan melalui debat. Signifikansi EBP dan pengambilan keputusan dalam kebidanan akan dievaluasi dalam kontribusinya pada pentingnya aplikasi empowerement, risk reduction dan model asuhan kebidanan.
Mengevaluasi secara kritis riset dan literature terkini tentang pelayanan kebidanan sebagai bahan diskusi dan mengkritisi medikalisasi pada kehamilan, persalinan dan nifas normal (S2, S5, KU2, KU 4, KK 1, KK2, P1, P2, P9)
Mengevaluasi secara kritis pemberdayaan perempuan untuk bisa mendukung perempuan mengambil keputusan startegis sepanjang siklus kehidaupannya dan mengetahui resiko atas keputusan yang diambil (S2, S5,S6 KU2, KU 4, KK 1, KK2, KK4, P1, P2, P9, P12)
Menganalisis secara kritis efek yang ditimbulkan pada asuhan pada perempuan dalam model biomedical dan kebidanan (midwifery) (S2, S5,S6 KU2, KU 4, KK 1, KK2, P1, P2, P3, P9)
Menghubungkan aspek fisiologi, psikologi, social, budaya dan epidemiologi yang dapat memaksimalkan perempuan dalam mempertahankan kenormalan kehamilan, persalinan dan nifasnya (S2, S5,S6 KU2, KU 4, KK 1, KK2, P1, P2, P9,)
Konsep medikalisasi dalam pelayanan kebidanan
Pemberdayaan praktik kebidanan dalam pelayanannya kepada perempuan (empowering dalam praktik kebidanan)
Support kepada perempuan untuk memberikan keleluasan pada mereka untuk mengambil keputusan strategis sepanjang siklus kehidupanya (aman dan nyaman) /embodiment pada praktek pelayanan kebidanan
Partnership dalam pelayanan kebidanan (bidan-pasien, bidan-teman sejawat )
Implementasi evidence based
DOSEN PENANGGUNG-JAWAB : Dr. Mufdlillah.,M.Sc
Tim Dosen :
Prof. dr. Moch. Hakimi, Sp.OG, Ph.D.
DR Mufdlillah., M.Sc
Andari Wuri Astuti., S.SiT., MPH., Ph.D
Prof. Dr. Siswanto Agus Wilopo, SU, MSc, ScD (Narasumber)
dr Suryo, Sp.OG ( Ketua HOGSI) (Narasumber)
IBI PP (Narasumber)
Belenky, M., Clinchy, B., Goldberger, N., Tarule, J., 1987. Women’s Ways of Knowing. New York: Basic
Benjamin, Y., Walsh, D., Taub, N., 2001. A comparison of partnership caseload midwifery care with conventional team midwifery care: labour and birth outcomes. Midwifery, 17(3), 234-240.
Cheyney M (2008)Homebirth as Systems-Challenging Praxis: Knowledge, Power, and Intimacy in the Birthplace. Qualitative Health Research, 18(2):254-267
PERTEMUAN 1
Mahasiswa mampu memahami Konsep medikalisasi dalam pelayanan kebidanan
Konsep medikalisasi dalam pelayanan kebidanan
Discovery Learning
DISKUSI
PERTEMUAN 2,3,4 DAN 5
Mahasiswa mampu mengaplikasikan praktik Pemberdayaan dalam pelayanan kebidanan
Pemberdayaan praktik kebidanan dalam pelayanannya kepada perempuan (empowering dalam praktik kebidanan)
Discovery Learning
RESUME
DISKUSI
Dr. Mufdlillah.,M.Sc
PERTEMUAN 6 DAN 7
Mahasiswa mampu mempraktekkan tentang Support kepada perempuan untuk memberikan keleluasan pada mereka untuk mengambil keputusan strategis sepanjang siklus kehidupanya (aman dan nyaman) /embodiment pada praktek pelayanan kebidana
Support kepada perempuan untuk memberikan keleluasan pada mereka untuk mengambil keputusan strategis sepanjang siklus kehidupanya (aman dan nyaman) /embodiment pada praktek pelayanan kebidanan
Collaborative Learning
DISKUSI
Prof. Dr. Siswanto Agus Wilopo, SU, MSc, ScD
(Narasumber
PERTEMUAN 8
Mahasiswa mampu mengkritisi Partnership dalam pelayanan kebidanan (bidan-pasien, bidan-teman sejawat )
Partnership dalam pelayanan kebidanan (bidan-pasien, bidan-teman sejawat )
Collaborative Learnin
DISKUSI
STUDI KASUS
IBI PP ( nara sumber)
PERTEMUAN 9,10, DAN 11
Mahasiswa mampu menelaah tentang Implementasi evidence based dalam kebidanan
Implementasi evidence based dalam kebidanan
PBL
DISKUSI
Prof. dr. Moch. Hakimi., SpOg., Ph.D.
PERTEMUAN 12,13, DAN 14
Mahasiswa mampu memahami teori tentang Otonomi, interprofessional dan interdispilin
Otonomi, interprofessional dan interdispilin
Discovery Learning
DISKUSI
RESUME
Dr. Mufdlillah.,M.Sc
SEMINAR
1
SUB CPMK
Mahasiswa mampu memahami Konsep medikalisasi dalam pelayanan kebidanan
BAHAN KAJIAN
Konsep medikalisasi dalam pelayanan kebidanan
Seminar
Studi kasus presentasi
Panduan penilaian format rubrik seminar
Dr. Mufdlillah.,M.Sc (kelas A)
Andari Wuri Astuti, Ph.D (kelas B)
2
SUB CPMK
Mahasiswa mampu mempraktekkan Pemberdayaan dalam pelayanan kebidanan
BAHAN KAJIAN
Pemberdayaan praktik kebidanan dalam pelayanannya kepada perempuan (empowering dalam praktik kebidanan)
Praktik di desa binaan
praktikum
Rubrik seminar
Dr. Mufdlillah.,M.Sc (kelas A)
Andari Wuri Astuti, Ph.D (kelas B)
3
SUB CPMK
Mahasiswa mampumengkritisi tentang Support kepada perempuan untuk memberikan keleluasan pada mereka untuk mengambil keputusan strategis sepanjang siklus kehidupanya (aman dan nyaman) /embodiment pada praktek pelayanan kebidanan
BAHAN KAJIAN
Support kepada perempuan untuk memberikan keleluasan pada mereka untuk mengambil keputusan strategis sepanjang siklus kehidupanya (aman dan nyaman) /embodiment pada praktek pelayanan kebidanan
Seminar
Praktikum presentasi
Rubrik seminar
Dr. Mufdlillah.,M.Sc (kelas A)
Andari Wuri Astuti, Ph.D (kelas B)
4
SUB CPMK
Mahasiswa mampu menganaliss Partnership dalam pelayanan kebidanan (bidan-pasien, bidan-teman sejawat )
BAHAN KAJIAN
Partnership dalam pelayanan kebidanan (bidan-pasien, bidan-teman sejawat )
Seminar
presentasi
Rubrik presentasi seminar
Dr. Mufdlillah.,M.Sc (kelas A)
Andari Wuri Astuti, Ph.D (
5&6
SUB CPMK
Mahasiswa mampu memahami konsep tentang Implementasi evidence based dalam kebidanan
BAHAN KAJIAN
Implementasi evidence based dalam kebidanan
Seminar
Presentasi dan studi kasus
Rubrik presentasi seminar
Dr. Mufdlillah.,M.Sc (kelas A)
Andari Wuri Astuti, Ph.D (kelas B)
7
SUB CPMK
Mahasiswa mampu memahami konsep teori tentang Otonomi, interprofessional dan interdispilin
BAHAN KAJIAN
Otonomi, interprofessional dan interdispilin
Seminar
presentasi
Rubrik seminar
Dr. Mufdlillah.,M.Sc (kelas A)
Andari Wuri Astuti, Ph.D (kelas B)
PENUGASAN
RANCANGAN TUGAS
Tugas ke: 1 Bobot Nilai: 10%
Materi Ajar : Pemberdayaan dalam Praktik Kebidanan
Tujuan Tugas
Mahasiswa mampu memahami peran bidan dalam Interprofesional dan interdisiplin pada kasus KIA.
Uraian Tugas
a. Obyek garapan
Studi kasus upaya pemberdayaan bidan bidan dalam Interprofesional dan interdisiplin pada kasus KIA.
b. Yang harus dikerjakan dan batasan-batasan
Setiap kelompok membuat resume analisis jurnal tentang peran bidan dalam Interprofesional dan interdisiplin pada kasus KIA.
c. Metode/Cara Pengerjaan Tugas, acuan yang digunakan
Penugasan dikerjakan diluar jam pelajaran
d. Deskripsi luaran tugas yang dihasilkan
Resume analisis jurnal
Penilaian Keseluruhan mata kuliah Pemberayaan dalam Praktik kebidanan :
UAS : 40%
Seminar : 20%
PPP4 : 20%
Penugasan : 20%