Weekly outline

  • MANAJEMEN SDM INTERNASIONAL


    Dosen Pengampu
    m
    Musoli, S.E., M.M

    Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

    Selamat datang rekan-rekan mahasiwa yang kami banggakan. Segala puji kita panjatkan kepada Allah SWT atas berkat rahmat dan karunia-Nya kita dapat belajar bersama.

    Selamat datang di mata kuliah Manajemen SDM Internasional Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial Humaniora, Universitas 'Aisyiyah Yogyakarta. Mata kuliah ini ditujukan bagi peserta didik yang sedang mengambil program S1 Manajemen.

    Selamat mengikuti perkuliahan dengan baik. Salam hangat dan tetap semangat!

    Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh.


    A. 
    Deskripsi Mata Kuliah

    Pada mata kuliah ini memberikan pengetahuan kepada mahasiswa tentang pentingnya MSDM Internasional dalam setiap perusahaan. Artinya perilaku kebiasaan yang baik merupakan tuntutan yang mendasar bagi yang berkeinginan membangun dan mengembangkan bisnis yang berhasil dan bertahan lama. Melalui survey literatur, terutama buku-buku teks dan artikel-artikel dari beberapa jurnal, mata kuliah ini membahas konsep serta berbagai metode dalam MSDM Internasional. Topik pembahasan mencakup semua elemen penting MSDM Internasional, seperti pentingnya Manajemen Sumber Daya Manusia Internasional: Evolusi dan Tantangan Global, MSDM Internasional: Terminologi, Model dan Praktik, Peran MSDM dalam Perencanaan Strategik Global, Manajemen Lintas Budaya, Praktik MSDM Internasional: Perekrutan, Penseleksian, kompensasi, pelatihan dan hubungan industrial, Mengelola Keragaman Angkatan Kerja, dan Mengelola people equity: Agenda baru dalam talen manajemen.

    B.  Capaian Pembelajaran Mata Kuliah

    1. Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan;
    2. Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri.
    3. Menguasai konsep teoretis, metoda dan perangkat analisis fungsi manajemen (perencanaan, pelaksanaan, pengarahan, pemantauan, evaluasi, dan pengendalian) dan fungsi organisasi (pemasaran, sdm, operasi, dan keuangan) pada berbagai jenis organisasi;

    C.  Bobot Penilaian

    1Ujian Tengah Semester             : 30%

    2. Ujian Akhir Semester                : 30%

    3. Tugas, Presentasi & keaktifan : 40%

    D. Sumber Buku

    a. Wajib

    1. Muafi., (2012). “Manajemen Sumber Daya Manusia Internasional”, Penerbit Deepublish, Sleman, Yogyakarta.

    2. Dowling, P. J., Festing, M. & Engle,Sr, A. D. (2008). International Human Resource Management, 6th edition. London: South Western Cengage Learning.

    b. Anjuran 

    1. Locker,    Kitty    O.,    Donna    S.    Keinzler    (2010).    Business    and Administrative Communication, 9th. Edition, Mc Graw-Hill : Boston.

    2. Evans D., Pucik “Global Chalenge, International Human Resources Approach”, New York: McGraw-Hill.

    3. Torrington, Derek. 1994. International Human Resource Management: Think Globally, Act Locally. UK: Prentice-Hall.

    4. Hodgetts, R. M. & Luthans, F., 1994. International Management. Second

    Edition, USA:McGraw-Hill.

    5. Briscoe, D. R., Schuler, R. S. & Claus, L. (2009). International Human Resource Management, 3rd edition. London: Routledge.

    6. Sparrow, P., Brewster, C. & Harris, H. (2004). Globalizing Human Resource Management. London: Routledge.

    7. Yuliati, Uci, 2006. Manajemen Internasional: Suatu Tinjauan Sumberdaya Manusia. Malang: UMM Press.

    8. Burack, E.H., Manuel G. “Creative Human Resources Planning and Application Approach, Srtrategic Approach”, Prentice Hall, Engle Clift, Ner Jersey, 1998

    9. Journal dan Artikel Etika Bisnis.

    E. GRADING SCHEME

    SKOR

    DESKRIPSI

    80 - 100

    Hasil jawaban menggunakan metode yang tepat, analisis yang sistematis, benar dan bahasa baik

    70 - <80

    Hasil jawaban menggunakan metode yang tepat, analisis yang sistematis dan benar

    55 -<70

    Hasil  jawaban  menggunakan  metode   yang   tepat  dan    analisis yang tidak sistematis

    40 -<55

    Hasil jawaban menggunakan metode yang kurang tepat, analisis yang tidak sistematis

    … < 40

    Tidak menjawab