Kelas 6C

Teori SSP 3

Teori SSP 3

by Veni Fatmawati -
Number of replies: 69

Assalamualaikum. Silahkan di awali dg berdoa lalu baca materi atau PPT jika ada yang kurang jelas bisa kita diskusikan besama2.

In reply to Veni Fatmawati

Re: Teori SSP 3

by 1810301191 DINDE GITA DAULATI -

izin menjawab soal yang terdapat pada ppt bu 

Seorang perempuan usia 55 tahun mengalami hemiparese sinistra sudah 6 bulan yang lalu, datang ke klinik fisioterapi. Setelah dilakukan pemeriksaan, fisioterapi ingin memberikan intervensi terapi latihan dengan mengistirahatkan ekstremitas yang sehat, pemaksaan penggunaan ekstremitas sisi yang lesi dan latihan yang berulang-ulang dan intensif. Pertanyaan : Apakah tehnik yang harus diberikan pada pasien tersebut?

Jawaban : 

Teknik yang bisa dilakukan adalah teknik CIMT (Constraint-induced Movement Therapy). Teknik ini merupakan terapi dengan cara memaksa penggunaan sisi lesi dengan mengistirahatkan secara total sisi yang sehat untuk aktivitas atau latihan aktivitas. Dengan 3 prinsip teknik yaitu, Mengistirahatkan ekstremitas yang sehat, Pemaksaan penggunaan ekstremitas sisi yang lesi, dan Latihan yang berulang-ulang dan intensif. Latihan ini bisa dilakuka dengan dosis 5-6 jam sehari, 3-5 hari seminggu dalam 2-3 mingg


In reply to Veni Fatmawati

Re: Teori SSP 3

by 1810301184 DAVID EMMANUEL ALDY MALELAK\n -

selamat pagi ibu..

untuk jawaban yang dari soal di PPT ibu .. jawabannya..
c. CIMT

sekian bu/..

dari pengalaman ibu sendiri di antara teknik di ppt tersebut mana yang paling sering digunakan oleh ibu sendiri bu?


In reply to Veni Fatmawati

Re: Teori SSP 3

by 1810301130 PUTRI ANNISA SAVITRI -
Izin menjawab pertanyaan yg ada di PPT Bu.

Constraint-induced Movement Therapy (CIMT) for Stroke, yaitu Teknik terapi dengan cara memaksa penggunaan sisi lesi dengan mengistirahatkan secara total sisi yang sehat untuk aktivitas atau latihan aktivitas.Biasanya untuk melatih gerakan aktivitas pada lengan dan tangan sisi lesi Dimana lengan dan tangan sisi sehat  dinonaktifkan di dalam sling Kemudian lengan dan tangan sisi lesi  dipaksa bekerja atau beraktivitas berulang- ulang dan intensif selama 2-3 minggu  dalam bentuk aktivitas yang selektif. 

Dikembangkan oleh Dr. Edward Taub, seorang profesor psikologi dari University of Alabama, Birmingham USA pada  tahun 2000 

Premis: setelah stroke pasien biasanya kesulitan untuk menggunakan sisi lesi yang mengakibatkan mereka malas  menggunakannya (if you don’t use it you loose it / use it or  Loose it) 

Aktivitas mempengaruhi otak sebagaimana otak mempengaruhi aktivitas Disebut juga metode “learned non-use” Merupakan terapi inovatif dan didukung dengan “evidence  based”

In reply to Veni Fatmawati

Re: Teori SSP 3

by 1810301131 MAYA SHYNTYA DEWI -

Izin menjawab pertanyaan di ppt bu.

Untuk teknik yang dipakai adalah C.CIMT Karena adanya pemaksaan penggunaan sisi  yang lesi.

Terima kasih.


In reply to Veni Fatmawati

Re: Teori SSP 3

by 1810301176 ANIDA QURROTA A\'YUN -

Izin menjawab bu

Dengan Constraint-induced Movement Therapy (CIMT)

Teknik terapi dengan cara memaksa penggunaan sisi lesi dengan mengistirahatkan secara total sisi yang sehat untuk aktivitas atau latihan aktivitas.

Terimakasih


In reply to 1810301176 ANIDA QURROTA A\'YUN

Re: Teori SSP 3

by 1810301119 NUR HAFNIATY Z NAPU -
izin menjawab bu


1.Apakah tehnik yang harus diberikan pada pasien tersebut? (soal d ppt)

jawabannya saya C (CIMT)

CIMT adalah Teknik terapi dengan cara memaksa penggunaan sisi lesi dengan mengistirahatkan secara total sisi yang sehat untuk aktivitas atau latihan aktivitas.

Biasanya untuk melatih gerakan aktivitas pada lengan dan tangan sisi lesi

Dimana lengan dan tangan sisi sehat dinonaktifkan di dalam sling

Kemudian lengan dan tangan sisi lesi dipaksa bekerja atau beraktivitas berulang- ulang dan intensif selama 2-3 minggu dalam bentuk aktivitas yang selektif.

3 Prinsip dasar CIMT :

1. Mengistirahatkan ekstremitas yang sehat

2. Pemaksaan penggunaan ekstremitas sisi yang lesi

3. Latihan yang berulang-ulang dan intensif


In reply to Veni Fatmawati

Re: Teori SSP 3

by 1810301181 MIA AGUSTINA -

Izin menjawab pertanyaan di ppt ibu

Apakah tehnik yang harus diberikan pada pasien tersebut?

Constraint Induced Movement Therapy (CIMT) adalah metode pengobatan bagi penderita stroke hemiparese, pasien sangat dianjurkan untuk menggunakan lengan yang lemah. Satu cara untuk melakukan ini adalah untuk membatasi gerakan pada lengan yang sehat. Pengobatan ini dimaksudkan untuk membantu pasien mengatasi belajar dari anggota gerak yang tidak digunakan. (Van der Lee, 2003).

Teknik terapi dengan cara memaksa penggunaan sisi lesi dengan mengistirahatkan secara total sisi yang sehat untuk aktivitas atau latihan aktivitas.

Mohon maaf apabila terdapat kekeliruan