Forum: Diskusi Thoharotul Qulub.

12_LussyAnisaFitri_1710801042

12_LussyAnisaFitri_1710801042

by 1710801042 LUSSY ANISA FITRI -
Number of replies: 0


1. makna surat Al Luqman Ayat 13-14

arti dari surat diatas :

Dan (ingatlah) ketika Luqman berkata kepada anaknya, di waktu ia memberi pelajaran kepadanya: “Hai anakku, janganlah kau mempersekutukan Allah, gotong royong mempersekutukan (Allah) yakni benar-benar kezaliman yang besar”. (QS. Luqman :13)

“Dan Kami perintahkan kepada insan (berbuat baik) kepada kedua orangtuanya; ibunya telah mengandungnya dalam keadaan lemah yang bertambah-tambah dan menyapihnya dalam dua tahun. Bersyukurlah kepada-Ku dan kepada kedua orangtuamu, hanya kepada-Ku lah kembalimu.” (QS. Luqman :14).

Isi kandungan dari surah Al-Luqman ayat 13-14 yaitu, kita sebagai umat manusia haruslah senantiasa mentauhidkan Allah SWT dan senantiasa menjauhi perbuatan menyekutukan Allah. Selain perihal utama itu, kita sebagai umat manusia juga diminta untuk senantiasa memenuhi hak-hak kedua orangtua kita yang telah susah payah merawat kita dari janin hingga saat ini.

2. mengamalkan ayat-ayat tersebut 

1.    Senantiasa menghormati, mematuhi, dan memuliakan kedua orangtua

2.    Senantiasa mendoakan kebaikan atas kedua orangtua kita yang telah merawat kita sedari kecil

3.    Mensyukuri segala ketentuan yang diberikan Allah SWT kepada orangtua kita, baik fisik orangtua kita, baik harta orangtua kita, baik cara berpikir orangtua kita, dsb yang semestinya selalu kita syukuri