Forum: Diskusi Thoharotul Qulub.

Jawab

Jawab

by 1710301112 FARADILA NUR RAHMATIKA -
Number of replies: 0

1. Makna surah Al-Jasiyah : 23. 

Bahwa orang yang telah menjadikan hawa nafsu sebagai tuhannya (diikuti dan dipuja) sungguh Allah telah menyesatkan dalam kesesatan yang nyata. Bahwa takdir Allah atas seseorang adalah hak prerogatif Allah. Ia menjadikan beriman atau kafir, dan tak ada satupun yang mampu merubahnya. Bahwa jika seseorang yang telah disesatkan oleh Allah, maka Allah akan mematri/mengunci hati, pendengaran dan penglihatannya sehingga tidak ada kebaikan agama yang  ia pikirkan, dengar dan ia lihat. 

Surah Al-A'la : 14-17 

Yakni menyucikan dirinya dari akhlak-akhlak yang rendah dan mengikuti apa yang diturunkan oleh Allah Swt. kepada Rasul-Nya. Serta mendirikan salat tepat pada waktunya. Karena sesungguhnya dunia itu pasti akan fana dalam waktu yang singkat, sedangkan kehidupan akhirat mulia lagi kekal.


2. Untuk mengamalkannya dalam kehidupan : Kita tidak boleh menjadikan hawa nafsu segala galanya, tidak boleh selalu mengikuti hawa nafsu kita. Dan untuk mengendalikan hawa nafsu maka dirikanlah shalat tepat waktunya dan selalu mengikuti perintah-perintah Allah dan Rasul-Nya.