Forum: Diskusi Thoharotul Qulub.

QS. Al-Mujadalah Ayat 11

QS. Al-Mujadalah Ayat 11

by 1710301181 AKMAL SIDIQ -
Number of replies: 0

1. Wahai orang-orang yang beriman! Apabila dikatakan kepadamu, “Berilah kelapangan di dalam majelis-majelis,” maka lapangkanlah, niscaya Allah akan memberi kelapangan untukmu. Dan apabila dikatakan, “Berdirilah kamu,” maka berdirilah, niscaya Allah akan mengangkat (derajat) orang-orang yang beriman di antaramu dan orang-orang yang diberi ilmu beberapa derajat. Dan Allah Mahateliti apa yang kamu kerjakan.

2. Dalam QS. Al-Mujadalah ayat 11, Allah menganjurkan kepada kita agar senantiasa mau bekerja keras, baik dalam menuntut ilmu maupun bekerja mencari nafkah. Hanya orang-orang yang rajin belajarlah yang akan mendapatkan banyak ilmu. Dan hanya orang-orang yang berilmulah yang memiliki semangat kerja untuk meraih kebahagiaan hidup. Oleh karena itu, Allah menjamin akan mengangkat derajat kehidupan orang-orang yang beriman dan berilmu.

Dalam kehidupan sehari-hari kita dapat menyaksikan orang yang rajin belajar dan bekerja hidupnya sukses dan berprestasi, sedangkan orang yang malas dan tidak memiliki ilmu hidupnya susah dan selalu gagal. Betapa pentingnya memiliki ilmu pengetahuan dan semangat berkerja keras. Sebab hanya dengan ilmu yang bermanfaat dan amal yang bergunalah manusia akan mendapatkan kebahagiaan hidup, baik di dunia maupun di akhirat.

Perilaku orang yang mengamalkan isi kandungan ayat antara lain :

-Perilaku disiplin dan taat asas, sehingga tidak ada pihak yang dirugikan baik diri sendiri maupun orang lain

-Menghormati hak dan kewibawaan orang lain, sebab pada dasarnya semua orang ingin dihargai dan dihormati kewibawaannya

-Rajin dan giat mencari ilmu, baik ilmu umum maupun ilmu agama

-Rajin dan taat beribadah kepada Allah

-Bersikap sportif dan konsekuen dengan bersedia menerima kesalahan dan kekurang diri sendiri serta mengakui kelebihan dan kebenaran dari orang lain

-Bekerja/belajar sesuai dengan aturan yang telah ditentukan

-Bekerja/belajar dengan penuh semangat, sehingga dipandang sebagai sesuatu yang menyenangkan

-Bekerja dengan sikap penuh tanggung jawab, tidak hanya kepada manusia melainkan kepada Allah

-Bekerja dengan didasari niat ibadah kepada Allah SWT.