Forum: Diskusi Thoharotul Qulub.

sesi 5 Linda Bashiroh

sesi 5 Linda Bashiroh

by 1710301001 LINDA BASHIROH -
Number of replies: 0

1. Jelaskan makna ayat-ayat yang terkandung dari surah yang anda baca!

Dalam surat al-baqarah 284 berisi tentangpujian allah terhadap para mukmin,dan berdoa kepada allah. Yang ada di dalam hati manusia itu ada dua macam, Pertama: Sesuatu yang ada di dalam hati, yang datang dengan sendirinya, tergerak tanpa ada yang menggerakkannya, terlintas di dalam hati dengan sendirinya. Gerak yang demikian tidak berdasarkan iradah (kehendak) dan ikhtiyar (pilihan) manusia, hanya timbul saja dalam hatinya. Hal yang seperti ini tidak dihukum dan dihisab Allah swt, kecuali bila diikuti dengan iradah, niat dan ikhtiar.
Kedua: Sesuatu yang ada di dalam hati yang timbul dengan usaha, pikiran, hasil renungan dan sebagainya. Gerak yang seperti ini berubah menjadi cita-cita dan keinginan yang kuat, sehingga timbullah iradah, niat dan ikhtiar untuk melaksanakannya. Gerak hati yang seperti inilah yang dihisab dan dijadikan dasar dalam menentukan balasan pekerjaan manusia.

2. Bagaimana saudara mengamalkan ayat-ayat tersebut di dunia kerja, di rumah dan di masyarakat?

kita harus mengingat bahwa apa yang kita perbuat dimuka bumi ini, allah itu maha mengetahui dalam hal tersebut, sehingga dalam perbuatan apapun yang kita lalukan  dikehidupan sehari hari kita harus senantiasa mengingat allah di mana pun dan kapan pun dan semoga kita dijauhkan dari hal hal yang kurnag baik