Forum: Diskusi Thoharotul Qulub.

Diskusi Thoharotul qulub

Diskusi Thoharotul qulub

by evi wahyuntari -
Number of replies: 22

adik sekalian untuk kelompok 2 kita akan mendiskusiakn

Tadarus II : Ayat-Ayat Tentang Gerakan Perempuan.
Q.S. an-Nahl (16) : 97
adarus II : Ayat-Ayat Tentang Gerakan Perempuan.

Q.S. at-Taubah (9) : 71

Pada forum ini kita diskusikan kajian Al-quran tadi:

1. Jelaskan makna ayat-ayat yang terkandung dari surah yang anda baca!

2. Bagaimana saudara mengamalkan ayat-ayat tersebut di dunia kerja, di rumah dan di masyarakat?


In reply to evi wahyuntari

Re: Diskusi Thoharotul qulub

by 1710301037 RIFKA PRILLIA MUHAROMI -

1. Dari ayat yang saya baca di jelaskan bahwa setiap manusia yang berbuat baik maka aakn mendapatkan hal ynag baik pula sebagai balasannya, jadi jika kita ingin di perlakukan baik maka harus berbuat baik terlebih dahulu kepada setiap orang. 

2. saya akan mengamalkan ayat tersebut dengan berbagai cara yang baik seperti jujur kepada setiap manusia, bekerja dengan sungguh sungguh dan jujur, saling tolong menolong dan bersikap saling mengasihi dan menyayangi

In reply to evi wahyuntari

Re: Diskusi Thoharotul qulub

by 1710301039 ATIKA AZHAR FAUZIAH CAHYATI -

Izin menjawab nggih bu

1. Makna dari surat An Nahl 97 adalah 

Setiap laki-laki atau perempuan yang mengerjakan amal saleh di dunia, sedangkan dia mengimani keesaan Allah dan risalah Rasulullah, maka Kami akan memberinya kehidupan yang bahagia di dunia, dan Kami akan membalas mereka di akhirat dengan balasan yang mulia atas kebaikan amal perbuatan yang telah mereka kerjakan.

    Makna dari surat At-Taubah 71

Orang-orang mukmin laki-laki dan orang-orang mukmin wanita satu sama lain saling mendukung, karena mereka disatukan oleh iman. Mereka menyuruh berbuat yang makruf, yaitu segala sesuatu yang dicintai Allah -Ta'ālā-, seperti menjalankan ajaran tauhid dan salat, mencegah perbuatan yang mungkar, yaitu segala sesuatu yang dibenci Allah -Ta'ālā-, seperti menjalankan kekafiran dan praktik riba, mereka menunaikan salat dengan sebaik-baiknya, taat kepada Allah, dan taat kepada Rasul-Nya.

2. Di dunia kerja : Bekerja dengan kejujuran tidak ada dengki iri dll, saling membantu sesama rekan kerja.

Dirumah : Membantu pekerjaan Rumah, menghormati kedua orang tua, menjalankan ibadah bersama.

Di lingkungan : Gotong royong, bersosialisasi antar warga, tidak bergosip, menciptakan lingkungan yang aman sehat teduh penuh dengan keimanan.


In reply to evi wahyuntari

Re: Diskusi Thoharotul qulub

by 1710301034 NUR INTAN KUSUMAWATI -

1.makna surah an-nahl ayat 97:menegaskan bahwa balasan atau imbalan bagi mereka yang beramal saleh adalah imbalan dunia dan dunia akhirat.

 makna surah at-taubah ayat 71:menegaskan bahwa tolong menolong terhadap sesama mukmin baik laki-laki atau perempuan.


2. a.di dunia kerja=dimana di sela kesibukan kita ttp melaksanakan sholat 5 waktu dan jika jika mendapatkan rezeki bersedekalham             dan membantu sesama yg membutuhkan

    b.di rumah = membantu orang tua,berbakti dan selalu mengikuti apapun yang orang tua katakan.

   c.di masyarakat = ramah.menghormati orang yang lebih tua,membantu tentangga yang membutuhkan.


In reply to evi wahyuntari

Re: Diskusi Thoharotul qulub

by 1710301032 FATMA ROSTIKASARI -

izn menjawab bu 🙏

1. Makna dari surah An-Nahl 97 dan At-Taubah, 71

An-Nahl, 97 

Dalam ayat ini menerangkan akan janji Allah SWT yang akan memberikan kehidupan yg lebih baik dan sejahtera di akhirat kelak (Surga) apabila hambanya (laki-laki ataupun perempuan) beriman dan mengerjakan amal sholeh

At-Taubah, 71

Ayat ini menerangkan bahwa seorang mukmin, pria maupun wanita saling  akan saling membela diantara keduanya dikarenakan adanya hubungan agama antar keduanya.

2. Dirumah : senantiasa berdzikir  dan bertakwa kepada Allah SWT agar terasa damai dan tenang ketika sedang di waktu senggang, membantu orang tua dan tidak melawan orangtua.

Dunia kerja : Berusaha menjadi seorang yang jujur dan amanah dalam mengerjakan segala sesuatu, membantu sesama selagi masih bisa membantu

Masyarakat : Selalu membantu sekitar selagi mampu, bergaul dengan baik tanpa adanya rasa iri, dendam apalagi dengki terhadap teman dan masyarakat lainnya, bersikap sabar dan rendah hati.

In reply to evi wahyuntari

Re: Diskusi Thoharotul qulub

by 1710301019 NOVITA WIDAYATI -

1. QSAt-Taubah Ayat 71
Dan orang-orang yang beriman, laki-laki dan perempuan, sebagian mereka menjadi penolong bagi sebagian yang lain. Mereka menyuruh (berbuat) yang makruf, dan mencegah dari yang mungkar, melaksanakan salat, menunaikan zakat, dan taat kepada Allah dan Rasul-Nya. Mereka akan diberi rahmat oleh Allah.

Q.S. an-Nahl: 97

Barangsiapa mengerjakan kebajikan, baik laki-laki maupun perempuan dalam keadaan beriman, maka pasti akan Kami berikan kepadanya kehidupan yang baik dan akan Kami beri balasan dengan pahala yang lebih baik dari apa yang telah mereka kerjakan.

In reply to evi wahyuntari

Re: Diskusi Thoharotul qulub

by 1710301023 NUR FATHIAH -

Ibu, saya izin menjawab pertanyaan No 1 dan 2 

1. Q.S. At-taubah(9):71 : Dan orang-orang yang beriman, laki-laki dan perempuan sebagaimana mereka menjadi penolong bagi sebagian yang lain. Mereka menyuruh (berbuat) yang makruf, dan mencegah dari yang munkar, melaksanakan salat, menunaikan zakat, dan taat kepada Allah dan rasul-Nya. Mereka akan diberi rahmat oleh Allah. Sungguh, Allah maha perkasa, maha bijaksana. 

Q.S. an-Nahl (16) : 97 : Barang siapa mengerjakan kebajikan, baik laki-laki maupun perempuan dalam keadaan beriman, maka pasti akan kami berikan kepadanya kehidupan yang baik. Dan akan kami beri balasan dengan pahala yang lebih baik dari apa yang mereka kerjakan. 

2. Cara mengamalkan ayat-ayat di atas adalah : 

•Melaksanakan sholat tepat waktu walaupun sedang di tempat kerja 

• Menunaikan zakat 

• Taat kepada Allah SWT 

• Selalu berbuat baik dimana pun. 

In reply to evi wahyuntari

Re: Diskusi Thoharotul qulub

by 1710301030 AFIFATU SHOLIHA -

1. makna surat an-nahl ayat  97 : allah swt akan memperlihatkan kehidupan yang sejahtera kepada siapapun, baik laki-laki maupun perempuan apabila mereka mau beriman dan berinfak saleh.

2. makna surat at-taubat ayat  71 : tolong menolong terhadap sesama mukmin baik laki-laki maupun perempuan.

In reply to evi wahyuntari

Re: Diskusi Thoharotul qulub

by 1710301019 NOVITA WIDAYATI -

cara mengamalkan ayat ayat 

di rumah : Mndirikan sholat, beribadah berbakti kepada orang tua saudara dan senantiasa selalu berbaik sangka 

di dunia kerja : memberikan contoh tauladan yang baik dan mencontoh yang baik pula

di masyarakat : memiliki sifat simpati dan empati terhadap masyarakat serta ber silaturahmi yang baik 

In reply to evi wahyuntari

Re: Diskusi Thoharotul qulub

by 1710301025 WINANDIKA ANDRIAYANI -

1. At-Taubah orang yang beriman laki2 dan perempuan menjadi penolong. Mereka menyuruh berbuat baik,mencegah mungkar,melaksanakan solat,menunaikan zakat dan taat kepada rasulnya.

2. An-nahl barang siapa yang mengerjakan kebajikan baik laki dan perempuan dalam keadaan beriman maka pasti akan kehidupannya lebih baik.

In reply to evi wahyuntari

Re: Diskusi Thoharotul qulub

by 1710301030 AFIFATU SHOLIHA -

cara mengamalkan 

1. dirumah : membantu orangtua dirumah

2. kerja : toleransi terhadap teman sejawat dan membantu teman kerja 

3. masyarakat : ikut gotong royong 

In reply to evi wahyuntari

Re: Diskusi Thoharotul qulub

by 1710301024 NAUFALIANA NUR FITRI -

1. Jelaskan makna ayat Q.S. an-Nahl (16) : 97 dan Q.S. at-Taubah (9) : 71
Q.S. an-Nahl (16) : 97 : Barangsiapa mengerjakan kebajikan, baik laki-laki maupun perempuan dalam keadaan beriman, maka pasti akan Kami berikan kepadanya kehidupan yang baik dan akan Kami beri balasan dengan pahala yang lebih baik dari apa yang telah mereka kerjakan.

Jadi, baik laki laki maupun perempuan yang beriman dan mengerjakan kebaikan akan mendapatkan pahala dan diberikan kehidupan yang baik

Q.S. at-Taubah (9) : 71 : Dan orang-orang yang beriman, laki-laki dan perempuan, sebagian mereka menjadi penolong bagi sebagian yang lain. Mereka menyuruh (berbuat) yang makruf, dan mencegah dari yang mungkar, melaksanakan salat, menunaikan zakat, dan taat kepada Allah dan Rasul-Nya. Mereka akan diberi rahmat oleh Allah. Sungguh, Allah Mahaperkasa, Mahabijaksana.

Jadi, baik laki laki maupun perempuan sebagian mereka menjadi penolong bagi sebagian yang lain.

2. Cara mengamalkan ayat-ayat tersebut

Mendirikan sholat, menunaikan zakat, taat kepada Allah, berbakti kepada orang tua dan senantiasa selalu berbaik sangka, memiliki sifat simpati dan empati terhadap masyarakat dan menjaga silaturahmi yang baik, jujur dan saling menolong


In reply to evi wahyuntari

Re: Diskusi Thoharotul qulub

by 1710301028 ADISTY PUSPA PERTIWI -

makna dari ayat yang saya baca adalah Allah SWT akan memberikan kehidupan yang sejahtera kepada umatnya apabila mereka mau beriman dan beramal saleh. Dan balasan Allah Swt bernilai lebih tinggi daripada yang dikerjakan. serta orang orang yang beriman akan menjadi penolong bagi yang lain.

untuk cara mengamalkannya dalam kehidupan adalah saling membantu dan mengingatkan antar sesama 

In reply to evi wahyuntari

Re: Diskusi Thoharotul qulub

by 1710301021 FARRA DHIA WIYASIH -

Makna dari surah yg sudah dibaca :

1. Q.S. an-Nahl (16) : 97 : Barang siapa mengerjakan kebajikan, baik laki-laki maupun perempuan dalam keadaan beriman, maka pasti akan kami berikan kepadanya kehidupan yang baik. Dan akan kami beri balasan dengan pahala yang lebih baik dari apa yang mereka kerjakan. 


2. Q.S. At-taubah(9):71 : Dan orang-orang yang beriman, laki-laki dan perempuan sebagaimana mereka menjadi penolong bagi sebagian yang lain. Mereka menyuruh (berbuat) yang makruf, dan mencegah dari yang munkar, melaksanakan salat, menunaikan zakat, dan taat kepada Allah dan rasul-Nya. Mereka akan diberi rahmat oleh Allah. Sungguh, Allah maha perkasa, maha bijaksana. 


Cara mengamalkan :

Di dunia kerja : membantu apabila rekan kerja mengalami kesulitan dalam melakukan pekerjaannya

Dirumah : mengajarkan adik tentang penting shalat, dan zakat.

Di masyarakat : melakukan zakat


In reply to evi wahyuntari

Re: Diskusi Thoharotul qulub

by 1710301036 SILVIA FEBRIANI -

1. ▪Makna yang terkandung dalam surat an nahl ayat 97 bahwa barang siapa yang mengerjakan amal saleh baik laki-laki maupun perempuan dalam keadaan beriman, maka sesungguhnya akan kami berikan kepadanya kehidupan yang baik yaitu kehidupan yang disertai rasa qonaah terhadap pemberian alloh swt dan diberikannya kehidupan di surga-Nya.

▪Makna yang terkandung dalam surat at taubah ayat 71 yaitu bahwa islam merupakan agama sosial dimana setiap anggota masyarakat harus melakukan kewajiban amar ma'ruf nahi mungkar terhadap sesama dengan tindakan yang baik yang harus dilakukan setiap orang beriman baik laki-laki maupun perempuan dalam menciptakan kehidupan yang rukun dan saling tolong menolong dalam kebaikan dan saling mengingatkan jika diantara mereka ada yang salah.

2. ▪ Cara mengamalkan dalam dunia kerja, masyarakat dan dalam rumah dari ayat an nahl:97 tersebut yaitu bahwa kita harus menjadi pribadi yang pantang menyerah dalam berusaha sebagaimana manusia harus memiliki optimisme dalam menjalani kehidupan. Serta melakukan pekerjaan dengan sikap kejujuran, dan qanaah.

▪Cara mengamalkan dalam surat at taubah: 71 yaitu saling membantu antar sesama dan  mencegah orang dari kebiasaan buruk dan hal yang melanggar syariat agama serta mengingatkan jika diantaranya ada melakukan kesalahan. 

In reply to evi wahyuntari

Re: Diskusi Thoharotul qulub

by 1710301026 MUNA NUR MAHERINI -

An-Nahl 97. 

setiap orang mukmin yang mengerjakan kebajikan dengan keikhlasan, maka akan diberikannya kehidupan yang baik didunia dan akan mendapatkan balasan yang setimpal diakhirat(pahala akan dilipat gandakan)

kita sebagaimana manusia yang diciptakan Allah sebaiknya mengamalkan apa yang menjadi tuntunan dalam ayat tersebut dan hanya dengan ridho Allah semata


At-Taubah 71.

setiap orang yang mukmin wajib mentaati perintah Allah dan menjauhi larangannya. barangsiapa yang melakukan hal tersebut allah akan merahmatinya

kita sebagai manusia yang mukmin sebaiknya mengikuti segala perintah Allah dan menjauhi segala larangannya sehingga kelak akan diberikan rahmat oleh Allah SWT

In reply to evi wahyuntari

Re: Diskusi Thoharotul qulub

by 1710301031 RIZKI DERMAWAN -

makna surah an nahl  97

Barang siapa yang mengerjakan amal saleh baik pria maupun wanita dalam keadaan beriman, maka bersama-sama akan Kami berikan kepadanya kehidupan yang baik) berdasarkan suatu pendapat dikatakan bahwa yang dimaksud yaitu kehidupan di surga. Menurut pendapat yang lain dikatakan yaitu kehidupan dunia, yaitu dengan mendapatkan rasa qana`ah atau mendapatkan apa adanya atau beliau mendapatkan rezeki yang halal (dan bersama-sama akan Kami beri akhir kepada mereka dengan pahala yang lebih baik dari apa yang telah mereka kerjakan

dalam pengalaman surah nahl ayat 97 di tempat kerja,rumah,dan masyarakat kita tetap harus berbuat baik kepada siapapun dimanapun dan kapan pun karena dari kebaikan ini pula akan mempertemukan kita dengan orang orang yang baik dan mempunyai rasa peduli yang tinggi

makna surah at taubah

ayat sebelumnya menjelaskan sikap buruk orang-orang munafik disertai ancaman, sedang ayat ini menjelaskan kebalikannya, yakni hakikat orang-orang mukmin. Dan orang-orang yang beriman, dengan imannya yang sempurna, dari laki-laki dan perempuan, sebagian mereka menjadi penolong bagi sebagian yang lain dalam hal-hal kebenaran dan kebaikan. Secara jelas dapat dilihat dalam sikap dan perilakunya, yaitu mereka menyuruh berbuat yang makruf, dan mencegah dari yang mungkar, melaksanakan salat, menunaikan zakat, dan taat kepada Allah dan Rasul-Nya. Mereka itulah yang akan senantiasa diberi rahmat oleh Allah. Sungguh, Allah Mahaperkasa untuk melindungi mereka dengan rahmat-Nya, Mahabijaksana dalam setiap pemberian-Nya.

In reply to evi wahyuntari

Re: Diskusi Thoharotul qulub

by 1710301029 KINANTI SALSABILA AMANATILLAH -
1. Makna QS An-Nahl Ayat 97 : Barangsiapa mengerjakan kebajikan, baik laki-laki maupun perempuan dalam keadaan beriman, maka pasti akan Kami berikan kepadanya kehidupan yang baik dan akan Kami beri balasan dengan pahala yang lebih baik dari apa yang telah mereka kerjakan.
2. Makna QS At-Taubah Ayat 71 : Dan orang-orang yang beriman, laki-laki dan perempuan, sebagian mereka menjadi penolong bagi sebagian yang lain. Mereka menyuruh (berbuat) yang makruf, dan mencegah dari yang mungkar, melaksanakan salat, menunaikan zakat, dan taat  kepada Allah dan Rasul-Nya. Mereka akan diberi rahmat oleh Allah. Sungguh, Allah Maha perkasa, Maha bijaksana.

Mengamalkan di dunia kerja : Mengerjakan pekerjaan dengan jujur dan saling tolong menolong sesama rekan kerja lain
Di rumah : Selalu mengingatkan pada kebaikan sesama anggota keluarga dirumah, dan melaksanakan ibadah-ibadah sesuai dengan perintah Allah SWT.
Di masyarakat : Senantiasa saling menghargai satu sama lain, menghindari terjadinya perselisihan, dan juga saling mengingatkan dalam kebaikan.
In reply to evi wahyuntari

Re: Diskusi Thoharotul qulub

by 1710301033 FITRI NUR ANNISA -

ijin menjawab bu

makna surat An-Nahl ayat 97

Didalam surat dijelaskan bahwa siapapun yang melakukan hal baik, baik itu laki laki atau perempuan yang beriman. maka akan diberikan pula kehidupan yang baik serta diberikan pahala yang lebih dari yang telah di kerjakan. contohnya jika kita membantu teman atau saudara yang mengalami kesulitan dengan rasa ikhlas, maka Allah SWT akan menggantinya dengan kebaikan serta pahala yang lebih besar.


makna surat At-Taubah ayat 71

Didalam surat dijelaskan bahwa orang yang beriman baik itu laki laki maupun perempuan yang menjadi penolong untuk orang lain, dan mengarahkan keperbuatan baik, mencegah perbuatan buruk, melaksanakan sholat dan menunaikan zakat serta taat terhadap Allah dan RasulNya maka Allah SWT akan memberikan rahmat yang teramat besar. contohnya membantu yang membutuhkan, mencegah niat buruk, melaksanakan sholat dan berjaaah serta menunaikan zakat maka Allah SWT akan memberikan rahmat yang berlimpah.

In reply to evi wahyuntari

Re: Diskusi Thoharotul qulub

by 1710301022 DIFFA HANINDA -

1. Makna ayat yang saya baca adalah selalu berbuat baik dan mencegah kepada kemunkaran

2. Diamalkan dalam kehidupan sehari hari, berbuat baik kepada siapapun, terus mengingatkan saat ada yang tidak baik

In reply to evi wahyuntari

Re: Diskusi Thoharotul qulub

by 1710301020 EKA MAULINA -

Assalamu'alaikum....
izin menjawab

Makna QS An Nahl 97

Allah SWT memperlihatkan kehidupan yang sejahtera pada kaumnya baik itu laki-laki ataupun perempuan apabila suatu kaum tersebut beriman dan beramal saleh. Sejahtera disini bisa dengan yang dimaksud dengan ketenangan/ hati yang tentram


Makna QS. At-Taubah 71

Sedangkan makna dari QS At Taubah ayat 71 sendiri tentang perintah untuk berbuat yang makruf dan mencegah yang mungkar serta perintah untuk melaksanakan sholat , menunaikan zakat, dan taat kepada Allah SWT, Karena Allah SWT sudah memberi banyak sekali nikmat kepada manusia . Sungguh Allah SWT Maha Perkasa dan Bijaksana.

Sikap dan Perilaku Yang Merupakan Cerminan Dari Kedua Ayat Tersebut

- Tidak berlaku sombong dan senantiasa rendah hati

- Rajin bersedekah

- Tidak menunda-nunda waktu sholat

- Gemar mengikuti pengajian dan ceramah

- Berperilaku yang baik, sopan dan jujur dalam setiap tindakan

- Menjauhi perbuatan tercela

- Tidak korupsi dan senantiasa mengingat balasan apabila melakukan hal-hal yang buruk/tercela

- Senantiasa sabar dan ikhlas dalam menghadapi setiap cobaan yang Allah SWT limpahkan

In reply to evi wahyuntari

Re: Diskusi Thoharotul qulub

by 1710301038 DWI NUR AZIZAH -

1. Makna dari surat an nahl (97) dan at taubah ayat (71)

An nahl (97)

Orang yang melakukan kebaikan baik lelaki atau perempuan maka allah akan memberikan balasan dari apa yang telah dikerjakan dan allah akan memberikan kehidupan yang baik 

At taubah (71)

Memiliki makna bahwa kita sebagai manusia ada baiknya saling tolong menolong sesama manusia didalam kebajikan dan sebagai balasannya akan diberikan rahmat oleh Allah SWT

2. Cara mengimplementasikan di kehidupan 

Yaitu bisa dengan cara mengingatkan teman kita dalam kebajikan seperti mengingatkan sholat dan saling tolong menolong sesama manusia dalam kebaikan 

In reply to evi wahyuntari

Re: Diskusi Thoharotul qulub

by 1710301035 NURUL HIDAYAH -

1. (71An-Nahl) : 97 Dalam ayat ini menerangkan akan janji Allah SWT yang akan memberikan kehidupan yg lebih baik dan sejahtera di akhirat kelak (Surga) apabila hambanya (laki-laki ataupun perempuan) beriman dan mengerjakan amal sholeh

(At-Taubah, 71) : Ayat ini menerangkan bahwa seorang mukmin, pria maupun wanita satu sama lain akan saling mendukung, karena mereka disatukan oleh iman. mereka disuruh berbuat makruf yaitu segala sesuatu yang dicitai oleh ALLAH SWT. seperti menjalankan ajaran tauhid dan salat, mencegah perbuatan yang mungkar, yaitu segala sesuatu yang dibenci Allah -Ta'ālā-, seperti menjalankan kekafiran dan praktik riba, mereka menunaikan salat dengan sebaik-baiknya, taat kepada Allah, dan taat kepada Rasul-Nya.

2. di lingkungan kerja : harus jujur dan laki-laki dan perempuan berkerja sama dengan bai tanpa membedakan kasta

di lingkungan rumah : menghormati kedua oramg tua baik ayah ataupun ibu

dilingkungan : bersosialisasi dengan baik kepada warga dan menjaga kedamaian, kerukunan, juga membantu warga untuk mensejahterakan lingkungan dalam hal yang positif, juga memberikan contoh yang positif untuk anak-anak remaja.