Forum: Diskusi Thoharotul Qulub.

Thoharotul Qulub

Thoharotul Qulub

by 1710201011 NOVIANTI NURROHMAH ZAINUDDIN -
Number of replies: 0

Makna QS. AL-An'am = 161-163 

Ayat 161 : Diperintahkannya Rasulullah SAW untuk mengikuti agama Ibrahim, bukan berarti Nabi Ibrahim lebih sempurna Agamanya daripada beliau, karena Rasulullah SAW telah menjalankan agamanya tersebut secara total, dan agamanya tersebut pun telah disempurnakan oleh beliau, yang tidak ada seorang pun sebelumnya yang pernah sampai pada kesempurnaan ini.

Oleh sebab itulah Rasulullah SAW disebut sebagai Khatamul Anbiya, penghulu anak cucu Adam secara menyeluruh, dan pemilik tempat terpuji yang sangat diinginkan oleh manusia termasuk juga oleh Khalilullah (kekasih Allah), Ibrahim.

Ayat 162 : Allah SWT memerintahkan Nabi SAW agar mengabarkan kepada kaum musyrik yang menyembah selain kepada Allah SWT dan menyembelih binatang dengan menyebut selain nama Allah, bahwa yang demikian itu beliau berseberangan dengan mereka, karena sesungguhnya shalatnya hanya untuk Allah dan sembelihannya adalah atas nama-Nya saja yang tiada sekutu bagi-Nya.

Ayat 163 : Maka Allah Ta’ala menyampaikan bahwa Dia mengutus para Rasul-Nya untuk membawa Islam, hanya saja mereka berbeda-beda dalam syariat, sebagian menasakh sebagian lainnya, hingga terakhir dinasakh oleh syariat Nabi Muhammad SAW yang tidak akan pernah dinasakh lagi sesudah itu. Dan syariatnya itu senantiasa tegak dan tersebar hingga hari Kiamat tiba.


Pengamalan ayat-ayat tersebut di dunia kerja, di rumah dan di masyarakat ? Dapat bermanfaat bagi orang sekitar dengan niat ikhlas dan membantu orang lain sebagai bentuk suatu ibadah.