Forum: Diskusi Thoharotul Qulub.

Thoharotul Qulub

Thoharotul Qulub

by Andhita Dyorita Khoiryasdien -
Number of replies: 20

Assalamualaikum wr wb

Pada forum ini kita diskusikan kajian Al-quran tadi.

Bagaimana pemahaman Anda terhadap ayat2 tersebut?

Saudara sebagai tenaga kesehatan bagiamana saudara  mengamalkan ayat-ayat tersebut di dunia kerja, di rumah dan di masyarakat?

In reply to Andhita Dyorita Khoiryasdien

Re: Thoharotul Qulub

by 1710201094 VIQI MAQHVIROH -

 di antara kesempurnaan kasih sayang Allah terhadap manusia adalah Allah menjadikan pasangan manusia dari jenis mereka sendiri. Allah menciptakan pada masing-masing pasangan itu rasa cinta dan kasih sayang. Karena seorang laki-laki menikahi  seorang wanita terkecuali karena:
1) Rasa cinta dan kasih sayang yang terbukti dengan lahirnya anak dari rahim istrinya.
2) Ingin menciptakan rasa cinta di antara mereka berdua, dan keluarganya 
3) menyempurnakan separuh agamanya 


In reply to Andhita Dyorita Khoiryasdien

Re: Thoharotul Qulub

by 1710201078 FITRI AINUN NIKMAH -

Beriman kepada Allah, kepada kitab-kitab, kepada malaikat dan kepada rasul utusan Allah adalah bagian dari rukun iman. Selain kewajiban dari 4  rukun iman tersebut terdapat dua rukun iman lainnya yaitu beriman kepada hari kiamat dan beriman kepada qada dan qadar Allah. Kewajiban beriman kepada seluruh rukun iman tersebut berlaku buat seluruh umat islam yang sudah baligh.

In reply to Andhita Dyorita Khoiryasdien

Re: Thoharotul Qulub

by 1710201083 FAIDA RAHMANI -

Tentang Pembinaan Ummat (Gerakan)

Kuntum khayra ummatin ukhrijat li an-naasi ta’muruuna bi al-ma’ruuf wa tanhawna ‘an al-munkari wa tu’minuuna bi Allahi wa law aamana ahlu al-kitaabi lakaana khayran lahum minhum al-mu’minuuna wa aktsaruhum al-faasiquun.

Artinya:

“Kalian adalah umat terbaik yang dikeluarkan untuk manusia, menyuruh kepada yang makruf dan mencegah dari yang mungkar, dan beriman kepada Allah Swt. Sekiranya Ahli Kitab beriman, tentulah itu lebih baik bagi mereka. Di antara mereka ada yang beriman, namun kebanyakan mereka adalah orang-orang fasik.” (Surat Ali Imran ayat 110)

Ayat ini mengandung suatu dorongan kepada kaum mukmim agar tetap memelihara sifat-sifat utama itu dan agar mereka tetap mempunyai semangat yang tinggi. Umat yang paling baik di dunia adalah umat yang mempunyai dua macam sifat, yaitu mengajak kebaikan serta mencegah kemungkaran, dan senantiasa beriman kepada Allah.

Dalam dunia kerja, dirumah maupun didalam masyarakat hendaknya saya harus memiliki keteguhan iman dan kepatuhan menjalankan ajaran agama serta menegakkan amar makruf dan mencegah kemungkaran. serta saya harus memiliki iman yang mendorong untuk senantiasa berjuang menegakkan kebenaran dan keadilan. Selain itu saya harus berusaha untuk menjadi pribadi yang barik yang menjadi manfaat bagi orang banyak. 


In reply to Andhita Dyorita Khoiryasdien

Re: Thoharotul Qulub

by 1710201090 EKO ARVIN WITANTO -
Assalamualaikum wr wb, saya dapat surat al mukminun ayat 1-11. Menurut pemahaman saya dari surat yang saya baca sebaik baiknya muslim yang melakukan kebaikan (melaksanakan sholat, menjauhkan diri dari perbuatan maksiat, melaksanakan amal kebajikan, dan menjaga kesehatannya) akan ditempatkan di surga firdaus. 
In reply to Andhita Dyorita Khoiryasdien

Re: Thoharotul Qulub

by 1710201080 IRWAN ARDIANTO -

At-Taubah ayat 71

Ayat ini menerangkan bahwa orang mukmin pria maupun wanita saling menjadi pembela diantara mereka. Selaku mukmin ia membela mukmin yg lain karena hubungan agama. Mengajak kepada yg ma’ruf dan mencegah kepada yg mungkar. Melaksanakan sholat dan menunaikan zakat kemudian taat kepada Allah dan Rasulnya maka rahmat Allah akan datang kepadanya

In reply to Andhita Dyorita Khoiryasdien

Re: Thoharotul Qulub

by 1710201089 SEPTIANA ZAHRUL MAWADDAH -

Menurut saya pemahaman tentang QS Al-An'am: 161-163, Islam adalah agama yang benar dan lurus, Allah itu Tuhan yang Maha Esa jadi tidak ada sekutunya. Dan kita hidup didunia sejatinya sholat, ibadah, hidup, mati hanya untuk Allah. Oleh karena itu kita sebagai umat manusia harus berpasrah kepada Allah SWT.

Untuk mengamalkan surat ini di dunia kerja, dirumah, dan dimasyarakat adalah dengan kita bisa hidup dengan agama Islam dengan baik dan lurus, mengamalkan seluruh perintah Allah dan tidak melakukan apa yang menjadi larangan Allah SWT.

In reply to Andhita Dyorita Khoiryasdien

Re: Thoharotul Qulub

by 1710201079 KRISNAWATI WARDANI -

QS An Nahl 97

Barang siapa yang mengerjakan amal saleh baik laki-laki maupun perempuan dalam keadaan beriman, maka sesungguhnya akan Kami berikan kepadanya kehidupan yang baik). 

Maknanya adalah Allah SWT akan memberikan kehidupan yang sejahtera kepada siapapun, baik laki laki maupun perempuan, apabila mereka mau beriman dan beramal saleh. Dan balasan Allah SWT bernilai lebih tinggi daripada yang dikerjakan.

Balasan Allah yang lebih tinggi diantaranya mencangkup : 

1. Ketentraman jiwa 

2. Hidup sejahtera dan bahagia dengan rezeki yang halal dan baik (bermutu gizinya)

3. kehidupan yang disertai qana‘ah (menerima dengan suka hati) terhadap pemberian Allah SWT

In reply to 1710201079 KRISNAWATI WARDANI

Re: Thoharotul Qulub

by 1710201092 ARIEF BUDI PRASETYA -

DALAM SURAH AR RUM AYAT 26, menganjurkan  berpakaian untuk menutupi auratmu dan untuk perhiasan bagimu. Tetapi pakaian takwa, itulah yang lebih baik. Demikianlah sebagian tanda-tanda kekuasaan Allah, mudah-mudahan mereka ingat.

In reply to Andhita Dyorita Khoiryasdien

Re: Thoharotul Qulub

by 1710201093 YUNITA NUR ATIKAH -

pengamalan Qs An Nisaa 4:1bahwa hubungan perempuan dengan laki-laki adalah hubungan yang saling melengkapi satu sama lain. keduanya memiliki kelemahan dan kelebihan masing-masing. tidak bisa di samakan seluruh laki-laki dan perempuan semuanya sedang berlomba-lomba untuk menjadi yang terbaik. Namun, dalam perlombaan itu tidak semestinya menyudutkan atau merendahkan satu sama lain, semuanya memiliki titik dan bekal yang sama.


 



In reply to Andhita Dyorita Khoiryasdien

Re: Thoharotul Qulub

by 1710201090 EKO ARVIN WITANTO -

Saya sebagai tenaga kesehatan dalam mengamalkan Q.S al mukminun ayat 1-11 dengan cara edukasi ke masyarakat agar menjaga kesehatannya dan juga di imbangi dengan penekanan nilai religius pada masyarakat. 

In reply to Andhita Dyorita Khoiryasdien

Re: Thoharotul Qulub

by 1710201097 SISKA RAHMAWATI -

Q.S. luqman 13-14 didalam surat tersebut menjelaskan tentang :

Orangtua harus mendidik anak-anaknya untuk bertauhid kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala.Luqman mencontohkan, pendidikan utama yang harus diberikan kepada anak adalah tauhid. Larangan berbuat syirik.Menyekutukan Allah adalah kezaliman yang paling besar.Seorang anak wajib berbakti kepada kedua orangtuanya, birrul walidain. Terutama kepada ibu yang telah mengandung, melahirkan dan mengasuhnya dengan penuh susah payah.Wajib bersyukur kepada Allah dan berterima kasih kepada orangtua.Ayat ini mengingatkan bahwa hanya kepada Allah-lah kita semua akan kembali.
In reply to Andhita Dyorita Khoiryasdien

Re: Thoharotul Qulub

by 1710201084 YUNITA QOTRUNNADA -
waalaikumsalam wr.wb
pemahaman saya terkait surah Al-Jaziyah : 23 Yakni apa yang diinginkan hawa nafsunya dia kerjakan, baik mendatangkan keridhaan Allah atau kemurkaan-Nya. Lupa dengan akhiratnya dan lebih memilih mengejar dunia padahal yg lebih kekal adalah kehidupan di akhirat. dan amalannya adalah yakni selalu ingat sesuatu yang bermanfaat bagimu lalu kamu mengerjakannya dan ingat sesuatu yang bermadharrat sehingga kamu dapat menjauhinya.

 Dalam dunia kerja hendaknya jangan mengikuti hawa nafsu atau selalu mengejar dunia karena dunia adalah sementara hendaknya dalam bekerja kita harus meluangkan waktu kita untuk mengingat Allah SWT dan mendekatkan diri pada Allah.


In reply to Andhita Dyorita Khoiryasdien

Re: Thoharotul Qulub

by 1710201095 NUR FITRIANA RAHMAWATI -

Al-A'raf(7):96

Allah akan memberikan atau melimpahkan rahmat dan rizkinya pada suatu daerah atau sutu kaum yang penduduknya bertaqwa kepada Allah SWT dan Rasullnya, serta penduduknya rukun dan damai. dengan demikian maka Allah akan menjauhkan dari siksa neraka/Azabnya.

In reply to Andhita Dyorita Khoiryasdien

Re: Thoharotul Qulub

by 1710201099 FAIQOH ALFIYYAH AZHAAR -

Qs. Al-baqarah (2) : 222

1. edukasi kepada klien tentang keharaman berhubungan intim dengan wanita yang sedang haid

2. Jelaskan pada klien tentang keadaan dan hasil pemeriksaannya

3. Pemberian analgesik dan tokolitik

4. Anjurkan klien untuk berolahraga ringan seperti senam, berjalan kaki, bersepeda, atau berenang

5. Anjurkan klien untuk cukup istirahat

6. Anjurkan klien untuk memperbanyak komsumsi protein dan sayuran hijau

7. Anjurkan klien untuk mengompres panas atau dingin pada daerah perut jika terasa nyeri

In reply to Andhita Dyorita Khoiryasdien

Re: Thoharotul Qulub

by 1710201081 NUR FITRI EKA DEWI -

waalikumsalam wr.wbsaya mendapatkan surah Al Imron ayat 104 ibu.

artinya "Dan hendaklah di antara kamu ada segolongan orang yang menyeru kepada kebajikan, menyuruh (berbuat) yang makruf, dan mencegah dari yang mungkar. Dan mereka itulah orang-orang yang beruntung"

Pada ayat ini Allah memerintahkan orang mukmin agar mengajak manusia kepada kebaikan, menyuruh perbuatan makruf, dan mencegah perbuatan mungkar.hendaknya sebagian dari kita menjadi pelopor untuk mengajak Amar Maruf Nahi Munkar sesuai dengan perintah dan petunjuk dari Allah SWT. amalan yang dapat dilakukan di dunia kerja adalah dengan amanah dalam menjalankan  pekerjaan, melakukan kolaborasi dalam melakukan pekerjaan dan berpedoman dengan SOP dan bekerja dengan jujur. pelaksanaan dirumah yaitu dengan mengjarkan kepada adik-adik kita untuk selalu berbakti kepada kedua orang tua dan menanamkan nilai-nilai agama islam. dilingkungan masyarakat yaitu dengan mengikuti kader Aisyiyah, membentuk kelompok sadar remaja sehat yang tujuanya yaitu untuk meningkatkan kesehatan reproduksi remaja dan kelompok-kelompok khusus lainnya. 

In reply to Andhita Dyorita Khoiryasdien

Re: Thoharotul Qulub

by 1710201085 YUNIAR INTAN SAFIRA -

pemahaman saya dari ayat diatas adalah ditemukanya nilai-nilai pendidikan tauhid yang tidak hanya menghimbau manusia untuk berimah kepada allah saja melainkan juga untuk beriman kepada Muhammad Saw. sebagai rasul pendidikan ahlak yang mulia yang telah dicontohkan. amalan dari surah ini yaitu kita di dunia kerja sebagai seorang guru dalam mendidika yaitu membacakan, mensucikan dan mengajarkan kepada murid-murid atau anak-anak terutama kita sebagai seornag wanita karena dengan memberikan pengetahuan berupa ilmu kita akan mendapatkan pahala aamiin . 

In reply to Andhita Dyorita Khoiryasdien

Re: Thoharotul Qulub

by 1710201098 EKA RIZKI PUJIASTUTI -
Dari pemahaman QS.As-syura ayat 77-80 tersebut bahwa dalam memberikan asukan keperawatan tidak hanya mencakup pada biologi maupun psikosisalnya tetapi spritual juga termasuk dalam asuhan keperawatan. Jadi ayat tersebut bukan hanya untuk penyembuhan penyakit tetapi dimaksudkan untuk memberikan keyakinan kepada klien atau seluruh umat muslim bahwa penyembuhan hanya dari Allah SWT tiada yg lain.
In reply to Andhita Dyorita Khoiryasdien

Re: Thoharotul Qulub

by 1710201091 NUR AFIFAH LUTHFIANI -

Q.S Luqman ayat 1-6

Sebagai seorang muslim hendaknya dalam diri kita didasari rasa iman dan bertaqwa pada Allah swt. Allah swt maha melihat dan mendengar. Kita sbg manusia hendaknya berbuat baik dengan mengacu pada tuntunan Alquran, dengan cara menjadikan Alquran sebagai petunjuk dan rahmat dalam berbuat kebaikan

In reply to Andhita Dyorita Khoiryasdien

Re: Thoharotul Qulub

by 1710201088 ALFI ZAKIYAH -

Disurat Al-Muzzammil dari ayat 1-9 bahwa maknanya:

Sesibuk-sibuknya urusan kita didunia dari pagi hingga malam, untuk beribadah dan menyembah kepada Allah harus diwajibkan karena Allah-lah pencipta bumi dan sebaik-baik pelindung manusia di dunia dan akhirat.

In reply to Andhita Dyorita Khoiryasdien

Re: Thoharotul Qulub

by 1710201096 IFA ALIFAH -

Surah Al-Mujadallah ayat 11, dengan beberapa kandungan, antara lain:


1. Setiap orang yang beriman wajib hukumnya menuntut ilmu, baik ilmu akhirat maupun dunia.


2. Hendaknya dalam menuntut ilmu juga memberikan manfaat bagi orang lain dalam menuntut ilmu seperti kita juga, sebab Allah juga akan memudahkan kita baik di dunia dan akhirat bagi siapa yang memudahkan saudaranya dalam kesulitan.


3. Orang yang beriman dan berilmu, berbeda derajatnya dengan mereka yang hanya beriman atau hanya berilmu saja.


4. Allah SWT senantiasa siaga apa yang diperbuat atau apa yang ada di dalam hati hamba-Nya