Forum Muhasabah

Muhasabah

Muhasabah

by SELLY AGUSTIN 1610301113 -
Number of replies: 0

1. Iman kepada allah adalah membenarkan dengan hati, mengucapkan dengan lisan serta mengamalkan dengan perbuatan bahwa Allah itu ada dengan segala keagungannya. Ketika kita telah mengimani bahwa tidak ada satupun Tuhan selain Allah maka akan semakin yakin hanya Allah SWT yang telah menciptakan segala sesuatu serta memberikan nikmat ke seluruh alam semesta.  Oleh karena itu, kita akan semakin bersyukur dan yakin akan keagungan Allah SWT. Saat melakukan kesalahan segeralah melakukan pertaubatan, semakin medekatkan diri kepada-NYA. Jika mendapatkan Ujian, harus di terima dengan sabar dan penuh harap kepada Allah semata, dan tetaplah beristiqomah serta berdoa kepada-NYA. Sebab menerapkan istiqomah dalam kehidupan sehari-hari adalah sesuatu yang sangat dianjurkan agar terutama dalam aktivitas beribadah. Dan Orang yang senantiasa istiqomah akan terhindar dari kesedihan dan kekhawatiran. Dua rasa yang seringkali mengganggu sehingga tidak fokus dalam beramal.

2. Lebih mendekatkan diri kepada Allah SWT dengan memperbaiki ibadah dan amalan-amalan baik lainnya, Serta selalu berusaha sebaik mungkin dalam melakukan segala hal dan hasilnya serahkan kepada Allah SWT.

3. Mimpi terdekat saya ditahun ini ingin melaksanakan wisuda dibulan September. Saya juga berharap untuk keterima profesi di UNISA sebagai lanjutan jenjang pendidikan saya sebelum saya memasuki dunia kerja. Saya juga berkeinginan untuk menjadi manusia yang lebih baik lagi setiap harinya. Untuk mencapai semua itu saya terus belajar, berusaha serta lebih mendekatkan diri kepada Allah SWT untuk meminta pertolongan dan kemudahan-Nya.

4. Alhamdulillah hari ini saya telah melaksanakan sholat tahajud yang saya rasakan pikiran menjadi tenang sebab dilakukan pada sepertiga malam terakhir, dimana pada waktu ini kondisi tubuh sangat baik, segar dan tenang. Dan juga merasa lebih mendekatkan diri kepada Allah SWT. Setelah sholat tahajud, muhasabah merenungkan tentang diri sendiri. Memohon ampun kepada Allah SWT.