Forum Muhasabah

Muhasabah_1610301025

Muhasabah_1610301025

by IIN SUSWIYATI 1610301025 -
Number of replies: 0

1. A. sebelum menjadi seorang muslim kita harus terlebih dahulu menjadi seorang mukmin. Selalu berusaha untuk meningkatkan keimanan saya dengan selalu berusaha menjadi seorang mukmin yang baik. Dengan cara percaya  kepada Allah SWT, Malaikat, Rasul, Kitab, Hari Kiamat, dan  Qada dan Qadar. Selain percaya dengan sepenuh hati saya juga mengatakannya secara lisan dan mengamalkannya dalam amal dan perbuatan saya sehari – hari.
B. Insyaf adalah usaha dalam diri manusia untuk mejadi lebih baik. Bertobat tidak akan mengulangi kesalahan yang sama. Tidak ada orang yang setiap hari tidak melakukan kesalahan. Maka dari itu Allah menganjurkan kita untuk memperbanyak istighfar dan mohon ampun. Insyaflah dengan bersungguh-sungguh
C. Bersyukur adalah cara kita menikmati hidup. Tidak selalu membandingkan dengan orang lain, selalu merasa cukup apa yang dimiliki. Bersyukur menjadikan hidup sebagai penyemangat untuk hidup bahagia. Dengan bersyukur, kamu tentunya akan selalu merasa cukup dengan rezeki yang diberikan oleh Allah SWT padamu. Segaka nikmat yang telah diberikan Allah SWT padamu tentu harus kamu syukuri. 
D. Sabar diartikan sebagai tahan menghadapi cobaan, tidak mudah marah, dan tidak lekas putus asa. Sabar juga berarti tenang dan dapat mengendalikan emosi dan diri saat diterpa banyak godaan dan ujian. Seberapa besar kesabaranmu dalam menghadapi masalah, tergambar jelas dari seperti apa sikap tenangmu. Karena sabar dan menyerah itu dua hal yang berbeda, sikapilah dengan bijak. Dengan sabar kita belajar ikhlas.
E. Berdoa bagi setiap muslim adalah suatu yang amat penting agar dalam hidup selalu dilimpahkan keberkahan. Islam telah menuntun manusia untuk memulai aktivitas dengan tuntunan doa dari mulai bangun tidur sampai tidur lagi. Dalam berdoa kita selalu meminta apa yang menjadi kebutuhan serta keinginan yang ingin dicapai dalam mengarungi kehidupan. Sering kali berdoa ketika menemui suatu permasalahan agar permasalahan tersebut dapat segera terselesaikan.
Berdoa menjadikan sebagai penguat diri.
2. Rencana untuk memperbaiki diri yaitu dengan menahan emosi, lebih sabar, memperbanyak menjalim silaturahmi dengan teman yang baik, dan mencoba tidak meninggalkan kewajiban contohnya shalat
3. Mimpi yang ingin dicapai yaitu mempunyai tempat praktek sendiri, cara agar tercapai yaitu dengan berusaha, bekerja dan berdoa, dan melakukan shalat tahajud agar apa yang kita cita-citakan tercapai.