Forum Muhasabah

18_Aliefah Rachma Sarwedi

Re: 18_Aliefah Rachma Sarwedi

by ALIEFAH RACHMA SARWEDI 1610901003 -
Number of replies: 0

menjawab pertanyaan muhasabah yang ada di word

1. kalimat reflektif

a. Keyakinan: Yakin bahwa Allah akan mengabulkan doa hambaNya

b. Sabar dan Istiqomah: Allah akan melihat keistiqomahan hambaNya dalam berdoa dan menguji kesabarannya ketika apa yang dikabulkan ternyata tidak sesuai dengan apa yang diminta

c. Syukur: bersyukur masih diberikan kenikmatan

d. Taubat: Allah akan mengampuni dosa hambaNya yang mau bertaubat.

2. Rencana untuk memperbaiki diri

saat ini saya dalam proses bertaubat. saya menyadari betul semua kesalahan saya di masa lalu, dan atas kesadaran saya, saya memutuskan untuk tidak akan mengulangi kesalahan yang sama di masa depan. mulai dari sekarang saya harus melatih kesabaran saya untuk menghindari diri dari hawa nafsu yang hanya menjerumuskan. saya melatih kesabaran saya dengan berpuasa dan sholat fardu tepat pada waktunya, selain itu saya juga berusaha menambah amalan sunnah diantaranya shalat dhuha dan shalat tahajud. saya yakin, dari proses perubahan saya menjadi hamba yang lebih baik ini akan membuahkan hasil yang manis di masa depan, saya percaya bahwa akan ada keberuntungan yang Allah siapkan untuk saya.

3. Daftar Mimpi

caranya: berusaha semaksimal mungkin untuk meraih mimpi, mendekatkan diri pada Allah sebagai upaya melakukan ikhtiar sekaligus tawakal. melakukan amalan sunnah secara disiplin, membangun keyakinan bahwa pasti Allah akan memberi petunjuk, berbuat baik pada orang orang disekitarnya. berbuat baik pada kedua orang tua.

4. praktik sholat lail