Forum: Aktualisasi Spirit Profesional Qurani.

Nurul Aqidatul Izzah

Nurul Aqidatul Izzah

by 1710505049 NURUL AQIDATUL IZZAH -
Number of replies: 0

Islam mengajarkan tiga aspek pada diri manusia, yaitu spiritual, intelektual, dan profesional, supaya dikembangkan secara seimbang. Kegiatan spiritual supaya dilakukan pada sepanjang waktu, melalui berdzikir atau mengingat Allah. Disebutkan di dalam al Qur'an pada surat Ali Imran ayat 190, bahwa ingat Allah hendaknya dilakukan ketika sedang berdiri, duduk, dan berbaring. Masih merupakan kegiatan spiritual lainnya adalah shalat, setidaknya dilakukan sebanyak lima kali dalam sehari semalam.

Selanjutnya, Islam juga mengajarkan agar manusia mengembangkan intelektual seluas-luasnya. Akal sedemikian penting dalam berbagai aktifitas. Banyak sekali ayat al Qur'an menyebut tentang betapa pentingnya seseorang menggunakan akalnya. Orang yang tidak menggunakan akalnya disebut bodoh. Islam mengajarkan agar kebodohan disingkirkan sejauh-jauhnya. Itulah sebabnya, islam mendorong umat manusia mengembangkan ilmu pengetahuan secara tidak terbatas, atau seluas-luasnya, dan hendaknya dilakukan sejak dari ayunan hingga masuk ke liang lahat. Dengan demikian, Islam memandang betapa pentingnya ilmu pengetahuan seharusnya dimiliki dan dikembangkan oleh siapapun. Islam melalui Al Qur'an menganjurkan agar manusia memikirkan penciptaan langit maupun bumi.

Terkait dengan konsep profesional, Islam mengajarkan tentang amal shaleh dan juga ikhsan. Beramal sama artinya dengan bekerja, sedangkan shaleh dapat dimaknai dengan tepat, sesuai, berkualitas dan atau terbaik. Bahkan Islam juga memiliki konsep ikhsan, yang artinya adalah terbaik. Tatkala memilih di antara yang baik-baik, sesuai dengan konsep ikhsan itu, maka hendaknya memilih yang terbaik. Ukuran terbaik, tentu harus dimaknai secara luas, mendalam, dan menyeluruh, yakni terbaik dalam berbagai perspektifnya.