Forum Muhasabah

Muhasabah

Muhasabah

by ERMA JULKRISMI 1611101018 -
Number of replies: 0

Kalimat Reflektif : 

1. Keimanan keyakinan kepada Allah SWT; Yakin dg sepenuh hati atas takdir dan rencana2 yang Allah berikan kepada setiap ummatnya. Serta meyakini bahwa sesuatu yang lebih baik akan datang pada waktu yang lebih baik dan lebih tepat. 

2. Pertaubatan; memohon ampun atas kesalahan2 yang diperbuat, Allah maha melihat atas apapun yang diperbuat oleh ummatnya baik itu larangan ataupun anjuran. 

3. Kesyukuran; bersyukur atas setiap keadaan dialami, bersyukur dalam setiap hari nya karna masih diberikan kesempatan dalam bertaubat, memperbaiki diri, bangkit dari kegagalan, ataupun bahagia dari sebuah hasil usahanya. 

4. Sabar dan Istiqomah; Hal ini tentu tidak mudah dilakukan, akan tetapi mendidik diri untuk menjadi pribadi yang sabar dan istiqomah dalam setiap perbuatan yang dikerjakan dalam setiap rencana2 yang dilakukan sangatlah penting, asal niat utamanya Karna Allah SWT. 

5. Doa; Berdoalah dengan detail apa yang kamu inginkan, ucapkan curah rasa yang kamu alami kepada Allah SWT Yang Maha Mendengar lagi Maha Melihat. sebelum itu jangan lupa mengawali setiap doamu dengan mengucapkan istigfar, Allah sangat menyukai ummat yang hanya berharap kepada-Nya. 


Plan memperbaiki diri, InsyaaAllah Karna Allah SWT; tidak ada ummat yang sempurna kecuali Nabi Muhammad Saw, setiap ummat pasti melakukan kesalahan baik disengaja ataupun tidak disengaja. sehingga tugas ummatnya yaitu memperbaiki diri dari setiap kesalahan dengan menjadi pribadi yang mendekatkan diri kepada Allah SWT. 


Daftar mimpi; Sangat banyak sekali daftar mimpi yang saya rencanakan, kalau bisa semua yang saya kerjakan bisa disebut dengan "mimpi". Apa saja yg saya lakukan dengan mimpi2 tersebut?... Ya, setiap ummat berhak mempunyai mimpi, baik itu mimpi yang sederhana ataupun mimpi yang setinggi langit, yang saya lakukan dengan mimpi saya yaitu, adanya usaha, doa, sholat, istigfr, dan yang paling penting adalah Shalawat nabi. walaupun nantinya belum tentu mimpi itu akan terwujud pd waktu yang kita inginkan, maka percayalah mimpi tersebut akan terwujud pd waktu yang pas dan lebih baik menurut Allah SWT. 

sekian terimakasih:)