Forum Muhasabah

Assignment Muhasabah

Re: Assignment Muhasabah

by EKO 1610201223 -
Number of replies: 0

1.   5 kalimat reflektif yang maknanya tentang

-Keimanan keyakinan kepada Allah

Di antara sifat orang beriman adalah selalu memohon dan berdo’a kepada Allah SWT agar selalu diberikan keteguhan di atas kebenaran. Dalam Al-Qur’an Allah memuji orang-orang yang beriman dan memiliki keyakinan yang selalu beroda kepada-Nya unutki meminta keteguhan hati dalam menghadapi suatu ujian.-Keinsyafan atau pertaubatan

Segala dosa yang telah dilakukan manusia tentu saja bisa diampuni oleh Allah asalkan mau bertaubat. Jika kita melalakukan dosa ataupun kesalahan segeralah bertaubat karena Allah selalu memaafkan hambanya karena Allah Maha pengampun.

-Kesyukuran

Terkadang kita sering lupa melihat kebawah tidak hanya melihat orang-orang diatas kita. Kita sering kali lupa bahwa banyak sekali yang sudah Allah berikan kepada kita, akan tetapi kita selalu merasa kurang. Terutama di era digital sekarang ini, dengan media sosial terkadang tanpa sadar kita membanding-bandingkan diri kita kepada orang lain, padahal belum tentu hal tersebut baik untuk kita.

-Istiqomah

Istiqomah dapat mencangkup pelaksanaan semua bentuk ketaatan kepada Allah SWT baik lahir maupun batin menjalankan seluruh perintahnya dan menjauhi seluruh larangannya. Ketika kita ingin menjalankan perintahNya dan menjauhi larangan-Nya terkadang goyah sehingga tidak istiqomah seutuhnya. Menjaga agar selalu istiqomah bukanlah hal yang mudah dan banyak sekali cobaannya. Akan tetapi seberat apapun itu kita wajib menjaganya.

-Sabar

Kita bersama-sama tau bahwa kesabaran merupakan suatu kekuatan manusia dalam menjalankan kehidupan. Dengan bersabar terutama dalam menghadapi cobaan Allah akan mengangkat derajat kita menjadi lebih baik lagi.

-Doa

Doa merupakan sesuatu yang biasa dan sering kita lakukan sehari-hari. Doa bahkan dapat menjadi salah satu cara kita untuk berkomunikasi dengan Allah.

2. Susunlah rencana untuk memperbaiki diri, apa saja yang akan di lakukan?

Mengevaluasi diri, mencari tau apakah yang selama ini dilakukan sudah benar atau salah, jika benar dipertahankan dan jika salah berusahan untuk memperbaiki dan menjadikannya sebagai pelajaran agar tdk dilakukan kembali, agar dapat menjadi manusia yang lebih baik lagi, selalu menjaga shalat, lebih ikhlas lagi jika sesuatu tidak berjalan sesuai keinginan.

3. Buatlah daftar  mimpi yang ingin dicapai dan bagaimana cara mencapainya, termasuk bagaimana cara mendekatkan diri pada Allah agar mimpi tercapai..

Selalu berusaha dan ikhtiar kepada Allah, tidak putus aja dan selalu berdo’a kepada Allah, menjalankan semua apa yang diperintahkan-Nya serta menjauhi apa yang dilarang.