Forum Diskusi Mahasiswa 07/10/2021

Menjawab pertanyaan dari yultonik

Menjawab pertanyaan dari yultonik

by 2010601022 SALSABILA NAILUNNUHA -
Number of replies: 0

Salsabila Nailunnuha 2010601022

Menurut Mulyadi karakteristik anggaran yang baik memiliki 3 ciri, diantaranya : 

1. Anggaran disusun berdasarkan program. Penyusunan program merupakan proses pengambilan keputusan mengenai program yang akan dilaksanakan oleh perusahaan dan penaksiran sumber yang dialokasikan kepada setiap program tersebut. Rencana jangka panjang yang dituangkan dalam program memberikan arah ke mana kegiatan perusahaan ditujukan dalam jangka panjang.

 2. Anggaran disusun berdasarkan karakteristik pusat pertanggungjawaban yang dibentuk dalam organisasi perusahaan. Tiap tipe pertanggungjawaban yang dibentuk dalam organisasi memiliki karakteristik yang berbeda satu sama lain, penyusunan anggaran yang tidak didasarkan pada karakteristik pengendalian masing-masing tipe pertanggungjawaban akan menghasilkan tolak ukur kinerja yang tidak sesuai dengan karakteristik kegiatan pusat pertanggungjawaban yang diukur kinerjanya.

 3. Anggaran berfungsi sebagai alat perencanaan dan alat pengendalian. Agar proses penyusunan anggaran dapat menghasilkan anggaran yang dapat berfungsi sebagai alat pengendalian, proses penyusunan anggaran harus mampu menanamkan “sense of commitment”  dalam diri penyusunannya. Proses penyusunan anggaran yang tidak berhasil menanamkan “sense of commitment ” dalam diri penyusunannya berakibat anggaran yang disusun tidak lebih hanya sebagai alat perencanaan belaka.