Forum Diskusi Lingkungan Pemasaran Global

Penjelasan Diagram Lingkungan Pemasaran Global

Penjelasan Diagram Lingkungan Pemasaran Global

by 9108221902488 ERA AGUSTINA YAMINI -
Number of replies: 8

Pada slide 29 terdapat gambar diagram lingkunga pemasaran global. Terdapat 2 lingkungan, yaitu lingkungan yang dapat dikendalikan dan lingkungan yang tidak dapat dikendalikan. Menurut teman-teman lingkungan mana kah yang paling penting untuk dipahami dan diperhatikan? jelaskan mengapa...

In reply to 9108221902488 ERA AGUSTINA YAMINI

Re: Penjelasan Diagram Lingkungan Pemasaran Global

by 1910301120 GHINA NABILLA CLAUDIA -

izin menjawab ibu, menurut saya lingkungan pemasaran global yang penting untuk kita pahami adalah lingkungan yang dapat dikendalikan. yang mencangkup harga,produk,promosi dan distribusi hal ini penting untuk kita pahami karna kenapa agar mampu menyesuaikan arah dan strategi agar bisa terus berjuang di tengah lingkungan yang tidak menentu.

In reply to 9108221902488 ERA AGUSTINA YAMINI

Re: Penjelasan Diagram Lingkungan Pemasaran Global

by 1910301125 LUTHFI ANGGIA SASTIWI -

Izin menjawab bu, menurut saya lingkungan yang paling penting untuk dipahami dan diperhatikan aadalah linngkungan yang tidak dapat dikendalikan. Hal ini karena pemasar dapat menciptakan inovasi ide baru, meng-upgrade rencana pemasaran dengan berlandaskan informasi dan penyesuaian lingkungan eksternal yang selalu berubah. Jika pemasar tidak memahami dan memperhatikan lingkungan eksternal maka teknik dan konsep pemasarannya akan tertinggal zaman dan tidak bisa bersaing dengan kompetitor. Selanjutnya, harga, produk, promosi, dan distribusi dapat disesuaikan tetapi tidak kalah penting.

In reply to 9108221902488 ERA AGUSTINA YAMINI

Re: Penjelasan Diagram Lingkungan Pemasaran Global

by 1910601007 ERPIYANTI -

Izin menjawab bu, menurut saya yang paling penting untuk dipahami dan diperhatikan adalah lingkungan yang dapat dikendalikan. Mengapa? Karena perusahaan harus mampu menyesuaikan diri dengan pasar yang akan dituju sehingga strategi yang telah ditetapkan oleh perusahaan seperti produk, harga, promosi, dan distribusi bisa dijalankan. 

In reply to 9108221902488 ERA AGUSTINA YAMINI

Re: Penjelasan Diagram Lingkungan Pemasaran Global

by 1910301045 BAIQ NURUL HASNAWATI -

Izin menjawab bu..

Menurut saya kedua lingkungan tersebut sangat penting dan perlu diperhatikan, karena saling berkaitan saat memasuki dunia pemasaran. 

1. Lingkungan yang dapat dikendalikan :

• Lingkungan pemasaran internal, yang mencakup perencanaan produk, penetapan harga, promosi, dan saluran distribusi (tempat)

• Lingkungan internal non-pemasaran, yang mencakup bagian manajemen puncak, bagian keuangan, pembelian, bagian manufaktur, dan bagian akuntansi.

2. Lingkungan yang tidak dapat dikendalikan :

• Lingkungan mikro yang langsung berkaitan dengan perusahaan yang mempengaruhi kemampuannya untuk melayani pasar, di antaranya adalah perusahaan, pemasok (pemasok), perantara pemasaran, konsumen, para pesaing (pesaing), dan masyarakat umum.

• Lingkungan makro yang terdiri dari kekuatan-kekuatan yang bersifat lebih besar dan mempengaruhi semua pelaku dalam lingkungan mikro perusahaan, di mana perusahaan harus memulainya atas peluang dan kemungkinan ancaman. Lingkungan makro perusahaan terdiri dari tujuh kekuatan utama: faktor kependudukan (demografi), ekonomi, geografi, teknologi, politik, dan kekuatan sosial/budaya.

Dari penjelasan tersebut dengan jelas bahwa kedua lingkungan ini harus diperhatikan dan dipahami.. terima kasih, mohon maaf apabila kurang tepat 🙏🏻

In reply to 9108221902488 ERA AGUSTINA YAMINI

Re: Penjelasan Diagram Lingkungan Pemasaran Global

by 1910301047 SAFIKA DITA -

Izin menjawab bu, menurut saya yang paling penting untuk dipahami dan diperhatikan adalah lingkungan yang dapat dikendalikan yang mencakup harga yang dimana harus ditentukan berdasarkan analisa mendalam. Tidak hanya berdasarkan harga pesaing, tetapi juga disesuaikan dengan daya beli target, kemudian Produk juga Setiap perusahaan harus memiliki perencanaan yang baik dalam memproduksi barang/jasa , dan sebagainya, kemudian saluran distribusi ( tempat) Maksud dari tempat di sini adalah di mana sebuah produk dipasarkan. Semakin strategis atau mudah diakses oleh pasar, maka akan semakin meningkat penjualannya, dan Promosi adalah strategi yang digunakan untuk mengenalkan produk ke pasar. Ada banyak aspek yang bisa dimanfaatkan, Jika seorang pemasar mampu mengemas pesan dengan baik, maka mampu menarik perhatian pasar.Apabila semua hal tersebut dapat dimanfaatkan secara maksimal, maka bisa membantu perusahaan untuk meraih tujuannya.

In reply to 9108221902488 ERA AGUSTINA YAMINI

Re: Penjelasan Diagram Lingkungan Pemasaran Global

by 1910601023 MOH AZHARUL IKHSAN -

Menurut saya lingkungan pemasaran yang paling penting  dipahami dan diperhatikan adalah lingkungan yang dapat dikendalikan, hal ini berkaitan dengan produk, harga, promosi dan distribusi. Kenapa demikian? Karena lingkungan tersebut pada dasarnya adalah element-element  pemasaran yang dapat produsen kuasai, dalam artian bagaimana perusahaan dapat Sukses memenangi Persaingan pasar bergantung pada bagaimana kualitas produk  ditawarkan, bagaimana strategi pemasaran diterapkan, bagaimana nominal harga produk ditetapkan, dan bagaimana distribusi produk dapat menjangkau konsumen dengan efektif dan Efisien. Sehingga dapat disimpulkan bahwa lingkungan pemasaran yang dapat dikendalikan merupakan suatu peluang yang harus benar2 diperhatikan produsen untuk memenangi persaingan dengan kompetitor.. 

Sedangkan lingkungan pemasaran yg tidak dapat dikendalikan (regulasi /hukum, iklim ekonomi, dan struktur persaingan) merupakan suatu tantangan bagi produsen bagaimana mereka dapat survive dengan kondisi lingkungan pemasaran yang berada diluar kendali mereka. Oleh karena itu ketika produsen merencanakan pendirian perusahaan global,  mereka  seharusnya sudah paham dengan regulasi negara tujuan, keadaan atau iklim ekonomi ekonomimya, dan juga tingkat persaingan yang ada. Sehingga ketika produsen paham, mereka dapat menyesuaikan dengan  menentukan Berbagai  macam strategi yang tepat diberlakukan. 


Kesimpulan: Menurut saya kedua lingkungan tersebut sama - sama penting untuk dipahami dan diperhatikan. Akan tetapi yang paling penting dari keduanya adalah lingkungan yang dapat dikendalikan, dalam Hal ini saya mengibaratkan lingkungan yg dapat dikendalikan sebagai pengambilan keputusan atau eksekusi atas respon terhadap lingkungan yg tidak dapat dikendalikan. contoh, daya beli masyarakat pada negara A mempengaruhi tingkat harga produk yang ditawarkan produsen,tingginya persaingan terhadap  kompetitor mengharuskan produsen untuk berinovasi agar dapat memenangkan persaingan pasar. 

In reply to 9108221902488 ERA AGUSTINA YAMINI

Re: Penjelasan Diagram Lingkungan Pemasaran Global

by 1910301175 ANNISA RIMA CITRIANI NUR -

Menurut saya keduanya sangat penting untuk dipahami, namun fokus yg diperhatikan adalah lingkungan yang bisa kita kendalikan, mengapa?

karena berkaitan dengan produk, promosi, dan harga jual maka sebagai produsen harus bisa melihat target pasarnya, menyesuaikam harga dan fungsi, meningkatkan promosi, dan terus berinovasi. Produsen juga harus bisa menyeimbangkan permintaan dan produksi, serta  menyusun strategi. Jeli dalam memilih mitra kerja serta melihat peluang yang ada juga sangat penting, jangan memaksakan diri untuk masuk ke industri pemasaran global namun pada kenyataan nya tidak bisa bertahan lama diantara jajaran pesaing.


Hal yang tidak dapat dikendalikan seperti politik, iklim ekonomi dan struktur pesaing akan dijadikan sebagai pertimbangan dalam menyusun strategi marketing bisnis, kedepannya barang produksi tidak hanya dibuat berdasarkan permintaan namun juga dirancang agar terus dapat bertahan dipasaran.

In reply to 9108221902488 ERA AGUSTINA YAMINI

Re: Penjelasan Diagram Lingkungan Pemasaran Global

by IBNU KHAKAM WIRAYUDA -

Izin menjawab bu..

Atas nama Ibnu Khakam Wirayuda (1910601025).


Menurut saya kedua lingkungan pemasaran global tersebut sangat penting dan keduanya perlu diperhatikan karena saling berkesinambungan, sebagai contohnya adalah seperti faktor budaya yang merupakan faktor yang dapat mempengaruhi bagaimana cara kita berpromosi, ketika budaya pada suatu tempat tidak memperbolehkan rokok diiklankan secara terang-terangan (menunjukkan batang rokok) maka cara berpromosinya juga perlu disesuaikan dengan tidak menunjukkan batang rokoknya secara langsung. begitupula dengan faktor-faktor yang lainya. Jadi kalau menurut saya kedua lingkungan peasaran global tersebut saling berkesinambungan dan perlu diperhatikan keduanya.