Forum Diskusi Mahasiswa 30/12/2021

Topic 11

Re: Topic 11

by 1910601013 SEFTI NOVITA -
Number of replies: 0
Assalamualaikum izin menjawab pertanyaan mba Aisyah

Nama : sefti Novita

Nim: 1910601013


Faktor-faktor yang akan mempengaruhi persediaan barang-barang pada perusahaan, ada beberapa macam, di mana satu sama lain saling berhubungan, yakni sebagai berikut:

 sebuah. Perkiraan kebutuhan barang perkiraan sebelum kegiatan pembelian atau pemesanan barang dilakukan, maka manajemen harus memperkirakan barang yang akan dijual pada suatu periode. Perkiraan kebutuhan barang yang akan dijual merupakan perkiraan tentang berapa kebutuhan perusahaan akan barang untuk proses pemasaran atau proses produksi bahan baku. 

B. Harga dari barang dagangan Harga dari barang-barang menentukan besar kecilnya persediaan barang. Harga dari barang dagangan merupakan penentu berapa dana yang harus disediakan untuk pengadaan barang dagangan. 

C. Biaya-biaya persediaan Biaya-biaya persediaan Diperhitungkan dalam menghitung perkiraan persediaan. Dalam memuat analisis tentang biaya-biaya persediaan yang dikenal adanya dua jenis, yaitu biaya-biaya yang semakin besar dengan bertambahnya rata-rata persediaan, dan biaya-biaya yang semakin kecil dengan semakin kecilnya persediaan. 

D. Kebijakan pembelanjaan kebijaksanaan keuangan Kebijaksanaan pembelanjaan berhubungan dengan seberapa jauh persediaan barang dagangan akan mendapatkan dana.

e. Kebutuhan senyatanya permintaan aktual Kebutuhan akan barang yang senyatanya dalam waktu-waktu yang lalu harus diperhatikan. Berapa besar kebutuhan barang dagangan serta bagaimana perkiraan kebutuhan yang telah dibuat untuk periode yang berkutnya harus diperhatikan dan dianalisis. Dengan demikian maka dapat diperkirakan kebutuhan penjualan barang lebih mendekati kenyataan.

F. Waktu tunggu lead time Waktu tunggu adalah waktu yang dibutuhkan untuk menunggu barang yang akan datang sebelum saat pemesanan. Waktu yang perlu diperhatikan karena erat dengan saat pemesanan kembali memesan kembali. 

Dengan diketahuinya waktu tunggu yang tepat maka proses produksi tetap terjamin sedangkan-biaya persediaan dapat ditekan seminimal mungkin. Maka perusahaan dapat memperoleh keuntungan dari pelanggan dan tidak akan mengecewakan pelanggan karena kebutuhan pelanggan tetap ada dalam perusahaan, serta pelanggan tidak akan pindah tempat dalam membeli kebutuhannya.