Forum Diskusi Mahasiswa 14/12/2021

VERAWATI (2010601010)

Re: VERAWATI (2010601010)

by 2010601038 NIKEN SEPTI TRISNAWATI -
Number of replies: 0

1. Ajuka Business Plan

Cara pertama agar bisa mendapatkan modal ventura adalah membuat business plan (rencana bisnis). Buatlah business plan yang baik untuk diajukan kepada pemodal. Kalian bisa membuat business plan yang berisi tentang usaha yang sedang dirintis. Gunakan gaya bahasa yang baik dan sederhana untuk menjelaskan profil bisnis. Berikan data yang akurat dan lengkap agar pemodal bisa memahami bisnis yang dijalankan sekaligus menghindari kesalahpahaman.

2. Datang ke Pameran Startup

Cara mendapatkan investasi berikutnya adalah mengunjungi pameran startup. Umumnya, dalam pameran startup atau UMKM akan dihadiri oleh banyak investor yang sedang mencari startup untuk disuntikkan dana. Tak hanya itu, biasanya panita juga akan menyediakan sesi khusus dalam acara yaitu tatap muka langsung dengan investor. Maka di sini, selain bisa mengambil kesempatan untuk memperoleh pendanaan, Anda bisa membangun networking lain untuk meningkatkan performa perusahaan startup.

3. Due Diligence

Jika proposal bisnis yang Anda ajukan menarik perhatian pihak investor, maka bersiap-siaplah untuk lanjut ke tahap pertemuan. Dalam tahap ini, biasanya Anda akan melakukan presentasi langsung dengan investor. Siapkan fisik dan mental karena proposal bisnis Anda akan diuji oleh investor, dimana nantinya akan ada pertanyaan-pertanyaan menyangkut rencana bisnis dan kemungkinan risiko permasalahan yang akan terjadi. Selanjutnya, Anda harus bisa memberikan jawaban dan penyempurnaan apabila nantinya ada masukan dari investor.

4. Tanda Tangan Perjanjian Kerjasama

Tahap selanjutnya adalah tanda tangan perjanjian atau kesepakatan kerjasama. Investor dan perusahaan akan saling membuat perjanjian apabila memang dalam tahap uji kelayakan, perusahaan dinyatakan lolos. Keduanya akan menyelesaikan urusan administrasi dan dokumen legalitas yang diperlukan. Dalam kesempatan ini, Anda juga bisa melakukan negosiasi terkait bagi hasil keuntungan dan tanggung jawab atas risiko kerugian yang dicantumkan dalam dokumen perjanjian. Setelah semua selesai, maka investor akan memberikan dana kepada perusahaan Anda untuk digunakan sebagai pengembangan bisnis dan lainnya. 


Yang perlu kita lakukan hanyalah menonjolkan nilai tinggi dan potensi pertumbuhan yang pesat dari bisnis kita. Jadi, kita tak perlu ragu untuk mengajukan proposal permintaan investasi lewat Modal Ventura