Forum Diskusi Mahasiswa 14/12/2021

Diversifikasi

Re: Diversifikasi

by 1810601006 APRILLIA ISMAWATI -
Number of replies: 0
waalaikumsalam

saya aprillia ismawati nim 1810601006 izin menjawab, 

Diversifikasi merupakan salah satu strategi dalam operasional bisnis. diversifikasi adalah praktik memvariasikan usaha, produk, investasi, jenis aset, dan sebagainya guna mengurangi risiko. Dalam operasional bisnis, perusahaan yang bergantung pada satu produk akan terpapar risiko lebih tinggi apabila produk tersebut gagal di pasaran. 

Itu sebabnya, perusahaan perlu melakukan diversifikasi dengan menghasilkan produk atau jasa lainnya agar perusahaan terhindar dari risiko. selain mengurangi risiko karena ketergantungan pada satu produk atau jasa, mendiversifikasi usaha berarti semakin banyak peluang keuntungan yang bisa didapatkan. Diversifikasi disini mencoba peluang keuntungan dari produk atau jasa lainnya. Apabila perusahaan mengalami penurunan pendapatan dari penjualan salah satu barang atau jasa, perusahaan masih bisa mendapatkan keuntungan dari produk atau jasa lainnya. 

Bagi banyak perusahaan besar, diversifikasi adalah lazimnya memperluas bisnis yang masih berkaitan bisnis inti perusahaan. Ini karena ada risiko besar apabila perusahaan memutuskan berekspansi ke bisnis yang tidak berhubungan dengan bisnis inti. Sebagai contoh, sebuah perusahaan produsen tepung terigu akan melakukan diversifikasi ke bisnis lainnya seperti menjadi produsen mi instan karena bahan bakunya masih terkait dengan tepung terigu.

terima kasih