Forum Diskusi Mahasiswa 09/12/2021

Topik 8

Re: Topik 8

by 1910601008 WINDA WULANDARI -
Number of replies: 0

Assalamualaikum wr.wb.

Nama : Winda Wulandari

Nim : 1910601008

Prodi : Manajamen

Ijin menjawab pertanyaan nya

1. masih banyak instansi yang mengandalkan Microsoft Office Excel dalam menyusun perencanaan anggaran. Untuk Instansi yang memiliki banyak unit, akan ada kerepotan tersendiri dalam melakukan penggabungan semua data proposal anggaran dalam bentuk excel. Belum lagi jika unit kerja menyusun format yang berbeda-beda, akan menambah pekerjaan untuk menyamakan formatnya.

2. Hal ini hampir sering terjadi di beberapa instansi. Menyalin anggaran tahun lalu yang kemudian menaikkan nominalnya hanya satu persen merupakan jalan pintas untuk menyusun anggaran dengan cepat. Tentunya hal ini tidak disarankan karena kunjungan ke instansi berbeda setiap tahunnya, yang juga akan berpengaruh pada kegiatan-kegiatan yang dianggarkan pada tahun tersebut.

3. Pentingnya penyeragaman biaya (standar biaya) untuk setiap jenis biaya atau belanja adalah untuk mengurangi potensi “kecemburuan sosial” antara unit-unit pengguna anggaran. Sayangnya sering kali di beberapa instansi belum memiliki standar biaya yang bisa dijadikan patokan. Hasilnya, tidak ada kendali pada unit pengguna anggaran dalam mengusulkan anggaran biaya yang disajian dan bisa saja bagian perencanaan anggaran di pusat akan menemukan biaya-biaya tertentu yang dapat menyebabkan relatif banyak.

4. Penyebab dari keterlambatan dalam pengajuan anggaran bisa dari banyak faktor. Misalnya saja karena media pengajuan anggaran yang masih offline. Di beberapa institusi menampilkan hal yang sama yaitu kesulitan mereka dalam menggabungkan dokumen pengajuan anggaran dari unit-unit kerja di bawah kantor pusat. Hal ini menyebabkan “kerja ekstra” bagi bagian perencanaan kantor pusat untuk menerjemahkan kemudian menggabungkan pengajuan unit kerja satu dengan lainnya. Belum lagi karena unit kerja terlambat mengumpulkan dokumen anggaran, kantor pusat pun tidak bisa melihat sejauh mana sebuah unit kerja dalam mengajukan pengajuan anggarannya karena masih menggunakan media offline.


5. Proses pengajuan anggaran tidak lepas dari yang namanya “Persetujuan” oleh pimpinan. Tinjau anggaran dari pimpinan sangat penting untuk memastikan para pengguna anggaran tidak mengusulkan anggaran yang tidak sewajarnya. 



- untuk solusinya

1. Buat jadwal proses penganggaran, mulai dari jadwal pengajuan anggaran, jadwal review pengajuan anggaran hingga jadwal terbitkan anggaran. Jadwal akan membantu dalam menentukan target dan prioritas pekerjaanya


2. Alat bantu yang sangat penting untuk memudahkan kita menjalankan proses penganggaran. Alat bantu berupa Sistem Informasi yang berbasis web sangat disarankan untuk diakses kapanpun dan dimanapun.