Forum Diskusi Mahasiswa 07/12/2021

Pertanyaan topik 8

Re: Pertanyaan topik 8

by 213103077 Imaniar Rizka Amelia -
Number of replies: 0
Saya Imaniar Rizka Amelia 2119907002 izin menjawab pertanyaan dari mbak Istifadatul Yunaidah..


 Misalnya ilustrasi pada:

 1. Pengendalian risiko pada sebuah swalayan. Pada saat awal bulan maka akan terjadi peningkatan penjualan, sehingga risiko tinggi yang bisa di timbulkan pada momenttersebut, justru pihak toko tidak mempersiapkannya dengan baik sehingga barang banyak yang kosong dan penjualan tidak maksimal. Pengendalian risiko yang bisadilakukan yakni disaat minggu ke-2 setiap bulannya, harus ada pengecekan dan pengorderan maksimal dari pihak toko menghadapi awal bulan. 


 2. Pendanaan Risiko pada pemilik motor pribadi. Mereka menyisihkan dana tertentusecara periodik misalnya sebesar 1% dari penghasilan yang ditujukan untukmembiayai kerugian akibat dari risiko kerusakan motornya. Dari risiko normaltersebut pendanaan dilakukan menggunkan dana yang sudah disisihkan sebelumnya. 


 3. Asuransi pada sebuah perusahaan. Misalnya saja perusahaan tersebut berisiko tinggimengalami kerugian, sehingga perusahaan tersebut memilih untuk mengasuransikan perusahaannya untuk mengalihkan risiko tersebut. Pertanggungan kerugian inimenyangkut perusahaan yang dirugikan oleh suatu sebab yang dapatmenghentikan/menghambat kegiatan perusahaan. Ganti kerugiannya biasanyadidasarkan kepada keuntungan kotor yang terlepas karena terhentinya kegiatan perusahaan tersebut.