KULIAH TEORI SISTEM RESPIRASI

Diskusi Sistem Respirasi Kelas A

Diskusi Sistem Respirasi Kelas A

by Nidatul Khofiyah -
Number of replies: 182

Assalamu'alaikum wr.wb..

Salam semangat di hari kamis ini.. Semoga semua sehat selalu..

Mari kita mulai perkuliahan dengan membaca basmallah terlebih dahulu.. Kemudian silakan menyimak video materi sistem respirasi disni.. Kemudian silakan bila ada pertanyaan atau hal-hal yang akan diklarifikasi bisa berdiskusi dlm forum ini..

Selamat belajaar.. Semoga menyenangkan dan bermanfaat..



In reply to Nidatul Khofiyah

Re: Diskusi Sistem Respirasi Kelas A

by 2110101006 MONIKA JUMARNIS -

Assalamualaikum ibu dan teman teman saya Monika Jumarnis (2110101006) izin bertanya.Ā 

Pada materi yang telah disampaikan penyakit kanker paruparu salah satunya disebabkan karena sering merokok. Bagaimana dengan pernyataan yang beredar dimasyarakat bahwa sering mandi dimalam hari atau penggunaan kipas maupun AC terlalu sering menyebabkan paru paru basah. Pertanyaannya apakah hal tersebut memang benar fakta atau mitos dan penjelasannya bagaimana ya ibu

Terima Kasih Wassalamuallaikum warahmatullahi wabarakatuh.Ā 

In reply to 2110101006 MONIKA JUMARNIS

Re: Diskusi Sistem Respirasi Kelas A

by 2110101009 AZIRA SYIFFA RAMADHANI -

Assalamu'alaikum wr.wb. Saya izin menjawab pertanyaan dari Mba Monika

Nama : Azira Syiffa Ramadhani

NIM : 2110101009

Mandi pada malam hari merupakan hal yang paling sering dilakukan oleh orang-orang terutama yang memiliki kesibukan. Pendapat yang mengatakan bahwa mandi pada malam hari dapat menyebabkan paru-paru basah adalah hoax, sebab sampai saat ini tidak ada bukti penelitian ilmiah yang membuktikanĀ mandi malam hariĀ dapatĀ menyebabkan paru-paru basah.Ā MenurutĀ American Lung Association, paru-paru basah atau pneumonia disebabkan oleh berbagai macam bakteri, virus, dan jamur di udara yang dihirup.

Untuk penggunaan kipas maupun AC dalam jangka waktu yang lama memang berbahaya bagi kesehatan namun tidak menyebabkan penyakit paru-paru basah. Dokter spesialis paru konsultan dari RS Persahabatan, dr Sita Andarini, SpP(K), mengatakan bahwa kabar tersebut adalah mitos. Ia menjelaskan paru-paru basah itu sebenarnya istilah awam, dalam istilah medisnya efusi pleura atau cairan yang ada di rongga pleura, Cairan dalam rongga pleura bisa disebabkan karena berbagai macam hal, contohnya dengan orang dengan infeksi TB, pada pasien kanker paru, atau pasien gagal jantung dan tidak berhubungan dengan kipas angin. Ia menambahkan Meski tidur di depan kipas angin atau AC tidak menyebabkan paru-paru basah, tapi kebiasaan ini tetap harus dikurangi.

Sekian dari saya, mohon dikoreksi apabila keliruĀ šŸ™

In reply to 2110101006 MONIKA JUMARNIS

Re: Diskusi Sistem Respirasi Kelas A

by Nidatul Khofiyah -

Kita kembalikan lagi ya sesuai dengan etiologi penyakit bahwa paru-paru basah atau flek paru atau TBS disebabkan oleh bakteri mycobacterium tuberculosis dan cara penularaanya melalui droplet penderita.

Sebelumnya mungkin kita fokus pada topik anatominya ya mbak, anatomi sistem respirasi..

In reply to 2110101006 MONIKA JUMARNIS

Re: Diskusi Sistem Respirasi Kelas A

by 2110101008 PITA ANINGSIH -

Assalamualikum wr.wb

Nama: Pita Aningsih

Nim: 2110101008

Saya Izin menjawab pertanyaan dari mbak Monika Jumarnis


Ā  Ā Sering mandi di malam hari menyebabkan paru-paru basah itu hanyalah mitos (tidak benar adanya) . Paru-paru basah atauĀ pneumoniaĀ terjadi karena peradangan yang menyerang bagian kantung udara pada paru-paru, sehingga kantung terisi dengan cairan maupun nanah yang berujung pada terjadinya kesulitan bernapas.Ā Ā Namun, peradangan ini tidak terjadi karena kamu mandi pada malam hari, tetapi karena infeksi yang disebabkan bakteri, virus, atau jamur. Sebaliknya, mandi malam bagi pengidap pneumonia bisa membantu melancarkan jalan napas, sehingga tidur pun jadi lebih nyenyak.

Ā  Ā Ā Paru-paru basah atau pneumonia adalah suatu penyakit peradangan pada sistem pernapasan yang disebabkan oleh infeksi, jamur, bakteri atau kuman. Pneumonia bukanlah penyakit biasa, penyakit ini jika tidak ditangani sedini mungkin bisa sampai menyebabkan kematian.Ā Namun tenang saja, paru-paru basah atau pneumonia karena AC dan kipas angin itu hanyalah mitos.Ā Menurut dr. Hascaryo Nugroho, Sp.PD., dari Rumah SakitĀ Ken Saras Semarang, paparan AC dan kipas angin tidak berpengaruh langsung pada paru-paru.Ā Penyakit pneumoniaĀ sendiri akan lebih mudah menyerang bila pertahanan tubuh sedang rendah. Bila tubuh terpelihara dengan baik dan asupan gizi terpenuhi, maka pneumonia pun bisa dihindari.Ā Selain itu, "Penggunaan AC dan kipas angin tidak terbukti menyebabkan penyakitĀ paru-paru basahĀ atau pneumonia, namun sebaiknya memang jangan langsung diarahkan ke badan."Ā Lalu, biasakan mengganti pakaian seusai beraktivitas.Ā Terutama ketika badan dibasahi oleh keringat dan Anda tidur di ruangan yang dingin.


Sekian, Terimaksih

Wassalamualikum wr.wb

In reply to Nidatul Khofiyah

Re: Diskusi Sistem Respirasi Kelas A

by 2110101034 LIA AGUSMARLINA -
Assalamualaikum ibu izin bertanya,sekarang dengan marak nya virus korona,yang ingin saya tanyakan apakah virus korona dapat menyerang sistem respirasi? Dan apa akibatnya jika korona tersebut menyerang sistem respirasi?
In reply to 2110101034 LIA AGUSMARLINA

Re: Diskusi Sistem Respirasi Kelas A

by 2110101050 MILA NOVIKA SARI -

Assalamu'alaikumĀ 

Mila Novika Sari

2110101050

Saya izin menjawab pertanyaan dari mbak LiaĀ 

Virus Corona dapat menyerang sistem respirasi karena Coronavirus adalah kumpulan virus yang dapat menginfeksi sistem pernapasan. Pada banyak kasus, virus ini hanya menyebabkan infeksi pernapasan ringan, seperti flu. Namun, virus ini juga bisa menyebabkan infeksi pernapasan berat, seperti infeksi paru-paru (pneumonia),Ā  Middle-East Respiratory Syndrome Ā (MERS), danĀ  Severe Acute Respiratory Syndrome Ā (SARS).

Ā Sekian terimakasih šŸ™


In reply to 2110101034 LIA AGUSMARLINA

Re: Diskusi Sistem Respirasi Kelas A

by Nidatul Khofiyah -

Corona virus memang yang diserang adalah sistem respirasi, makanya pencegahannya adalah prokes untuk perlindungan sistem respirasi..  Akibatnya banyak sekali ya mulai dari yang ringan sampai gejala berat. Silakan bisa disearching banyak sekali artikel saat ini terkait virus covid 19 ini..

In reply to 2110101034 LIA AGUSMARLINA

Re: Diskusi Sistem Respirasi Kelas A

by 2110101043 RIKE YULIANTI -

Waalaikumussam baik mbak Lia saya izin menjawab pertanyaannya

Nama : Rike Yulianti

Nim : 2110101043

Virus Corona atau severe acute respiratory syndrome coronavirus 2 (SARS-CoV-2) adalah virus yang menyerang sistem pernapasan. Penyakit akibat infeksi virus ini disebut COVID-19. Virus Corona bisa menyebabkan gangguan ringan pada sistem pernapasan, infeksi paru-paru yang berat, hingga kematian.

Severe acute respiratory syndrome coronavirus 2 (SARS-CoV-2) atau yang lebih dikenal dengan nama virus Corona adalah jenis baru dari Coronavirus yang menular ke manusia. Virus ini dapat menyerang siapa saja, mulai dari lansia (golongan usia lanjut), orang dewasa, anak-anak dan bayi, sampai ibu hamil dan ibu menyusui.


Bisa menyebabkan :

Ā 1) sakit tenggorokan


2) sesak nafas


3) batuk batuk

karena itu diperlukan masker untuk mencegah penyebaran virus corona.

untuk yang belum terkena virus, ada baiknya tidak menggunakan masker karena masker diperuntukkan untuk orang sakit dan tenaga medis. diwajibkan untuk mencuci tangan dengan 6 langkah.

Ā Terimakasih šŸ™


In reply to 2110101034 LIA AGUSMARLINA

Re: Diskusi Sistem Respirasi Kelas A

by 2110101005 RHANI ROSALINA -

Assalamu'alaikum wr.wbĀ 

Nama : Rhani rosalina

NIM : 2110101005


Izin menjawab pertanyaan mba Lia Agusmarlina.


Virus Corona dapat menyerang sistem respirasi. karena paru-paru dan saluran nafas menjadi fokus utama dalam penanganan COVID-19. Karena patogen SARS-CoV-2 terutama menyerang saluran pernafasan. Orang yang terinfeksi dan mengalami gejala sedang atau berat biasanya mengalami :Ā 

1. batuk kering

2. sesak napas

3. pneumonia

virus ini juga bisa menyebabkan infeksi pernapasan berat, seperti Middle-East Respiratory Syndrome (MERS), dan Severe Acute Respiratory (SARS).

Saat virus ini berkembang, mereka mulai menginfeksi sel-sel di sekitarnya. Lalu virus dengan cepat merambat masuk ke saluran pangkal paru-paru, hingga masuk ke paru-paru. Proses ini merusak jaringan pada paru-paru, membuat jaringan ini membengkak, sehingga lebih sulit bagi paru-paru untuk memasok oksigen dan menyalurkan keluar karbondioksida

In reply to Nidatul Khofiyah

Re: Diskusi Sistem Respirasi Kelas A

by 2110101059 DINA NOVITALIA UTAMININGSIH -

Assalamualaikum Wr.Wb ibu izin bertanya

Nama : Dina Novitalia Utaminingsih

NIMĀ  Ā  Ā : 2110101059

KelasĀ  Ā : A

Apa yang terjadi pada tenggorokan ketika sedang tidur dengan mulut terbuka, terutama bila hidung menghirup udara dari cuaca dingin. Maka apa yang akan terjadi pada paru-paru?

Sekian terimakasih, Wassalamualaikum Wr.Wb

In reply to 2110101059 DINA NOVITALIA UTAMININGSIH

Re: Diskusi Sistem Respirasi Kelas A

by 2110101051 TJAHYA PRAMUDYANING SUMANTRI -

Wallaikumsallam saya Tjahya Pramudyaning Sumantri dengan Nim 2110101051 izin menjawab pertanyaan dari mba dina.

Kebiasaan tersebut membuat udara jadi mengeringkan air liur yang menjagaĀ mulutĀ dan tenggorokan tetap lembab. Tak hanya tenggorokan kering,Ā tidur dengan mulut terbukaĀ juga menyebabkan bauĀ mulut, kelelahan di siang hari karena gangguanĀ tidur, mendengkur, dan berhenti napas saatĀ tidur.

Sekian jawaban dari saya dan mohon maaf bila ada kesalahan dalam menjawab.

In reply to 2110101051 TJAHYA PRAMUDYANING SUMANTRI

Re: Diskusi Sistem Respirasi Kelas A

by Nidatul Khofiyah -

Sudah tepat jawabannya mbak, terimakasih

In reply to 2110101059 DINA NOVITALIA UTAMININGSIH

Re: Diskusi Sistem Respirasi Kelas A

by 2110101009 AZIRA SYIFFA RAMADHANI -

Assalamu'alaikum wr.wb, Saya izin menjawab pertanyaan dari Mba Dina

Nama : Azira Syiffa Ramadhani

NIM : 2110101009

Pakar kesehatan tidur dari RS Medistra, Dr Rimawati Tedjasukmana, SpS, RPSGT mengatakan bahwa tidur dengan mulut terbuka merupakan tanda-tanda saluran napasnya tidak lancar. Paru-paru kekurangan oksigen, sehingga mulut akan membuka supaya udara yang masuk lebih banyak.Ā Menurut Dr Rima, saluran napas bisa terhambat atau tidak lancar karena otot-otot di sekitarnya menyempit. Kondisi ini bisa menyebabkan henti napas saat tidur atau sleep apnea, yang pada kondisi terparah bisa terjadi sampai 150 kali dalam semalam. Henti napas saat tidur memang tidak langsung memicu kematian mendadak, karena begitu paru-parunya kekurangan oksigen maka orang tersebut akan terbangun dengan gelagapan. Namun dalam jangka panjang, kondisi ini sangat mengganggu kualitas tidur dan mengurangi produktivitas.

Untuk pernafasan yang dilakukan dengan mulut pada saat udara dingin tentunya tidak dianjurkan, sebabĀ Udara yang dihirup lewatĀ mulutĀ langsung mengalir ke saluran napas tanpa disaring dan dilembapkan terlebih dahulu. Kondisi ini dapat menyebabkan berbagai masalah pernapasan dan kesehatan tubuh karena infeksi bakteri, virus, jamur, maupun parasit. Selain itu, hal ini juga dapat membuatĀ mulutĀ kering.Ā Kandungan oksigen di udara di tempat yang tinggi memang lebih sedikit dibanding di dataran rendah, oleh karena itu kadang di tempat yang tinggi nafas terasa menjadi lebih susah dan sesak.Ā Bila seseorang merasakan sesak nafas setiap kali udara menjadi dingin (tidak melihat apakah tempat tersebut termasuk dataran tinggi atau tidak), maka sebaiknya lakukan pemeriksaan keĀ dokter paruĀ untuk evaluasi lebih lanjut. Dokter dapat melakukan pemeriksaan langsung pada paru atau bisa menyaranakan untuk melakukan rontgen ataupun tes fungsi paru untuk melihat apakah terdapat penyakit tertentu pada paru anda.

Beberapa hal yang bisaĀ  dilakukan untuk mengurangi kemungkinan terjadinya sesak nafas di udara dingin:

  1. gunakan pakaian yang tebal dan berlapis
  2. balut longgar syal/scarf di sekitar hidung dan mulutĀ  agar bisa bernafas dengan udara yang lebih hangat dan lembab
  3. bila banyak berada di ruang ber-AC, cobalah lebih sering membersihkan ACĀ  dan juga gunakan pelembab udara atau humidifier di ruangan tersebut.
In reply to 2110101059 DINA NOVITALIA UTAMININGSIH

Re: Diskusi Sistem Respirasi Kelas A

by 2110101021 SYARAH KHAIRUNNISA RAMADHANI -

Assalamualaikum wr, wbĀ 

Saya Syarah Khairunnisa Ramadhani dengan Nim 2110101021

Saya izin menjawab pertanyaan dari mba Dita

Hal tersebut yang menyebabkan tidur mendengkur, apalagi jika tidur dengan mulut terbuka, maka saat itu, otot-otot di belakang atap mulut (soft palate), lidah, dan tenggorokan akan relaks. Jika otot-otot ini terlalu relaks, mereka akan mempersempit atau menghambat jalan pernapasan. Ketika bernapas, soft palate dan uvula akan bergetar dan membentur bagian belakang tenggorokan. Hal ini akan menimbulkan suara dengkuran. Semakin sempit saluran pernapasan, jaringan akan bergetar semakin kuat, dan bunyi dengkuran juga akan semakin keras. Breathing control adalah suatu teknik bernafas dengan menggunakan paru sisi bawah dan menghindari atau meminimalkan penggunaan otot-otot bantu nafas ( otot dada atas dan otot-otot bahu ) sehingga diperoleh suatu kondisi yang santai ( rileks ).

Mohon maaf jika jawabannya kurang tepat, untuk yang lainnya mungkin bisa menambahkan, Terimakasih

In reply to 2110101059 DINA NOVITALIA UTAMININGSIH

Re: Diskusi Sistem Respirasi Kelas A

by 2110101043 RIKE YULIANTI -

Assalamualaikum saya izin menjawab pertanyaannya mba DinaĀ 

Nama : Rike Yulianti

Nim : 2110101043

Menurut saya, ketika mulut terbuka, katup kerongkongan akan terbuka sedangkan katup tenggorokan akan tertutup dan dampaknya akan menghambat sistem pernafasan (hidung - tenggorokan - paru2)

Sama halnya ketika makan dinjurkan tidak berbicara. Hal ini dimaksudkan agar makanan tidak salah masuk. karena ada masanya kedua katup tersebut akan sama2 terbuka. Dan kita jadi tersedak. Fenomena lain ketika tersedak sebutir nasi masuk ke tenggorokan dan akan dikeluarkan melalui hidung.Ā 

Hembusan napas yang normal seharusnya terasa hangat sebab sebelumnya napas yang dihirup melalui hidung akan disaring terlebih dahulu dan dihangatkan oleh rongga hidung sebelum sampai paru-paru. Namun apabila napas yang masuk ke paru-paru terasa dingin artinya ada kemungkinan masalah yang terjadi pada organ pernapasan.

Terimakasih šŸ™

In reply to Nidatul Khofiyah

Re: Diskusi Sistem Respirasi Kelas A

by 2110101009 AZIRA SYIFFA RAMADHANI -

Assalamualaikum ibu dan teman-teman, Saya izin bertanyaĀ 

Nama : Azira Syiffa RamadhaniĀ 

NIM : 2110101009Ā 

Saya mau bertanya mengenai orang yang jika sudah bersin sekali, setelah bersinnya tidak berhenti sampai seharian penuh. Apakah ada gangguan pada sistem respirasinya? Dan apa cara yang dapat dilakukan untuk meminimalisir hal tersebut?

Sekian dan terima kasih bušŸ™šŸ»

In reply to 2110101009 AZIRA SYIFFA RAMADHANI

Re: Diskusi Sistem Respirasi Kelas A

by 2110101066 ARETA MAURINDHA PRATIWI -

assalamualaikum wrwbĀ 

saya areta maurinda nim 2110101066 ingin membantu menjawab pertanyaan dari mba azira

Ā gejala rhinitis yang umum adalah bersin terus-menerus,Ā Rhinitis (disebut jugaĀ hay fever) adalah peradangan yang disebabkan oleh zat alergen (zat penyebab alergi), seperti: bulu binatang, serbuk sari, debu, tungau, makanan, atau zat alergen lainnya. Sedangkan, rhinitis non-alergi adalah peradangan yang tidak disebabkan oleh alergi, melainkan oleh faktor lingkungan, kerusakan jaringan di dalam hidung, penggunaan dekongestan hidung berlebih, dan infeksi virus ataupun bakteri.


Rhinitis bisa diatasi dengan mengonsumsi obat-obatan tertentu, seperti antibiotik, dekongestan, atau antihistamin. Kamu juga bisa membersihkan saluran hidung untuk menjaganya dari penyebab iritasi. Namun, jika gejala rhinitis sudah parah, dokter mungkin akan merekomendasikan operasi, imunoterapi, atau perawatan lainnya.

terimakasih, mohon maaf jika jawaban saya kurang tepat. wassalamualaikum wrwb


In reply to 2110101009 AZIRA SYIFFA RAMADHANI

Re: Diskusi Sistem Respirasi Kelas A

by Nidatul Khofiyah -

Kita kembali fokus ya ini terkait dengan materi anatomi, belum masuk mata kuliah patofisiologi. Bersin bila sampai seharian bisa disebabkan karena alergi oleh paparan tertentu, untuk mencegahnya sebelumnya bisa pemeriksaan dlu apa pencetus alerginya untuk bisa menghindari aatu diberika pengobatan terkait alerginya.

In reply to 2110101009 AZIRA SYIFFA RAMADHANI

Re: Diskusi Sistem Respirasi Kelas A

by 2110101019 ARIS FATMALA -

Assalamualaikum wr wb bu izin bertanya

Nama : Aris fatmala

Nim : 2110101019

Kelas : AĀ 

Jelaskan apa yang mungkin terjadi pada paru-paru anda ketika berjalan jauh dalam cuaca sangat dingin saat bernafas cepat melalui mulut!

TerimakasihšŸ™šŸ™

In reply to 2110101019 ARIS FATMALA

Re: Diskusi Sistem Respirasi Kelas A

by 2110101008 PITA ANINGSIH -

Assalamualaikum wr.wb

Nama: Pita Aningsih

Nim: 2110101008

Izin menjawab pertanyaan dari mbak Aris


Ā kemungkinan yang terjadi pada paru-paru anda ketika berjalan jauh dalam cuaca sangat dingin saat bernafas cepat melalui mulut adalahĀ terlalu banyaknya embun yang masuk dalam paru"

penjelasannya:Ā Ā perbedaan suhu udara dengan suhu dalam tubuh dapat merubah udara dingin menjadi tetesan embun yang jika terlalu banyak masuk ke paru" bisa mengganggu proses pernafasan.Ā 

Sekian, mohon maaf kalau ada yang salah , Terimakasih

Wassalamualikum wr.wb


In reply to 2110101019 ARIS FATMALA

Re: Diskusi Sistem Respirasi Kelas A

by 2110101061 ARUM DEA PUSPITASARI -

waalaikumussalam wr. wb

Saya Arum Dea Puspitasari (2110101061) izin menjawab pertanyaan dari mba Aris Fatmala.

Terlalu banyak embun yang masuk dalam paru - paru, sehingga perbedaan suhu udara dengan suhu dalam tubuh dapat merubah udara dingin menjadi tetesan embun yang masuk pada paru - paru bisa mengganggu proses pernapasan.

sekian terimakasih, maaf bila ada kekurangan.

wassalamualaikum wr. wb

In reply to 2110101009 AZIRA SYIFFA RAMADHANI

Re: Diskusi Sistem Respirasi Kelas A

by 2110101053 FITRIYANTI JAYA -

Assalamualaikum wr.wb baik saya izin menjawab pertanyaan dari mba Azirah Syiffa Ramadhani

Nama: Fitriyanti jaya

Nim :2110101053

Seperti yang kita ketahuiĀ Bersin adalah bentuk pertahanan tubuh terhadap benda asing yang masuk ke dalam hidung. Ini adalah respon alami tubuh, terutama saat seseorang menghirup debu, polusi, zat alergen, hingga bakteri dan virus.Ā Saat benda asing masuk ke dalam hidung, rambut-rambut di dalamnya akan menyaring dan ā€œmemerangkapā€ benda asing tersebut. Setelahnya, rambut-rambut ini akan mengirimkan sinyal ke otak untuk mengeluarkan benda asing tersebut melalui mekanisme bersin.Ā Jika kamu mengalami bersin berkepanjangan, bisa jadi kamu mengalamiĀ rhinitis. Ini adalah peradangan atau iritasi yang terjadi di membran mukosa di dalam hidung. Penyakit ini dibagi menjadi dua, yaituĀ rhinitis alergiĀ dan rhinitis nonalergi.

Rhinitis (disebut jugaĀ hay fever) adalah peradangan yang disebabkan oleh zat alergen (zat penyebab alergi), seperti: bulu binatang, serbuk sari, debu, tungau, makanan, atau zat alergen lainnya. Sedangkan, rhinitis non-alergi adalah peradangan yang tidak disebabkan oleh alergi, melainkan oleh faktor lingkungan, kerusakan jaringan di dalam hidung, penggunaan dekongestan hidung berlebih, dan infeksi virus ataupun bakteri.Ā Rhinitis bisa diatasi dengan mengonsumsi obat-obatan tertentu, seperti antibiotik, dekongestan, atau antihistamin. Kamu juga bisa membersihkan saluran hidung untuk menjaganya dari penyebab iritasi. Namun, jika gejala rhinitis sudah parah, dokter mungkin akan merekomendasikan operasi, imunoterapi, atau perawatan lainnya.


Sekian dan terimah kasihšŸ™




In reply to 2110101009 AZIRA SYIFFA RAMADHANI

Re: Diskusi Sistem Respirasi Kelas A

by 2110101002 JASMIN LINADI YULIA PUTRI -

Assalamualaikum wr.wbĀ 

ibu dan teman teman, saya izin menjawab pertanyaan dari mbaĀ 

Azira syiffa ramadhaniĀ 


Nama : Jasmin linadi yulia putriĀ 

NimĀ  Ā  : 2110101002


Jika mengalami bersin berkepanjangan, bisa jadi kamu mengalami rhinitis. Ini adalah peradangan atau iritasi yang terjadi di membran mukosa di dalam hidung. Penyakit ini dibagi menjadi dua, yaitu rhinitis alergi dan rhinitis nonalergi.


Rhinitis (disebut juga hay fever) adalah peradangan yang disebabkan oleh zat alergen (zat penyebab alergi), seperti: bulu binatang, serbuk sari, debu, tungau, makanan, atau zat alergen lainnya. Sedangkan, rhinitis non-alergi adalah peradangan yang tidak disebabkan oleh alergi, melainkan oleh faktor lingkungan, kerusakan jaringan di dalam hidung, penggunaan dekongestan hidung berlebih, dan infeksi virus ataupun bakteri.


Cara mengatasinya : Rhinitis bisa diatasi dengan mengonsumsi obat-obatan tertentu, seperti antibiotik, dekongestan, atau antihistamin. Kamu juga bisa membersihkan saluran hidung untuk menjaganya dari penyebab iritasi. Namun, jika gejala rhinitis sudah parah, dokter mungkin akan merekomendasikan operasi, imunoterapi, atau perawatan lainnya.


sekian dari jawaban saya, jika ada kekurangan boleh ditambahkan

Wassalamualaikum wr.wb

In reply to Nidatul Khofiyah

Re: Diskusi Sistem Respirasi Kelas A

by 2110101028 LEDY SUPRIHATIN -

assalamualaikum warah,atullahi wabarakatuhĀ 

NAMA : LEDY SUPRIHATINĀ 

NIM : 2110101028

KELAS : A

izin bertanya kenapa jenis kelamin mempengaruhi frekuensi pernafasan, dan jika seorang tersebut transgender apakah frekuensi pernafasan nya tetap sama atau berbeda mohon dijelaskan ibu terima kasihĀ 

wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh

In reply to 2110101028 LEDY SUPRIHATIN

Re: Diskusi Sistem Respirasi Kelas A

by 2110101023 AMALIA ZIDNY -

izin menjawab pertanyaan dari mb Ledy,

Karenakan volume paru-paru wanita lebih kecil dibandingkan laki-laki sehingga kelamin mempengaruhi frekuensi pernafasan. Jika transgender tentu saja tetap sama dengan frekuensinya dengan jenis kelamin sebelum dia melakukan operasi kelamin karena saat transgender operasi kelamin tidak ada hubungannya dengan paru-paru.

In reply to 2110101028 LEDY SUPRIHATIN

Re: Diskusi Sistem Respirasi Kelas A

by Nidatul Khofiyah -

transgender hanya label, pada dasarnya jenis kelaminnya tetap laki-laki atau perempuan.. Jadi sesuai dengan jenis kelamin aslinya..

In reply to Nidatul Khofiyah

Re: Diskusi Sistem Respirasi Kelas A

by 2110101017 SURYANTI -

Asalamualaikum wr wbĀ 

Nama : SuryantiĀ 

Nim: 2110101017

Bu izin bertanya ?Ā 

Saya ingin bertanya tentang bronkusĀ  di materi ya terterah ada cabang bronkus tipis dan tidak bertulang rawanĀ  ,itu bagian mana ya buĀ 

Sekian terimakasi bu šŸ™

In reply to 2110101017 SURYANTI

Re: Diskusi Sistem Respirasi Kelas A

by Nidatul Khofiyah -
bagian tipis dan tdk bertulang rawan disebut bronkiolus (percabangan dari bronkus tersier) yang berhubungan langsung dengan alveolus
In reply to Nidatul Khofiyah

Re: Diskusi Sistem Respirasi Kelas A

by 2110101038 BAITA AWIKTAMARA NISA -

Assalamualaikum wr wb.Ā 

Saya Baita Awiktamara Nisa.

Nim 2110101038.

Saya izin bertanya nggih.

Mengapa seseorang pengidap asma itu sering disertai batuk, betulkah karena adanya penyempitan pada saluran pernapasan? Jika begitu apakah asma dapat disembuhkan atau hanya dapat diredakan?Ā 

Sekian, terima kasih.

Wassalamualaikum wr wb.

In reply to 2110101038 BAITA AWIKTAMARA NISA

Re: Diskusi Sistem Respirasi Kelas A

by Nidatul Khofiyah -
Fokus pada materi anatomi ya mbak, kita tidak membahas jauh terkait penyakit di materi ini.. Untuk Asma bisa disearching, referensi banyak sekali terkait penyebab dan penanganannya.
In reply to 2110101038 BAITA AWIKTAMARA NISA

Re: Diskusi Sistem Respirasi Kelas A

by 2110101051 TJAHYA PRAMUDYANING SUMANTRI -

Wallaikumsallam,saya Tjahya Pramudyaning Sumantri dengan NIM 2110101051 izin menjawab pertanyaan dari Mba Baita.

Asma merupakan jenis penyakit jangka panjang atau kronis pada saluran pernapasan yang ditandai dengan peradangan dan penyempitan saluran napas yang menimbulkan sesak atau sulit bernapas. Selain sulit bernapas, penderita asma juga bisa mengalami gejala lain seperti nyeri dada, batuk-batuk, dan mengi.

Asma tidak bisa sembuh total.Ketika seseorang telah terdiagnosis dengan penyakit tersebut, ini artinya ia harus hidup dengan penyakit ini seumur hidup.Namun,pengobatan jangka panjang masih dapat ditujukan untuk mencegah peradangan serta komplikasi asma.

Sekian terima kasih dan mohon maaf apabila ada kesalahan dalam menjawab.

In reply to Nidatul Khofiyah

Re: Diskusi Sistem Respirasi Kelas A

by 2110101057 SALMA SAFIRA DAMAYANTI -

salma safira damayantiĀ 

2110101057

bu izin bertanya, jika kita tersedak makanan, apa yang saat itu terjadi diarea saluran pernafasan? apakah tersumbat/ kenapa? terimakasih bu

In reply to 2110101057 SALMA SAFIRA DAMAYANTI

Re: Diskusi Sistem Respirasi Kelas A

by 2110101023 AMALIA ZIDNY -

Izin menjawb pertanyaan dari Mb Salma,

Saat tersedak, makaĀ saluran pernapasanĀ di sekitar tenggorokan atauĀ saluran pernapasanĀ (trakea) akan tersumbat. Hal ini menyebabkan aliran udara menuju paru-paru menjadi terhambat sehingga aliran darah yang menuju otak dan organ tubuh lainnya menjadi terputus. Jadi jangan sepelekantersedak teman-teman karena dapat berakibat fatal.


In reply to 2110101057 SALMA SAFIRA DAMAYANTI

Re: Diskusi Sistem Respirasi Kelas A

by 2110101009 AZIRA SYIFFA RAMADHANI -

Assalamu'alaikum wr.wb. Perkenalkan nama Saya Azira Syiffa Ramadhani (2110101009) izin menjawab pertanyaan dari Mba Salma.Ā 

Saat tersedak, makaĀ saluran pernapasanĀ di sekitar tenggorokan atauĀ saluran pernapasanĀ (trakea) akan tersumbat. Hal ini menyebabkan aliran udara menuju paru-paru menjadi terhambat sehingga aliran darah yang menuju otak dan organ tubu lainnya menjadi terputus.Ā Ketika ada seseorang yang tersedak, kita sebaiknya segera melakuka pertolongan pertama untuk mengeluarkan benda yang menyumbat saluran pernapasan.

Sekian dari saya, mohon dikoreksi apabila ada kesalahan

In reply to 2110101009 AZIRA SYIFFA RAMADHANI

Re: Diskusi Sistem Respirasi Kelas A

by Nidatul Khofiyah -

Iya sudah tepat jawab dari teman-teman, terimakasih

In reply to 2110101057 SALMA SAFIRA DAMAYANTI

Re: Diskusi Sistem Respirasi Kelas A

by 2110101038 BAITA AWIKTAMARA NISA -
Assalamualaikum wr wb.

Saya Baita Awiktamara Nisa

NIM 2110101038

Mohon izin menjawab pertanyaan dari bak Salma Safira Damayanti.

Tersedak saat makan sering terjadi di kehidupan sehari-hari.Ā 

Pada kondisi normal, tubuh sebenarnya sudah memiliki mekanisme pengaturan berupa struktur epiglotis yang menjaga agar makanan tidak masuk ke tenggorokan. Saat kita bernapas, epiglotis tetap membuka sehingga udara pernapasan bisa mengalir ke tenggorokan. Ā Pada saat menelan makanan, epiglotis secara otomatis akan menutup jalur pernapasan sehingga makanan masuk ke kerongkongan. Mekanisme pengaturan ini bisa terganggu ketika kita makan sambil berbicara atau makan dengan terburu-buru. Makanan yang seharusnya masuk ke saluran pencernaan menjadi masuk ke saluran pernapasan dan menimbulkan kondisi tersedak.Ā 

Ya, betul. Saat tersedak itulah saluran pernapasan di sekitar tenggorokan atau saluran pernapasan (trakea) akan tersumbat. Hal ini menyebabkan aliran udara menuju paru-paru menjadi terhambat sehingga aliran darah yang menuju otak dan organ tubuh lainnya menjadi terputus.

Sekian. Terima kasih.

Wassalamualaim wr wb.


In reply to 2110101057 SALMA SAFIRA DAMAYANTI

Re: Diskusi Sistem Respirasi Kelas A

by 2110101060 FIRSTA FADHLILA PUTRI -

Assalamu'alaikum wr.wb

saya Firsta Fadhlila Putri (2110101060) izin menjawab pertanyaan Salma

Tersedak adalah terjadinya kondisi penyumbatan saluran napas bagian atas oleh makanan atau benda lain. Tersedak merupakan suatu kondisi batuk kejang tertahan atau seperti tercekik yang disebabkan karena masuknya cairan atau benda padat ke saluran pernapasan.Ā Kondisi ini akan membuat seseorang mengalami kesulitan bernapas.Kondisi ini dapat menyebabkan batuk sederhana dan cenderung mudah diatasi. Akan tetapi penyumbatan total jalan napas dapat menyebabkan kematian.Ā 

Mengapa bisa tersedak saat makan?

Faktor yang dapat menyebabkan tersedak saat makan salah satunya berbicara. Saat kita berbicara dan hendak menelan makanan, epiglotis tidak akan menutup laring. Laring merupakan saluran pernafasan. Saat kita makan sambil berbicara yang seharusnya makanan masuk melewati faring untuk masuk ke esophagus, akibatnya makanan yang sedang ditelan masuk ke dalam laring yang merupakan saluran pernapasan. Masuknya makanan ke laring dapat mengganggu jalannya pernapasan yang membuat orang tersedak. Oleh karena itu, saat kita makan, disarankan untuk tidak berbicara agar epiglotis dapat menutup saluran laring sehingga makanan tidak akan masuk ke saluran pernapasan.Ā 

Terimakasih mohon maaf jika ada kesalahan


In reply to Nidatul Khofiyah

Re: Diskusi Sistem Respirasi Kelas A

by 2110101014 DEA RESITA -

assalamualaikum wr.wbĀ 

nama: Dea ResitaĀ 

nim: 2110101014Ā 

kelas: AĀ 

izin bertanya: saat seseorang tidur jelaskan apa yang terjadi pada tenggorokan ketika tidur dengan mulut terbuka, terutama bila hidung terpasang sebagai hasil dari cuaca dingin?


terima kasih, wassalamualaikun wr.whĀ 

In reply to 2110101014 DEA RESITA

Re: Diskusi Sistem Respirasi Kelas A

by Nidatul Khofiyah -

Pertanyaan sudah terjawab diatas ya, ada pertanyaan yang sama

In reply to 2110101014 DEA RESITA

Re: Diskusi Sistem Respirasi Kelas A

by 2110101004 NABILA AULIA ZWAGERI -

Izin menjawab pertanyaan mba deaĀ 

pertanyaannya

izin bertanya: saat seseorang tidur jelaskan apa yang terjadi pada tenggorokan ketika tidur dengan mulut terbuka, terutama bila hidung terpasang sebagai hasil dari cuaca dingin?


Hal ini adalah penyebab tidur mendengkur, apalagi jika tidur dengan mulut terbuka, maka saat itu, otot-otot di belakang atap mulut, lidah, dan tenggorokan akan relaks. Jika otot-otot ini terlalu relaks, mereka akan mempersempit atau menghambat jalan pernapasan. Ketika bernafas, soft palate dan uvula akan bergetar dan membentur bagian belakang tenggorokan. Hal ini akan menimbulkan suara dengkuran. Semakin sempit saluran pernapasan, jaringan akan bergetar semakin kuat, dan bunyi dengkuran juga akan semakin keras.

trimakasih maaf jika ada yg kurang tepat

In reply to Nidatul Khofiyah

Re: Diskusi Sistem Respirasi Kelas A

by 2110101047 NADILA HELLENA IMANDA -

assalamualaikum warrahmatullahi wabarraktuh ibuk,Ā 

saya,

Nama: Nadila Hellena Imanda

NIM: (2110101047)Ā 

izin untuk bertanya.

Ā Apabila ada seseorang yang menahan bersin, dari menahan bersin itu apakah memiliki dampak yang buruk atau berbahaya dalam sistem respirasi?.

sekian dan terima kasih.

In reply to 2110101047 NADILA HELLENA IMANDA

Re: Diskusi Sistem Respirasi Kelas A

by 2110101031 BISYAROTUL WALIDAH -

Waalaikumsalam baik saya Bisyarotul Walidah/21101010 izin menjawab pertanyaan dari mbak Nadia tentu menahan bersin akan berpengaruh bagi sistem respirasi sebabĀ Menahan bersinĀ juga akan menimbulkan terjadinya cedera pada beberapa bagian tubuh, antara lain hidung, mata, gendang telinga, dan otot diafragma. Selain itu menahan bersin juga dapat membuat virus atau kuman akan tertinggal di hidung terimakasih mohon koreksinya

In reply to 2110101047 NADILA HELLENA IMANDA

Re: Diskusi Sistem Respirasi Kelas A

by Nidatul Khofiyah -

jawaban temannya sdh benar ya.. Bersin merupakan salah satu mekanisme tubuh untuk mengeluarkan kotoran yang masuk di saluran nafas. Jadi sebaiknya tdk menahan bersin.

In reply to 2110101047 NADILA HELLENA IMANDA

Re: Diskusi Sistem Respirasi Kelas A

by 2110101053 FITRIYANTI JAYA -

Izin menjawab pertanyaan mba Nadila hellenašŸ™

Bersin biasanya terjadi secara tiba-tiba dan sering kali tak tertahankan. Namun, ada kalanya kita menahan bersin untuk menjaga kenyamanan orang di sekitar, terutama saat berada di tempat umum. Di sisi lain, menahan bersin ternyata dapat menimbulkan dampak buruk bagi kesehatan. Dampak buruknya yaitu cobtohnya iritasi dan peradangan d hidung


Sekian terimakasihšŸ™

In reply to 2110101047 NADILA HELLENA IMANDA

Re: Diskusi Sistem Respirasi Kelas A

by 2110101049 ANGGITA PUTRI ANASTASYA -
Saya anggita putri (2110101049)

izin menjawab pertanyaaan dari mba hellena bu


Menahan bersin bukanlah hal yg baik untuk dilakukan. Berikut adalah beberapa resikoĀ  yg bisa terjadii saat seseorang sering menahan bersin :

  1. gangguan pendengaran
  2. infeksi
  3. cedera hidung, mata, atau gendang telinga
  4. cedera deafragma
Intinya , bersi adalah hal yang wajar dan sebaiknya tidak ditahan. Bersin bisa menjaga tubuh ttp sehat , krn aktivitas ini merupakan bagian penting dari mekanisme perlindungan tubuh. Jika anda bersin, tubuh akan membersihkan hidung dari bakteri dan virus

maaf kalo kurang tepat


In reply to 2110101047 NADILA HELLENA IMANDA

Re: Diskusi Sistem Respirasi Kelas A

by 2110101059 DINA NOVITALIA UTAMININGSIH -

Waalaikumsalam Wr.Wb izin menjawab pertanyaan mba nadila

Nama : Dina Novitalia Utaminingsih

NIMĀ  Ā  Ā : 2110101059

Saat terjadinya bersin, akan banyak mikroba yang keluar. Mikroba yang keluar dapat menyebarkan penyakit seperti flu. Untuk itu, saat bersin diharapkan untuk menutup mulut dan hidung, agar tidak ada penyakit yang bisa menular ke orang lain.Ā 

Dampak buruk menahan bersin adalah ketika seseorang menahan untuk bersin, bahaya yang akan terjadi adalah benda asing akan tinggal di dalam hidung orang itu, bahkan benda asing ini bisa masuk ke paru-paru dan organ lainnya.Ā 

Pada akhirnya jika seseorang menahan untuk bersih, orang itu sedang membiarkan organ-organ dalamnya terkontaminasi.Ā Selain itu, ada kondisi medis dimana ketika seseorang menahan bersin, makan orang itu akan mengalami cidera seperti cidera diafragma, pembuluh darah di bagian putih mata pecah, gendang telinga pecah karena udara masuk kedalam telinga, peningkatan tekanan darah sesaat yang disebabkan oleh pembuluh darah di otak melemah dan pecah.

Sekian terimakasih, Wassalamualaikum Wr.Wb

In reply to 2110101047 NADILA HELLENA IMANDA

Re: Diskusi Sistem Respirasi Kelas A

by 2110101001 SHAFIRDA INAYATI -

Assalamu'alaikum Wr.WbĀ 

Nama : Shafiirda inayati

Nim : 2110101001

izin menjawab pertanyaan dari mbakĀ Nadila Hellena Imanda


Berikut ini adalah beberapa risiko/ dampak yang bisa saja terjadi saat seseorang sering menahan bersin:

1. gangguan pernapasan

Saat hendak bersin, tekanan udara di hidung, tenggorokan, danĀ tuba eustachiusĀ di dekat telinga akan meningkat. Jika tubuh tidak mengeluarkan udara tersebut melalui bersin, tekanan udara yang tinggi di dalam rongga kepala bisa tertahan dan hal ini dapat mengganggu pendengaran.Kondisi ini bisa sembuh sendiri dalam beberapa hari atau minggu. Namun, pada kasus yang parah, hal ini bisa menyebabkan terjadinya luka di gendang telinga, sehingga perlu ditangani dengan pembedahan.

2. infeksi

Bersin berfungsi untuk membersihkan hidung dari berbagai benda asing di dalam hindung, termasuk bakteri dan virus. Apabila bersin sering ditahan, bakteri dan virus akan berdiam di dalam hidung, sehingga bisa menimbulkan infeksi. Pada kasus tertentu, infeksi ini bisa menyebar hingga ke telinga.

3.cedera hidung,mata,atau gendang telinga

Bersin yang tertahan akan membuat tekanan udara di dalam rongga wajah meningkat. Hal ini bisa membuat pembuluh darah kecil yang terletak di mata, hidung, dan sekitar gendang telinga berisiko untuk pecah.

Cedera ini bisa menyebabkan gejala berupa muncul bintik merah pada mata, mimisan, atau keluar darah dari telinga.

4. cedera diafragma

Diafragma adalah otot yang memisahkan dada dan perut. Otot ini berperan penting dalam proses pernapasan, batuk, muntah, dan bersin. Cedera di bagian ini karena menahan bersin sangat jarang terjadi. Namun, apabila terjadi, kondisi ini bisa berbahaya dan mengganggu pernapasan.

Selain cedera pada diafragma, menahan bersin juga berisiko mengakibatkan cedera pada tenggorokan yang ditandai dengan kesulitan berbicara atau menelan makanan. Pada kasus yang lebih parah, kebiasaan menahan bersin dapat menyebabkan pecahnya aneurisma otak dan cedera pada tulang rusuk.

Intinya, bersin adalah hal yang wajar dan sebaiknya tidak ditahan. Bersin bisa menjaga tubuh agar tetap sehat, karena aktivitas ini merupakan bagian penting dari mekanisme perlindungan tubuh. Jika Anda bersin, tubuh akan membersihkan hidung dari bakteri dan virus.


In reply to 2110101047 NADILA HELLENA IMANDA

Re: Diskusi Sistem Respirasi Kelas A

by 2110101008 PITA ANINGSIH -

Assalamualikum wr.wb

Nama: Pita Aningsih

NIM: 2110101008

izin menjawab pertanyaan dari mbak Nadila


Ā  Ā Bersin merupakan cara alami tubuh untuk mengeluarkan atau membuang benda asing yang menyebabkan gangguan di hidung dan tenggorokan. Benda asing tersebut bisa berupa banyak hal, misalnya debu, gas kimia, hingga virus atau bakteri. Karena alasah inilah bersin sebaiknya jangan ditahan.

Berikut ini adalah beberapa risiko yang bisa saja terjadi saat seseorang sering menahan bersin:

1. Gangguan pendengaran

Ā  Ā Saat hendak bersin, tekanan udara di hidung, tenggorokan, danĀ tuba eustachiusĀ di dekat telinga akan meningkat. Jika tubuh tidak mengeluarkan udara tersebut melalui bersin, tekanan udara yang tinggi di dalam rongga kepala bisa tertahan dan hal ini dapat mengganggu pendengaran.Ā Kondisi ini bisa sembuh sendiri dalam beberapa hari atau minggu. Namun, pada kasus yang parah, hal ini bisa menyebabkan terjadinya luka di gendang telinga, sehingga perlu ditangani dengan pembedahan.

2. Infeksi

Ā  Ā Bersin berfungsi untuk membersihkan hidung dari berbagai benda asing di dalam hindung, termasuk bakteri dan virus. Apabila bersin sering ditahan, bakteri dan virus akan berdiam di dalam hidung, sehingga bisa menimbulkan infeksi. Pada kasus tertentu, infeksi ini bisa menyebar hingga ke telinga.

3. cedera hidung, mata, atau gendang telinga

Bersin yang tertahan akan membuat tekanan udara di dalam rongga wajah meningkat. Hal ini bisa membuat pembuluh darah kecil yang terletak di mata, hidung, dan sekitar gendang telinga berisiko untuk pecah.Ā Cedera ini bisa menyebabkan gejala berupa muncul bintik merah pada mata, mimisan, atau keluar darah dari telinga.

4. cedera diafragma

Ā  Ā  Diafragma adalah otot yang memisahkan dada dan perut. Otot ini berperan penting dalam proses pernapasan, batuk, muntah, dan bersin. Cedera di bagian ini karena menahan bersin sangat jarang terjadi. Namun, apabila terjadi, kondisi ini bisa berbahaya dan mengganggu pernapasan.Ā Selain cedera pada diafragma, menahan bersin juga berisiko mengakibatkan cedera pada tenggorokan yang ditandai dengan kesulitan berbicara atau menelan makanan. Pada kasus yang lebih parah, kebiasaan menahan bersin dapat menyebabkan pecahnya aneurisma otak dan cedera pada tulang rusuk.

Sekian Mohon maaf kalau banyak kesalahan

Wassalamualaikum wr.wb

In reply to Nidatul Khofiyah

Re: Diskusi Sistem Respirasi Kelas A

by 2110101037 DINA BELA SETIAWATI -

assalamualaikum warohmatulohi wabarakatu

Nama : Dina bela setiawati

Nim : 2110101037

ijin bertanya ibu

apa saja benyebab seseorang beresiko terkena kanker paru-paru?

siapa yng beresiko terkena kanker paru"??

In reply to 2110101037 DINA BELA SETIAWATI

Re: Diskusi Sistem Respirasi Kelas A

by 2110101023 AMALIA ZIDNY -

Izin menjawab pertanyaan dari Mb Dina,

PenyebabĀ utama terkenaĀ kanker paru-paruĀ adalah kebiasaan merokok, sehingga perokok aktif merupakan kelompok yang paling rentanĀ terkena kanker paru-paru. Namun,Ā orangĀ yang pernah merokok atau seringĀ terpaparĀ asap rokok jugaĀ berisikoĀ menderitaĀ kanker paru-paru.

Kanker paru-paruĀ dipicu oleh kebiasaan merokok, sehingga orang yang palingĀ berisiko terkena kankerĀ ini adalah para perokok, baik perokok aktif maupun perokok pasif.

In reply to 2110101037 DINA BELA SETIAWATI

Re: Diskusi Sistem Respirasi Kelas A

by 2110101011 ELIVYA PUTRI MELSANY -

Asalamualaikum wr,wb.

Nama ; Elivya putri melsany

NIMĀ  Ā  ; 2110101011

Ā izin menjawab pertanyaan mba dina yaitu penyebab uatamanya adalah terkena paparan asap rokok, infeksi dan bisa jadi gangguan ginetik..

dan seseorang yang mungkin terkena penyakit paru-paru tidak hanya seseorang yang mengkonsumsiĀ  rokok tetapii orang orang terdekat yang memungkinkan terkena asap rokok tersebut juga bisa mengakibatkan gangguan pernapasan.

In reply to 2110101037 DINA BELA SETIAWATI

Re: Diskusi Sistem Respirasi Kelas A

by 2110101004 NABILA AULIA ZWAGERI -

Assalamualaikum wr.wb saya Nabila Aulia Zwageri izin menjawab pertanyaan mba Dina

apa saja benyebab seseorang beresiko terkena kanker paru-paru?

siapa yng beresiko terkena kanker paru"??


Penyebab utamaĀ kanker paru-paruĀ adalah kebiasaan merokok, sehingga perokok aktif merupakan kelompokĀ yangĀ paling rentanĀ terkena kanker paru-paru. Namun,Ā orang yangĀ pernah merokok atau seringĀ terpaparĀ asap rokok jugaĀ berisikoĀ menderitaĀ kanker paru-paru.

Kanker paru-paru dipicu oleh kebiasaan merokok, sehingga orang yang paling berisiko terkena kanker ini adalah para perokok, baik perokok aktif maupun perokok pasif


Trimakasih maaf jika jawabannya saya kurang tepatĀ 

wassalamualaikum wr.wb

In reply to 2110101037 DINA BELA SETIAWATI

Re: Diskusi Sistem Respirasi Kelas A

by Nidatul Khofiyah -

banyak sekali faktor resiko kanker paru, merokok hanya salah satu faktor resikonya.. Faktor resiko ada faktor yang bisa menjadi pencetus munculnya penyakit bila penderita sudah terpapar oleh penyebabnya..

In reply to 2110101037 DINA BELA SETIAWATI

Re: Diskusi Sistem Respirasi Kelas A

by 2110101043 RIKE YULIANTI -
Waalaikumussam mbak Dina saya izin menjawab pertanyaannya

Nama : Rike YuliantiĀ 

Nim : 2110101043Ā 

Penyebab utama kanker paru-paru adalah kebiasaan merokok, sehingga perokok aktif merupakan kelompok yang paling rentan terkena kanker paru-paru. Namun, orang yang pernah merokok atau sering terpapar asap rokok juga berisiko menderita kanker paru-paru.

Ada limaĀ  yang menyebabkan kanker paru-paru :

1.Ā  RokokĀ 

2. Paparan gas RadonĀ 

3. Paparan bahan kimia yang berbahaya

4. Polusi udara

5. Faktor keturunanĀ 

Yang beresiko terkena kanker paru-paru :

Orang yang paling berisiko terkena kanker paru-paru adalah perokok aktif. Sekitar 85 persen kanker paru-paru dikaitkan dengan kebiasaan merokok. Meski begitu, bukan berarti setiap perokok akan terkena kanker paru-paru.







In reply to Nidatul Khofiyah

Re: Diskusi Sistem Respirasi Kelas A

by 2110101015 FITRILIA RAHMAWATI -

Assalamualaikum wr, wb

Izin bertanya ibu

Nama : Fitrilia Rahmawati

Nim : 2110101015

Dalam sistem respirasi terdapat organ pernafasan manusia yaitu salah satunya alveolus. Pertanyaannya jelaskan bagaimana cara kerja organ pernafasan alveolus dalam sistem respirasi manusia beserta dengan peran alveolus pada sistem peranafasan tersebut !

Terimakasih ibu


In reply to 2110101015 FITRILIA RAHMAWATI

Re: Diskusi Sistem Respirasi Kelas A

by 2110101036 FAUZIA ALVIAN NURKASANAH -

Assalamualaikum izin menjawab pertanyaan dari mba fitrilia šŸ™

Alveolus pada manusia berfungsi sebagai permukaan respirasi dengan luas total mencapai 100m2 sehingga cukup untuk melakukan pertukaran gas ke seluruh tubuh.

Ketika bernapas, alveolus akan mengembang untuk mengambil oksigen dan akan menyusut saat mengeluarkan karbon dioksida.

Area permukaan alveolus yang luas diperlukan untuk memproses sejumlah besar udara yang terlibat dalam pernapasan dan membawa oksigen ke paru-paru.

Paru-paru manusia mengambil sekitar 5-8 liter udara per menit. Ketika beristirahat, alveolus mengirimkan 0,3 liter oksigen ke darah per menit. Untuk mendorong udara masuk dan keluar, diafragma dan otot lainnya membantu menciptakan tekanan di dalam dada. Ketika seseorang menarik nafas, otot akan menciptakan tekanan negatif, lebih kecil dari tekanan atmosfer yang membantu menyedot udara masuk. Saat mengembuskan nafas paru paru akan mundur dan kembali ke ukuran semula.

In reply to 2110101015 FITRILIA RAHMAWATI

Re: Diskusi Sistem Respirasi Kelas A

by 2110101050 MILA NOVIKA SARI -
Assalamu'alaikum

Mila Novika Sari

2110101050

Saya izin menjawab pertanyaan dari mbak Fitrilia

Cara kerja alveolus

Dilansir dari Healthline, meski berukuran kecil, alveolus adalah pusat pertukaran gas pada sistem pernapasan manusia.

Alveoli mengambil oksigen yang dihirup dan mengeluarkan karbon dioksida yang dihembuskan.

Saat bergerak melalui pembulu di dinding alveoli, darah mengambil oksigen dari alveoli dan mengeluarkan karbon dioksida.

Area permukaan alveolus yang luas diperlukan untuk mencatat jumlah besar udara yang terlibat dalam pernapasan dan membawa oksigen ke paru-paru.


Dan Alveolus pada manusia berfungsi sebagai permukaan respirasi dengan luas total mencapai 100m2 sehingga cukup untuk melakukan pertukaran gas ke seluruh tubuh.

Ketika bernapas, alveolus akan mengembang untuk mengambil oksigen dan akan menyusut saat mengeluarkan karbon dioksida.Ā 

Sekian terimakasih šŸ™


In reply to 2110101015 FITRILIA RAHMAWATI

Re: Diskusi Sistem Respirasi Kelas A

by 2110101023 AMALIA ZIDNY -

Izin menjawab pertanyaan dari mb Fitrilia,

Cara kerja alveolus yaitu

  • Udara dari trakea masuk ke paru-paru melewati serangkaian cabang di paru-paru yang disebut dengan bronkus dan bronkiolus, kemudian berujung di alveolus.
  • Ketika udara mencapai alveolus, terjadi proses pertukaran antara oksigen dan karbon dioksida pada pembuluh darah kecil bernama kapiler.
  • Oksigen masuk ke dalam kapiler, kemudian menumpang sel darah merah menuju ke jantung untuk disebarkan ke seluruh tubuh. Di saat yang bersamaan, karbon dioksida masuk dari kapiler ke rongga paru.
  • Setelah pertukaran oksigen dan karbon dioksida selesai, otot diafragma dan tulang rusuk kembali rileks dan rongga dada kembali seperti semula. Udara yang mengandung karbon dioksida pun terdorong dari alveolus menuju ke bronkiolus, bronkus, trakea, hingga ke luar melalui hidung.
Sedangkan peran alveolus dalam sistem pernafasan adalahĀ memungkinkan pertukaran dua gas, yaitu oksigen dan karbon dioksida dalam sistem pernapasan.
In reply to 2110101015 FITRILIA RAHMAWATI

Re: Diskusi Sistem Respirasi Kelas A

by Nidatul Khofiyah -

alveolus berfungsi dalam pertukaran udara (gas Co2 dan O2) --> udara bertukar dalam alveolus dengancara berdifusi dari tekan tinggi ke tekanan yang lebih rendah.

In reply to 2110101015 FITRILIA RAHMAWATI

Re: Diskusi Sistem Respirasi Kelas A

by 2110101011 ELIVYA PUTRI MELSANY -

asalamualaikum wr,wb.

Nama ; Elivya putri melsany

NIMĀ  Ā  ; 2110101011

Izin menjawab pertanyaan mba fitria yautu dengan proses kerja organ pernapasan pada alveolusĀ  yaitu ; ketika udara mencapai alveolus, terjadi pertukaran antara oksigen dan karbon dioksida pada pembuluh darah kecil atau kapiler , kemudian menumpang sel darah merah menuju ke jantung lalu menyebarkan ke seluruh tubbuh.


adapun peran alveolus adalah sebagai tempat pertukaran dua gas,yaitu oksigen dan karbondioksida dalam sistem pernapasan.

In reply to 2110101015 FITRILIA RAHMAWATI

Re: Diskusi Sistem Respirasi Kelas A

by 2110101031 BISYAROTUL WALIDAH -

Izin menambah kan jawaban dari mbak fitrilia sistem kerja atau cara kerja Ketika udara mencapaiĀ alveolus, terjadi proses pertukaran antara oksigen dan karbon dioksida pada pembuluh darah kecil bernama kapiler. Oksigen masuk ke dalam kapiler, kemudian menumpang sel darah merah menuju ke jantung untuk disebarkan ke seluruh tubuh.

In reply to Nidatul Khofiyah

Re: Diskusi Sistem Respirasi Kelas A

by 2110101004 NABILA AULIA ZWAGERI -

Assalamualaikum wr. wb

Saya Nabila Aulia Zwageri NIM 2110101004 izin bertanya

Bagaimana cara kerja sistem pernafasan ketika ada air yang masuk melalui hidung kemudian keluar melalui mulut

trimakasih wassalamualaikum wr.wb

In reply to Nidatul Khofiyah

Re: Diskusi Sistem Respirasi Kelas A

by 2110101055 NIKEN DESRI FAUZANA -

Assalamualaikum.wr.wb izin bertanya ibu

Nama : niken desri fauzana

NIM : 2110101055


Jelaskan apa yang terjadi pada paru-paru jika ketika seseorang berjalan jauh dalam cuaca sangat dingin saat breating cepat melalaui mulut?

terimakasih, wasalamualaikum.wr.wb

In reply to 2110101055 NIKEN DESRI FAUZANA

Re: Diskusi Sistem Respirasi Kelas A

by 2110101065 RIZFI PRAMESI LALITA FASYA -

Assalamualaikum wr wb

Nama : Rizfi Pramesi Lalita Fasya

NIM : 2110101065

Izin menjawab pertanyaan dari mbak Niken

Hal ini adalah penyebab tidur mendengkur, apalagi jika tidur dengan mulut terbuka, maka saat itu otot-otot di belakang atap mulut (soft palate), lidah, dan tenggorokan akan relaks. Jika otot-otot ini terlalu relaks, mereka akan mempersempit ataumenghambatĀ jalan pernapasan.Ā KetikaĀ bernapas, softĀ palate dan
uvula akan bergetar dan membentur bagian belakang tenggorokan. Hal ini akan menimbulkan suara dengkuran. Semakin sempit saluran pernapasan, jaringan akan bergetar semakin kuat,dan bunyi dengkuran juga akan semakin keras. Breathing control adalah suatu teknikĀ bernafasĀ dengan menggunakanĀ paru sisiĀ bawah danĀ menghindari atauĀ meminimalkanĀ penggunaan otot otot bantu nafas (ototĀ dadaĀ atasĀ danĀ otot-ototĀ bahu)Ā sehingga diperoleh suatu kondisi yang santai ( rileksĀ 

In reply to Nidatul Khofiyah

Re: Diskusi Sistem Respirasi Kelas A

by 2110101039 ARDELIA AZMI FAIZAH -

Assalamu'alaikum wr.wb, permisi ibu izin bertanya

Nama : Ardelia Azmi F

KelasĀ  : A

NimĀ  Ā  : 2110101039

Seperti apa gejala pneumonia dan bagaimana cara pengobatan serta pencegahannya?

Terima kasih bu


In reply to 2110101039 ARDELIA AZMI FAIZAH

Re: Diskusi Sistem Respirasi Kelas A

by 2110101009 AZIRA SYIFFA RAMADHANI -

Assalamu'alaikum wr.wb. Saya Azira Syiffa Ramadhani (2110101009) izin menjawab pertanyaan dari mba Ardelia

Pneumonia adalah peradangan paru-paru yang disebabkan oleh infeksi. Pneumonia bisa menimbulkan gejala yang ringan hingga berat. Beberapa gejala yang umumnya dialami penderita pneumonia adalah batuk berdahak, demam, dan sesak napas.Ā Pneumonia juga dikenal dengan istilahĀ paru-paru basah. Pada kondisi ini, infeksi menyebabkan peradangan pada kantong-kantong udara (alveoli) di salah satu atau kedua paru-paru. Akibatnya, alveoli bisa dipenuhi cairan atau nanah sehingga menyebabkan penderitanya sulit bernapas.Ā Ā Gejala pneumonia cukup bervariasi. Namun, umumnya pneumonia ditandai dengan gejala berikut ini:

  • Batuk
  • Demam
  • Sesak napas
  • Menggigil
  • Kelelahan

    Pneumonia dapat dicegah dengan beberapa cara, di antaranya:

    • MenjalaniĀ vaksinasi
    • Memperkuat daya tahan tubuh, misalnya dengan mencukupi asupan nutrisi
    • Menjaga kebersihan diri, misalnya rajin mencuci tangan dan tidak menyentuh hidung atau mulut dengan tangan yang belum dicuci
    • Tidak merokok
    • Tidak mengonsumsi minuman beralkohol
    • Menjaga jarak dengan orang yang sedang sakit batuk atau pilek
Sekian dari saya MbaĀ 
In reply to 2110101039 ARDELIA AZMI FAIZAH

Re: Diskusi Sistem Respirasi Kelas A

by 2110101057 SALMA SAFIRA DAMAYANTI -

saya salma safira damayanti izin menjawab pertanyaan dari ardeliaĀ 

VariasiĀ gejala pneumoniaĀ bisa mulai dariĀ gejalaĀ yang ringan, seperti flu, hinggaĀ gejalaĀ yang sedang atau berat, seperti:
  • Demam.
  • Batuk kering, batuk berdahak kental berwarna kuning dan hijau, atau batuk berdarah.
  • Sesak napas.
  • Berkeringat.
  • Menggigil.
  • Nyeri dada ketika menarik napas atau batuk.
  • Mual atau muntah.
  • Diare
dan penyembuhannya dapat melakukan :

  • Ā vaksinasi
  • Memperkuat daya tahan tubuh, misalnya dengan mencukupi asupan nutrisi
  • Menjaga kebersihan diri, misalnya rajin mencuci tangan dan tidak menyentuh hidung atau mulut dengan tangan yang belum dicuci
  • Tidak merokok
  • Tidak mengonsumsi minuman beralkohol
  • Menjaga jarak dengan orang yang sedang sakit batuk atau pilek
In reply to 2110101039 ARDELIA AZMI FAIZAH

Re: Diskusi Sistem Respirasi Kelas A

by 2110101047 NADILA HELLENA IMANDA -

waalaikumusallam, saya Nadila Hellena Imanda (2110101047) izin menjawab pertanyaan dari mba ardelia.

Gejala dari pneumonia yaitu batuk,demam, sesak nafas, menggigil, dan kelelahan.

pengobatan pneumonia akan disesuaikan dengan penyebab dan tingkat keparahan dari kondisi yang dialami. pneumonia diakibatkan oleh infeksi bakteri akan ditangani dengan pemberian antibiotik, selain itu dokter juga memberikan beberapa obat pneumonia. apabila pasien sulit untuk bernafas maka akan diberikan oksigen tambahan atau memasang alat bantu napas(ventilator)

pencegahanya dengan cara menjalani vaksinasi, memperkuat daya tahan tubuh dengan mencukupi asupan nutrisi, menjaga kebersihan diri, tidak merokok, tidak mengonsumsi minuman beralkohol, menjaga jarak dengan orang yang sedang batuk maupun pilek.

mohon maaf apabila jawabannya kurang tepat. Terima kasih.

In reply to 2110101039 ARDELIA AZMI FAIZAH

Re: Diskusi Sistem Respirasi Kelas A

by 2110101060 FIRSTA FADHLILA PUTRI -

Assalamu'alaikum wr.wb

saya Firsta Fadhlila Putri (2110101060) izin menjawab pertanyaan dari Ardelia

Pneumonia adalah penyakit infeksi yang menyerang paru, sehingga menyebabkan kantung udara di dalam paru (alveolus) meradang dan membengkak. Kondisi kesehatan ini sering kali disebut dengan paru-paru basah, sebab paru bisa saja dipenuhi dengan air atau cairan lendir. Pneumonia bisa disebabkan oleh infeksi virus, bakteri, atau jamur. SARS-CoV- 2 yang menyebabkan COVID-19Ā adalah salah satu jenis virus yang bisa menyebabkan pneumonia. Pneumonia akibat COVID-19 bisa menyebabkan komplikasi berbahaya, salah satunya adalahĀ acute respiratory distress syndromeĀ (ARDS).Ā 

Gejala pneumonia

Gejala pneumonia cukup bervariasi. Gejala yang umum muncul jika Anda terkena penumonia, antara lain:

    • Batuk terus-terusan, dengan disertai dahak
    • Demam
    • Berkeringat
    • Menggigil
    • Susah bernapas
    • Dada sakit
    • Nafsu makan menurun
    • Detak jantung terasa cepat

Sementara, gejala yang cukup jarang terjadi tetapi bisa tetap muncul seperti:

  • Kepala sakit
  • Lemas dan lelah
  • Mual dan muntah
  • Nyeri sendi dan otot
  • Batuk disertai dengan darah
Cara pengobatan

Pengobatan pneumonia akan disesuaikan dengan penyebab dan tingkat keparahan dari kondisi yang dialami. Pneumonia akibat infeksi bakteri akan ditangani dengan pemberian antibiotik. Selain itu, dokter juga dapat memberikan beberapaĀ obat pneumoniaĀ lainnya untuk meredakan gejala yang muncul, seperti obat batuk, obat penurun demam, atau obat pereda nyeri.

Jika pasien sulit bernapas, dokter akan memberikan oksigen tambahan atau memasang alat bantu napas (ventilator). Penderita pneumonia dengan gejala yang berat perlu mendapatkan pengananan di rumah sakit dan pengawasan intensif untuk mencegah komplikasi yang bisa berakibat fatal.


In reply to 2110101039 ARDELIA AZMI FAIZAH

Re: Diskusi Sistem Respirasi Kelas A

by 2110101015 FITRILIA RAHMAWATI -

Walaaikumsalam wr,wb

Fitrilia Rahmawati (2110101015)

Izin menjawab pertanyaan dari mbak Ardelia Azmi

1. Gejala PneumoniaĀ 

Gejala pneumonia cukup bervariasi. Pada umumnya pneumonia ditandai dengan gejala berikut ini:

  • Batuk
  • Demam
  • Sesak napas
  • Menggigil
  • Kelelahan

2. Cara Pengobatan PneumoniaĀ 

Pengobatan pneumonia akan disesuaikan dengan penyebab dan tingkat keparahan dari kondisi yang dialami. Pneumonia akibat infeksi bakteri akan ditangani dengan pemberian antibiotik. Selain itu juga, dapat memberikan beberapaĀ obat pneumoniaĀ yang lainnya untuk meredakan gejala yang muncul, seperti obat batuk, obat penurun demam, atau obat pereda nyeri.

Jika pasien sulit bernapas, akan diberikan oksigen tambahan atau memasang alat bantu napas (ventilator). Penderita pneumonia dengan gejala yang berat perlu mendapatkan pengananan di rumah sakit dan pengawasan intensif untuk mencegah komplikasi yang bisa berakibat fatal.

3. Pencegahan Pneumonia

Pneumonia dapat dicegah dengan beberapa cara, di antaranya:

  • MenjalaniĀ vaksinasi
  • Memperkuat daya tahan tubuh, misalnya dengan mencukupi asupan nutrisi
  • Menjaga kebersihan diri, misalnya rajin mencuci tangan dan tidak menyentuh hidung atau mulut dengan tangan yang belum dicuci
  • Tidak merokok
  • Tidak mengonsumsi minuman beralkohol
  • Menjaga jarak dengan orang yang sedang sakit batuk atau pilek

Mohon maaf apa bila ada jawaban yang kurang tepat

Terimakasih






In reply to 2110101039 ARDELIA AZMI FAIZAH

Re: Diskusi Sistem Respirasi Kelas A

by 2110101059 DINA NOVITALIA UTAMININGSIH -

Waalaikumsalam Wr.Wb izin menjawab pertanyaan mba ardelia

Nama : Dina Novitalia Utaminingsih

NIMĀ  Ā  Ā : 2110101059

Gejala pneumonia cukup bervariasi. Namun, umumnya pneumonia ditandai dengan gejala berikut ini:

  • Batuk
  • Demam
  • Sesak napas
  • Menggigil
  • Kelelahan

Pengobatan pneumonia akan disesuaikan dengan penyebab dan tingkat keparahan dari kondisi yang dialami. Pneumonia akibat infeksi bakteri akan ditangani dengan pemberian antibiotik. Selain itu, dokter juga dapat memberikan beberapaĀ obat pneumoniaĀ lainnya untuk meredakan gejala yang muncul, seperti obat batuk, obat penurun demam, atau obat pereda nyeri.

Jika pasien sulit bernapas, dokter akan memberikan oksigen tambahan atau memasang alat bantu napas (ventilator). Penderita pneumonia dengan gejala yang berat perlu mendapatkan pengananan di rumah sakit dan pengawasan intensif untuk mencegah komplikasi yang bisa berakibat fatal.

Pneumonia dapat dicegah dengan beberapa cara, di antaranya:

  • MenjalaniĀ vaksinasi
  • Memperkuat daya tahan tubuh, misalnya dengan mencukupi asupan nutrisi
  • Menjaga kebersihan diri, misalnya rajin mencuci tangan dan tidak menyentuh hidung atau mulut dengan tangan yang belum dicuci
  • Tidak merokok
  • Tidak mengonsumsi minuman beralkohol
  • Menjaga jarak dengan orang yang sedang sakit batuk atau pilek.
Sekian terimakasih, Wassalamualikum Wr.Wb
In reply to Nidatul Khofiyah

Re: Diskusi Sistem Respirasi Kelas A

by 2110101064 MAULIDYA PUTERI -

Assalamualikum wr.wb saya Maulidya Puteri (2110101064) izin bertanya kepada bu, kenapaĀ orang yang terkena penyakit paru-paru perutnya bisa buncit bu? Terimakasih Wassalamualaikum wr.wb

In reply to Nidatul Khofiyah

Re: Diskusi Sistem Respirasi Kelas A

by 2110101052 ANISAH -

maaf bu izin bertanyaĀ 

example orang orangnnya transgender dari laki jadi perempuan dengan menghilangkan jakun dan sedikit suaranya dimiripkan dengan perempuan itu efeknya apa ya bu?


terima kasih bu

In reply to Nidatul Khofiyah

Re: Diskusi Sistem Respirasi Kelas A

by 2110101044 IRMA MISBAHUL JANNAH -

Assmualaikum wr.wb

Nama : irma misbahul jannah

NimĀ Ā  : 2110101044

Ā ibuk ijin bertanya

orang yang mempunyai riwayat asma itu apakah dari keturunan apa enggak?

ada yang beranggapan dari keturunan dan ada yang tidak dan saya binngungĀ  hhheeee :]

sekian terimakasih

In reply to 2110101044 IRMA MISBAHUL JANNAH

Re: Diskusi Sistem Respirasi Kelas A

by 2110101036 FAUZIA ALVIAN NURKASANAH -

Assalamualaikum izin menjawab pertanyaan dari mba irma šŸ™

Nama : Fauzia Alvian Nurkasanah

NIM : 2110101036

Pendapat bahwa asma adalah penyakit keturunan hanyalah mitos. Hingga kini, belum ada penelitian yang dapat membuktikan dengan pasti apa yang jadi penyebab asma.

Seseorang juga bisa saja memiliki asma, sekalipun tidak ada riwayat keluarga yang memilikinya.

Terdapat beberapa faktor yang membuat Anda berisiko kena asma, dan genetik hanyalah salah satunya, bukan satu-satunya faktor yang menyebabkan asma.

Terima kasih šŸ™


In reply to Nidatul Khofiyah

Re: Diskusi Sistem Respirasi Kelas A

by 2110101013 AMIRA EXFENA NAVISA -

Assalamu'alaikum wr. wb.

Nama : Amira Exfena N.

NIM : 2110101013

Mohon izin bertanya ibu sebelumnya terkait sistem respirasi, bagaimana jika ada seseorang yang mengeluhkan kalau di malam hari saat cuaca dingin rasanya ia seperti sulit bernafas. Dan, sewaktu menarik nafas itu terdapat bunyi "ngik" "ngik". Apakah itu berarti pertanda kalau jaringan "polip" didalam hidung orang tersebut membesar sehingga menyebabkan sulit untuk bernafas? Tetapi, berbeda saat di siang hari orang tersebut biasa saja, dan tidak mengalami penyumbatan/kesusahan saat bernafas. Apakah itu suatu hal yang normal? Ataukah, diperlukan untuk operasi pada jaringan "polip" nya?

Terima kasih ibu, wassalamu'alaikum wr. wb.

In reply to Nidatul Khofiyah

Re: Diskusi Sistem Respirasi Kelas A

by 2110101062 KATRIN SEPTIA RINI -

Assalamualaikum wr.wb

Nama :Katrin Septia R.

Nim : 2110101062

Izin bertanya ibu,,apa penyebab pernafasan bunyi seperti orang sesak napas dan bagaimana cara mengatasinya?

Terimakasih,wassalamualaikum wr.wb.

In reply to 2110101062 KATRIN SEPTIA RINI

Re: Diskusi Sistem Respirasi Kelas A

by 2110101014 DEA RESITA -

Assalamualauikum wr.wbĀ 

nama: Dea ResitaĀ 

nim: 2110101014

kelas: A

izin menjawab pertanyaan mba KatrinĀ 


Mengi adalah gambaran untuk menggambarkan suara bernada tinggi yang terdengar saat bernafas. Mengi merupakan gejala dari gangguan pernapasan serius yang membutuhkan pertolongan dokter sedapat mungkin.


Secara medis, pengobatan mengi tergantung pada penyebabnya. Jika mengi disebabkan oleh asma, ada beberapa jenis obat yang bisa digunakan, yaitu:


Bronkodilator, kerja cepat berupa inhaler (obat yang dihirup), untuk melebarkan saluran pernapasan


Kortikosteroid, hirup

Kombinasi inhaler dan kortikosteroid

Obat pengontrol asma, untuk mengurangi peradangan

Selain dengan obat, langkah terpenting dalam penanganan asma adalah menghindari faktor pencetusnya agar keluhan mengi dan sesak napas tidak muncul.


Sedangkan jika disebabkan oleh bronkitis, lazimnya dokter akan memberikan:


Bronkodilator, untuk pernapasan

Antibiotik, jika bronkitis disebabkan oleh infeksi bakteri


cukup jawaban dari saya maaf jika kurang tepat saya mohon koreksinyašŸ™šŸ»


wassalamualaikum wr.wb

In reply to Nidatul Khofiyah

Re: Diskusi Sistem Respirasi Kelas A

by 2110101037 DINA BELA SETIAWATI -

Assalamualaikum waraohmatulohi wabarokatu

Nama : Dina bela setiawati

Nim : 2110101037

ijin bertanya

bagaimana sistem kerja trakea ??

terima kasih ibu

In reply to 2110101037 DINA BELA SETIAWATI

Re: Diskusi Sistem Respirasi Kelas A

by 2110101023 AMALIA ZIDNY -

Izin menjawab pertanyaan dari Mb Dina,
PadaĀ trakeaĀ ini, ada katup yang berfungsi untuk membuka dan menutup saluran pernafasan.Ā Ketika sedang berbicara, katup menutup, saluran makanan tertutup dan saluran pernapasan terbuka. Ketika sedang menelan, katup membuka, saluran makanan terbuka dan saluran pernapasan tertutup.

Saat saluran pernafasan membuka trakea bekerja untuk menjembatani udara dari hidung ke paru-paru agar udara dapat masuk dan keluar dari paru-paru. Selain itu,Ā trakeaĀ juga mampu menghangatkan serta melembapkan udara yang masuk ke paru-paru. JikaĀ trakeaĀ tersumbat, maka udara tidak akan dapat masuk ke paru-paru dengan baik.

In reply to 2110101037 DINA BELA SETIAWATI

Re: Diskusi Sistem Respirasi Kelas A

by 2110101031 BISYAROTUL WALIDAH -

Baik saya Bisyarotul Walidah/2110101031 izin menjawab cara kerja trakea adalahĀ TrakeaĀ menyuplai udara ke paru-paru agar udara dapat masuk dan keluar dari paru-paru. Selain itu,Ā trakeaĀ juga mampu menghangatkan serta melembapkan udara yang masuk ke paru-paru. JikaĀ trakeaĀ tersumbat, maka udara tidak akan dapat masuk ke paru-paru dengan baik. Terimakasih mohon koreksinya Temen temen

In reply to 2110101037 DINA BELA SETIAWATI

Re: Diskusi Sistem Respirasi Kelas A

by 2110101030 JULIA INDAH CAHYANI -

Wa'alaikumussalam warohmatullahi wabarakatuh
Baik saya julia indah cahyani izin menjawab,Ā sistemĀ kerja trakea ituĀ ketika kita sedang berbicara, katup menutup, saluran makanan tertutup dan saluran pernapasan terbuka. Lalu ketika sedang menelan, katup membuka, saluran makanan terbuka dan saluran pernapasan tertutup.

Sekian dari jawaban saya, mohon maaf jika ada kesalahan dan kekurangan dalam menjawab. Terima kasih

In reply to 2110101037 DINA BELA SETIAWATI

Re: Diskusi Sistem Respirasi Kelas A

by 2110101050 MILA NOVIKA SARI -

AAssalamu'alaikum

Mila Novika Sari

2110101050

Sayazin menjawab pertanyaan dari mbak Dina

trakea bekerja untuk mendukung saluran udara ke paru-paru untuk respirasi yaitu untuk menghirup udara yang kaya oksigen dan mengeluarkan karbon dioksida. Ketika kita menghirup udara, oksigen bergerak ke trakea , kemudian ke bronkus, kemudian ke bronkiolus, dan kemudian alveoli.Skian terimakasihšŸ™

In reply to 2110101037 DINA BELA SETIAWATI

Re: Diskusi Sistem Respirasi Kelas A

by 2110101006 MONIKA JUMARNIS -

Assalamualaikum saya Monika Jumarnis (2110101006) izin menjawab pertanyaan mba Dina.Ā 

Mekanisme pernapasan pada belalang diatur oleh otot perut (abdomen). Ketika otot perut (abdomen) berelaksasi, volume trakea normal sehingga udara masuk. Sebaliknya, ketika otot abdomen berkontraksi, volume trakea mengecil sehingga udara keluar. Jalur yang dilalui udara pernapasan, yaitu udara luar => stigma/spirakel => saluran/pembuluh trakea => trakeolus => jaringan tubuh. Jadi, sistem trakea berfungsi untuk memungkinkan saluran udara ke paru-paru untuk respirasi yaitu untuk menghirup udara kaya oksigen dan menghembuskan karbon dioksida. Ketika kita menghirup udara, oksigen bergerak ke trakea , kemudian ke bronkus, kemudian ke bronkiolus, dan kemudian alveoli. Jika trakea menderita kerusakan, hal itu akan menyebabkan penyumbatan atau runtuh .

Wassalamuallaikum warahmatullahi wabarakatuhĀ 

In reply to Nidatul Khofiyah

Re: Diskusi Sistem Respirasi Kelas A

by 2110101016 CICI PANGESTI DEWI -

Assalamualaikum wr.wb

nama cici pangesti dewi

nim 2110101016

izin bertanya,pada rongga hidung terdapat selaput lendir atau membran mukus dan rambut halus atau bulu hidung,ini berguna untuk menyaring kotoran berupa debu yang masuk hidung bersama udara pernapasan,kini banyak masyarakat luar yang mewaxing atau mencabut rambut halus di hidung ,lalu bagaimana jika bulu hidung tersebut dicabut atau di waxing jika sebenarnya fungsi bulu hidung itu untuk menyaring kotoran yang masuk

wassalamualaikum wr.wb

In reply to 2110101016 CICI PANGESTI DEWI

Re: Diskusi Sistem Respirasi Kelas A

by 2110101023 AMALIA ZIDNY -

Izin menjawab pertanyaan dari Mb Cici,

Jika orang melakukan waxing hidung dimana beberapa rambut halus bisa tercabut sehingga kerja rambut hidung tidak maksimal karena sudah berkurang jumlahnya dan malah akan menimbulakn efek yang menganggu. Oleh karen itu, mencabut buluĀ hidungĀ secara manual maupunĀ waxingĀ sebenarnya tidak dianjurkan karena dapat menyebabkan buluĀ hidungĀ tumbuh ke dalam kulit. Hal ini bisa menimbulkan bisul dan infeksi di dalamĀ hidung

In reply to Nidatul Khofiyah

Re: Diskusi Sistem Respirasi Kelas A

by 2110101003 DINDA FATIKASARI -

Saya izin bertanya bukĀ Ā 

nama: Dinda Fatikasari

nim : 2110101003

Ā Saya sering mengalami sesak dan paru" nya terasa sakit padahal tidak memiliki riwayat asma apakah penyebabnya begitu buk

Terima kasihĀ 

In reply to 2110101003 DINDA FATIKASARI

Re: Diskusi Sistem Respirasi Kelas A

by 2110101065 RIZFI PRAMESI LALITA FASYA -

Assalamualaikum wr wb

Nama : Rizfi Pramesi Lalita Fasya

NIM : 2110101065

Izin menjawab pertanyaan dari mbak Dinda

Penyebab dibalik rasa sesak di dada bisa disebabkan karena adanya :

1. Gangguan pencernaan, seperti asam lambung

2. Serangan panik atau kecemasan

3. Angina, merupakan penyebab dada terasa sesak karena otot jantung tidak menerima cukup asupan darah yang kaya oksigen.

4. Emboli paru,Ā yaitu penggumpalan darah di pembuluh vena.


Apabila terus terusan merasakan sesak dapat konsultasi ke dokter agar diketahui apa penyebabnya yang lebih jelas.

Terimakasih, wassalamualaikum wr wb.

In reply to Nidatul Khofiyah

Re: Diskusi Sistem Respirasi Kelas A

by Nidatul Khofiyah -

Mohon semuanya fokus pada materi kita, yaitu anatomi sistem respirasi.. Kita belum belajar tentang fisiologi secara mendalam yg seharusnya ada di semester 2, kemudian terkait dengan penyakit juga baru akan kita pelajari di semster 3 yaitu mata kuliah patofisiologi. Jadi mohon semua memahami dulu terkait anatomi dari sistem respirasi

In reply to Nidatul Khofiyah

Re: Diskusi Sistem Respirasi Kelas A

by 2110101052 ANISAH -
Assalamualaikum monon izin bertanya ibu atau teman teman yang lainĀ 

bagaimana atau Jelaskan apa yang terjadi dengan bentuk trakea ketika seseorang menelan makananĀ berukuran bsear?


terima kasih ibu dan teman temanĀ 

In reply to 2110101052 ANISAH

Re: Diskusi Sistem Respirasi Kelas A

by 2110101065 RIZFI PRAMESI LALITA FASYA -

Assalamualaikum wr wb

Nama : Rizfi Pramesi Lalita Fasya

NIM : 2110101065

Izin menjawab pertanyaan dari mbak Anisah

Jika seseorang menelan makanan dengan bentuk yang besar, bisa saja ketika mulai masuk anak telak, makanan ini bukannya masuk ke kerongkongan, melainkan ada yang masuk sebagian ke tenggorokan, sehingga membuat saluran tenggorokan menjadi sempit dan terganggu sehingga orang tersebut bisa tersedak.

Terimakasih, wassalamualaikum wr wb

In reply to Nidatul Khofiyah

Re: Diskusi Sistem Respirasi Kelas A

by 2110101021 SYARAH KHAIRUNNISA RAMADHANI -

Assalamualaikum wr, wb

Saya Syarah Khairunnisa Ramadhani Izin dengan Nim 2110101021

Izin bertanya

Pada saat inspirasi otot otot perut akan rileks, yang ingn saya tanyakan bagaimana hal itu bisa terjadi?

TerimakasihšŸ™šŸ»

In reply to 2110101021 SYARAH KHAIRUNNISA RAMADHANI

Re: Diskusi Sistem Respirasi Kelas A

by 2110101059 DINA NOVITALIA UTAMININGSIH -

Waalaikumsalam Wr.Wb izin menjawab pertanyaan mba syarah

Nama : Dina Novitalia Utaminingsih

NIMĀ  Ā  Ā : 2110101059

Hal itu bisa terjadi karena kerja otot memerlukan energi yang dihasilkan oleh metabilisme tubuh.Ā Saat inspirasi maka oksigen akan masuk dengan posisi diafragma naik dan otot-otot tulang rusuk mengendur, sehingga menyebabkan udara memenuhi rongga dan masuk ke paru-paru.

Sekian terimakasih, Wassalamualaikum Wr.Wb

In reply to 2110101021 SYARAH KHAIRUNNISA RAMADHANI

Re: Diskusi Sistem Respirasi Kelas A

by 2110101031 BISYAROTUL WALIDAH -

Baik saya Bisyarotul Walidah/2110101031 izin menjawabĀ Saat Inspirasi,Ā otot-otot perut rileksĀ nah itu dikarenakanĀ Saat inspirasiĀ oksigen akanĀ masuk dengan posisi diafragma naik danĀ otot-ototĀ tulang rusuk mengendur, sehingga menyebabkan udara memenuhi rongga dan masuk ke paru-paru. Terimakasih mohon koreksinya

In reply to 2110101021 SYARAH KHAIRUNNISA RAMADHANI

Re: Diskusi Sistem Respirasi Kelas A

by 2110101018 HENI INDRIANI -

wa'alaikumsalam wr.wb

saya heni indriani ingin menjawab pertanyaan dari mba syarah

saat inspirasi maka oksigen akan masuk dengan posisi diafragma naik dan otot-otot tulang rusuk mengendur, sehingga menyebabkan udara memenuhi rongga dan masuk ke paru-paru

In reply to Nidatul Khofiyah

Re: Diskusi Sistem Respirasi Kelas A

by 2110101056 ALIYA PUSPITA RIZWANI -

Assalamualaikum wr. wb. izin bertanya ibu

Nama : Aliya Puspita Rizwani

Nim : 2110101056

Pleuritis adalah Suatu peradangan pada selaput pleura, mengapa kondisi ini sangat menyakitkan, terutama ketika seseorang mengambil napas?


In reply to 2110101056 ALIYA PUSPITA RIZWANI

Re: Diskusi Sistem Respirasi Kelas A

by 2110101009 AZIRA SYIFFA RAMADHANI -
Assalamu;alaikum wr.wb. Saya Azira Syiffa Ramadhani (2110101009) izin menjawab pertanyaan Mba AliyahĀ 

Pleuritis terjadi ketika pleura iritasi dan meradang. Peradangan ini membuat pleura membengkak dan cairan pleura menjadi lengket. Kondisi ini akan menimbulkanĀ nyeri dadaĀ setiap kali kedua lapisan pleura bergesekan, yaitu saat paru-paru mengembang (menarik napas).Ā Salah satu penyebab pleuritis adalah infeksi, baikĀ infeksi virus, bakteri, maupun jamur, misalnya virus influenza atau bakteriĀ TB.Ā 


In reply to 2110101056 ALIYA PUSPITA RIZWANI

Re: Diskusi Sistem Respirasi Kelas A

by 2110101003 DINDA FATIKASARI -

Saya Dinda Fatikasari izin menjawab pertanyaan mbak AliyaĀ 

Pleuritis terjadi ketika pleura iritasi dan meradang. Peradangan ini membuat pleura membengkak dan cairan pleura menjadi lengket. Kondisi ini akan menimbulkan nyeri dada setiap kali kedua lapisan pleura bergesekan, yaitu saat paru-paru mengembang (menarik napas).Ā 

Terimakasih

In reply to 2110101056 ALIYA PUSPITA RIZWANI

Re: Diskusi Sistem Respirasi Kelas A

by 2110101037 DINA BELA SETIAWATI -

ijin menjawab

Nama : Dina bela setiawati

Nim : 2110101037

karena organ tersebut terdiri dari dua lapisan di dalam rongga dada yang berfungsi untu membungkus paru-paru.

ketika lapisan inin mengalami peradangan dan infeksi, maka pengidapĀ  akan merasakan nyeri hebat di bagian dada


In reply to Nidatul Khofiyah

Re: Diskusi Sistem Respirasi Kelas A

by 2110101048 AZAHRA ANDINI PUTRI RAHARDJO -

assalamualaikum ibu dan teman teman, saya azahra andini (2110101048) izin bertanya ya bu.

apakah menghirup parfum untuk ibu hamil aman bagi pernapasan dan janin? disebabkan bahwasanya rata-rata parfum mengandung banyak alkohol. trimakasih wassalamualaikumĀ 

In reply to 2110101048 AZAHRA ANDINI PUTRI RAHARDJO

Re: Diskusi Sistem Respirasi Kelas A

by 2110101023 AMALIA ZIDNY -

Izin menjawab pertanyaan dari Mb Azahra,

Pada prinsipnya aroma dariĀ parfumĀ tidak terlalu berpengaruh terhadapĀ ibu hamilĀ dan janinya walau terdapat kandungan alkohol di dalamnya. Tetapi terkadang ibu hamil akan merasa mual karena wangi yang menyengat, bukan karena kandungan alkohol yang berbahaya. Alkohol yang digunakan dalam parfum tentu saja telah ada takarannya sehingga aman untuk dihirup oleh ibu hamil.

In reply to Nidatul Khofiyah

Re: Diskusi Sistem Respirasi Kelas A

by 2110101013 AMIRA EXFENA NAVISA -

Assalamu'alaikum wr. wb.

Nama : Amira Exfena N.

NIM : 2110101013

Mohon izin saya ada sedikit pertanyaan ibu, mengenai apakah jika selaput lendir pada hidung (mukosa) kita mengalami disfungsi/gangguan, otomatis hidung tidak akan bisa menyaring udara kotor/bakteri dari yang kita hirup secara baik. Apakah itu berkaitan dengan udara yang masuk kedalam paru-paru? Dan, bagaimana jika udara yang masuk itu kotor, apakah tidak ada efek samping terhadap sistem respirasi yang menjalankan roda pernafasan kita didalam tubuh?

Terima kasih, wassalamu'alaikum wr. wb.

In reply to 2110101013 AMIRA EXFENA NAVISA

Re: Diskusi Sistem Respirasi Kelas A

by 2110101023 AMALIA ZIDNY -

Izin menjawab pertanyaan dari Mb Amira,

Ya, disfungsi lendir pada hidung tentu akan mempengaruhi dalam penyaringan kotoran yang ada dalam udara. Tetapi dengan adanya disfungsi mukosa belum tentu udara yang masuk ke paru-paru kotor karena selain di hidung ada juga epitel bersilia yang berfungsi untuk menyaring udara di trakea dan bronkus sehingga kecil kemungkinan udara kotor akan masuk ke paru-paru.

In reply to Nidatul Khofiyah

Re: Diskusi Sistem Respirasi Kelas A

by 2110101032 IZZA SYIFA WAHYU SALFAIRA -

Assalamualaikum.wr.wbĀ 

izin bertanya

Ā Saya Izza syifa w.s /2110101032

Apakah seseorang yang memiliki penyakit pneumoni itu mudah terserang covid 19 terimakasih


In reply to 2110101032 IZZA SYIFA WAHYU SALFAIRA

Re: Diskusi Sistem Respirasi Kelas A

by 2110101064 MAULIDYA PUTERI -

Waalaikumsallam wr.wb, saya Maulidya Puteri (2110101064) izin menjawab pertanyaan dari mba Izza Syifa

Pneumonia adalah infeksi pada paru-paru yang disebabkan oleh infeksi. Pneumonia bisa disebabkan oleh infeksi bakteri, virus, hingga jamur. Pneumonia terjadi saat kuman yang masuk ke dalam saluran pernapasan mengalahkan sistem kekebalan tubuh dan akhirnya menyebabkan infeksi serta melemahnya kekebalan tubuh. Jadi ada kemungkinan orang yang memiliki penyakit pneumonia bisa terserang penyakit Covid-19, karena kekebalan tubuh yang menurun.

In reply to Nidatul Khofiyah

Re: Diskusi Sistem Respirasi Kelas A

by 2110101021 SYARAH KHAIRUNNISA RAMADHANI -

Assalamualaikum wr, wbĀ 

Saya Syarah Khairunnisa Ramadhani dengan Nim 2110101021Ā 

Izin bertanya lagi ibuĀ 

Pada saat ada air yang masuk kedalam hidung, dan hidung kita terasa perih, itu kenapa yah bu?

In reply to 2110101021 SYARAH KHAIRUNNISA RAMADHANI

Re: Diskusi Sistem Respirasi Kelas A

by 2110101065 RIZFI PRAMESI LALITA FASYA -

Assalamualaikum wr wb

Nama : Rizfi Pramesi Lalita Fasya

NIM : 2110101065

Izin menjawab pertanyaan dari mbak Syarah

Hidung terasa perih apabila kemasukan air itu dikarenakan bagian dalam hidung kita sangat sensitif. Sensitif artinya cepat menerima rangsangan atau sangat peka pada rangsangan. Ini karena di dalamnya ada banyak sekali ujung-ujung saraf. Penyebab utamanya yaitu karena adanya perbedaan antara air dan cairan di dalam tubuh. Air di dalam tubuh kita tercampur dengan garam. Sementara air biasa tidak mengandung garam. Cairan yang ada di dalam hidung kita kira-kira mengandung sekitar 0,9 persen garam. Hidung kita mencoba menyerap air dari luar, karenanya cairan yang tercampur ini mencoba bergabung menjadi satu. Ini membuat hidung terasa tidak nyaman. Air yang masuk berbeda dari keadaan di dalam hidung kita yang hangat dan sedikit mengandung garam. Sehingga hidung kita yang sensitif jadi terkejut. Tapi tenang saja, saat ada air yang masuk ke dalam hidung kita, kelenjar di hidung mengeluarkan banyak lendir atau ingus. Hidung melakukannya agar rasa sakitnya hilang.

Terimakasih, wassalamualaikum wr wb


In reply to 2110101021 SYARAH KHAIRUNNISA RAMADHANI

Re: Diskusi Sistem Respirasi Kelas A

by 2110101050 MILA NOVIKA SARI -

Assalamu'alaikum

Mila Novika Sari

2110101050

SSaya izin menjawab pertanyaan dari mbak syarah

Kondisi nyeri/perih yang dialami pada saat air masuk kehidung yaitu dapat terjadi karena berbagai kemungkinan, diantaranya adalah karena alergi, peradangan padaĀ  hidung Ā atau rinitis, iritasi padaĀ  hidung , sinusitis atau radang pada rongga sinus, atau infeksi yang disebabkan oleh bakteri atau virus.

SSekian terimakasih šŸ™

In reply to 2110101021 SYARAH KHAIRUNNISA RAMADHANI

Re: Diskusi Sistem Respirasi Kelas A

by 2110101037 DINA BELA SETIAWATI -

ijin menjawab

nama : Dina bela setia

nim : 2110101037

biasanya karena ada iritasi

ataupun karena air terlalu dingin dan bagian hidung sangat sensitif

In reply to Nidatul Khofiyah

Re: Diskusi Sistem Respirasi Kelas A

by 2110101046 OKTAVIANA RAHMAWATI -

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh


Nama : Oktaviaana Rahmawati

NIM : 2110101046


Izin bertanya Bu

Bagaimana upaya yang dapat dilakukan untuk menjaga sistem pernapasan agar tetap sehat?


Terimakasih BušŸ™šŸ»

In reply to 2110101046 OKTAVIANA RAHMAWATI

Re: Diskusi Sistem Respirasi Kelas A

by 2110101018 HENI INDRIANI -

wa'alaikumsalam wr.wb

saya heni indriani ingin menjawab pertanyaan dari mba oktaviana

kita bisa menjaga kesehatan pernapasan kita dengan cara olahraga rutin dan teratur, menghindari asap rokok, kemudian bisa menjaga kebersihan udara

In reply to 2110101046 OKTAVIANA RAHMAWATI

Re: Diskusi Sistem Respirasi Kelas A

by 2110101023 AMALIA ZIDNY -

Izin menjawab pertanyaan dari Mb Okta, upaya yang dapat kita lakukan untuk dapat menjaga sistem pernafasan agar tetap sehat antara lain,

  1. Rutin berolahraga. Rutin berolahraga adalah cara menjaga organ pernapasan yang sangat efektif. Sebab dengan aktif bergerak, sirkulasi di tubuh akan berjalan dengan lancar. Dengan begitu, organ pernapasan terutama paru-paru akan selalu terjaga kesehatannya.
  2. Mengonsumsi makanan bergizi. Mengonsumsi makanan bergizi juga sangat berpengaruh pada kesehatan organ pernapasan. Orang yang kekurangan nutrisi, terbukti lebih rentan mengalami berbagai gangguan pernapasan. Beberapa vitamin dan mineral yang penting untuk menjaga organ pernapasan antara lain adalah: Vitamin A Vitamin C Vitamin E Zinc Kalium Selenium Magnesium 3.Ā 
  3. Minum banyak air putih. Banyak minum air putih adalah salah satu cara menjaga organ pernapasan paling sederhana. Dengan banyak minum air, mukus atau lendir yang setiap harinya menumpuk di saluran pernapasan akan mudah larut sehingga tidak menyumbat maupun menimbulkan gejala gangguan pernapasan.Ā 
  4. Rajin mencuci tangan. Saat ini kamu mungkin sudah paham bahwa rajin mencuci tangan bisa memberikan manfaat yang begitu besar untuk kesehatan organ pernapasan, terutama saat wabah penyakit menyerang. Tidak hanya Covid-19, penyakit pernapasan lain seperti flu juga bisa dicegah apabila kita rajin membersihkan tangan. Kebiasaan baik ini akan membantu berbagai virus, bakteri, maupun kotoran yang bisa menimbulkan penyakit, tidak masuk ke tubuh. Cucilah tangan dengan sabun dan air mengalir dengan cara yang tepat. Apabila sedang tidak ada akses ke air mengalir, gunakan hand sanitizer untuk mendapatkan manfaat yang sama.Ā 
  5. Tidak merokok. Kebiasaan yang paling bayak menyebabkan kerusakan organ pernapasan adalah merokok. Jadi, salah satu cara menjaga organ pernapasan yang paling efektif adalah dengan tidak merokok. Tahukah kamu jika kanker paru-paru adalah salah satu jenis kanker yang paling banyak terjadi di Indonesia? Jadi, jika kamu tidak ingin terhitung sebagai bagian statistik dalam angka kematian akibat kanker paru-paru, sebaiknya segera hentikan kebiasaan buruk ini.Ā 
  6. Ā Menghindari paparan polusi. Terus-menerus terpapar polusi, bisa membuat organ pernapasan, terutama paru-paru, terganggu. Ingat, polusi bukan hanya asap kendaraan. Asap rokok, asap pabrik, hingga bahan kimia yang terlepas ke udara juga bisa merusak sistem pernapasan. Sebagai cara menjaga organ pernapasan, berikut ini hal yang bisa kita lakukan agar terhindar dari polusi: Jauhi asap rokok, termasuk jika kamu bukanlah seorang perokok. Jangan sampai menjadi perokok pasif. Jangan berada terlalu lama di luar ruangan dengan kualitas udara yang buruk. Apabila kamu pekerja yang rentan terpapar asap pabrik atau bahan-bahan kimia yang ada di udara, pastikan selalu gunakan alat pelindung diri yang tepat. Jadikan rumah sebagai area bebas asap rokok. Bersihkan rumah setidaknya satu minggu sekali. Sering-sering buka jendela rumah agar terjadi pertukaran udara. Buat banyak ventilasi agar udara di dalam tempat tinggal tidak berputar di situ-situ saja.Ā 
  7. Menjadikan rumah sebagai area yang asri. Memelihara banyak tanaman di rumah akan membuat udara di area tempat tinggal menjadi lebih segar. Pasalnya, tanaman akan membantu meningkatkan produksi oksigen di udara dan menyaring polusi dan racun yang terdapat di sekitar kita.Ā 
  8. Memeriksakan kesehatan pribadi secara berkala Terakhir, cara menjaga organ pernapasan yang belum banyak orang lakukan adalah menjalani pemeriksaan kesehatan secara berkala atau regular medical check up. Kebanyakan orang baru datang ke dokter ketika sudah ada keluhan. Padahal, pemeriksaan kesehatan secara berkala bisa membantu mendeteksi berbagai penyakit pernapasan. Sebab, tidak sedikit penyakit di sistem pernapasan kita yang tidak menimbulkan gejala dan baru akan terasa sakit ketika kondisinya sudah parah. Ada banyak cara menjaga organ pernapasan yang bisa kita lakukan, dan kebanyakan berupa langkah-langkah sederhana yang mudah untuk ditiru. Karena itu, jangan lagi lalai untuk memperhatikan kesehatan pernapasan maupun tubuh secara keseluruhan, terutama di tengah pandemi seperti saat ini.

In reply to Nidatul Khofiyah

Re: Diskusi Sistem Respirasi Kelas A

by 2110101009 AZIRA SYIFFA RAMADHANI -

Assalamu'alaikum wr.wb Ibu saya izin bertanya

Nama : Azira Syiffa RamadhaniĀ 

NIM : 2110101009

Pada penjelasan materi mengenai anatomi respirasi, disebutkan bahwa pada Pleura Space berisi cairan limfatik, yang saya ingin tanyakan apa fungsi dari cairan limfatik tersebut ?Ā šŸ™

In reply to 2110101009 AZIRA SYIFFA RAMADHANI

Re: Diskusi Sistem Respirasi Kelas A

by 2110101065 RIZFI PRAMESI LALITA FASYA -

Assalamualaikum wr wb

Nama : Rizfi Pramesi Lalita Fasya

NIM : 2110101065

Izin menjawab pertanyaan dari mbak Azira

Sistem limfatik berperan dalam menghasilkan, menyimpan, maupun menyebarkanĀ Ā sel-sel darah putih yang berfungsi untuk melawan atau mematikan kuman penyakit yang masuk ke dalam tubuh.

Terimakasih. Wassalamualaikum wr wb

In reply to 2110101009 AZIRA SYIFFA RAMADHANI

Re: Diskusi Sistem Respirasi Kelas A

by Nidatul Khofiyah -

Cairan limfatik yang diproduksi pleura ini sebenarnya berfungsi sebagai pelumas yang membantu kelancaran pergerakan paru-paru ketika bernapas tanpa adanya friksi. Terbentuk efusi pleura disebabkan menumpuknya cairan di rongga pleura. Secara normal, cairan yang masuk rongga pleura diabsorbsi oleh pembuluh limfe di pleura visceral.

In reply to 2110101009 AZIRA SYIFFA RAMADHANI

Re: Diskusi Sistem Respirasi Kelas A

by 2110101021 SYARAH KHAIRUNNISA RAMADHANI -

Assalamualaikum wr, wb

Saya Syarah Khairunnisa Ramadhani dengan Nim 2110101021Ā 

Izin menjawab pertanyaan dari Mba Azira

Fungsi cairan Limfatik yaitu untukĀ 

1. Mengembalikan kelebihan cairan interstitial & protein plasma dari jaringan ke dalam sirkulasi darah;

2. Mengendalikan kualitas aliran cairan jaringan dengan cara menyaringnya melalui nodus-nodus limfa sebelum dikembalikan ke sistem sirkulasi;

3. Mengangkut limfosit dari kelenjar limfa ke sirkulasi darah;

4. Membawa lemak yang sudah terbentuk emulsi dan vitamin yang larut dalam lipid dari usus ke sistem peredaran darah;

5. Menyaring dan menghancurkan mikroorganisme untuk menghindarkan penyebaran organisme itu dari tempat masuknya ke dalam jaringan, ke bagian lain tubuh;

6. Menghasilkan zat antibodi untuk melindungi tubuh terhadap infeksi;

7. Mengeluarkan zat-zat toksin dan debris sel (sel rusak) dari jaringan setelah terjadi infeksi atau kerusakan jaringan.

TerimakasihšŸ™šŸ»

In reply to Nidatul Khofiyah

Re: Diskusi Sistem Respirasi Kelas A

by 2110101065 RIZFI PRAMESI LALITA FASYA -

Assalamualaikum wr wb

Nama : Rizfi Pramesi Lalita Fasya

NIM : 2110101065

Izin bertanya, apa saja bagian dari pharynx. Dengan apakah struktur masing-masing ketiga bagian bisa saling berhubungan?

Terima kasih. Wassalamualaikum wr wb

In reply to 2110101065 RIZFI PRAMESI LALITA FASYA

Re: Diskusi Sistem Respirasi Kelas A

by Nidatul Khofiyah -

nasofaring, orofaring dan hipofaring merupakan 3 bagian dari faring yg dimana pembagian tsb berdasarkan dari sambungan faring terhadap bagian/organ lain :

  1. nasofaring merupakan hubungan nasal/hidung dgn faring
  2. orofaring merupakan hubungan oral/mulut dgn faring
  3. hipofaring/laringofaring merupakan hubungan faring dengan laring

In reply to 2110101065 RIZFI PRAMESI LALITA FASYA

Re: Diskusi Sistem Respirasi Kelas A

by 2110101008 PITA ANINGSIH -

Assalamualikum wr.wb

Nama: Pita Aningsih

NIM: 2110101008

Izin menjawab pertanyaan dari mbak Rizfi


DalamĀ bahasa Yunani,Ā pharynxĀ adalahĀ tenggorokĀ atau kerongkongan yang merupakan bagian dariĀ sistem pencernaanĀ danĀ sistem pernapasan. Istilah ini terutama dipakai dalam kalangan ilmuĀ kedokteran. Faring adalah tabung fibromuskular yang terdapat persis didepan tulang leher yang berhubungan denganĀ rongga hidung, rongga telinga tengah, danĀ laring.

Bagian Faring :Ā 

1. Faring Nasal Yang Berhubungan Dengan Rongga Hidung.
2. Faring Oral Yang Berhubungan Dengan Rongga Paru-Paru.
3. Faring Laryngeal Yang Berhubungan dengan Epiglotis Dari Laring Serta Menuju Ke Esofagus.

Sekian , Terimakasih

Wassalamualikum wr.wb

In reply to 2110101065 RIZFI PRAMESI LALITA FASYA

Re: Diskusi Sistem Respirasi Kelas A

by 2110101013 AMIRA EXFENA NAVISA -

Wa'alaikumsalam wr. wb.

Nama : Amira Exfena

NIM ; 2110101013

Izin menjawab pertanyaan mb rizfi seputar apa saja bagian dari faring? Dan, apakah struktur masing-masing ketiga bagian bisa saling berhubungan?

Jadi mba, struktur/bagian dari faring itu ada 3 :

  • Faring ā€“ bagian tenggorokan yang menghubungkan mulut dengan rongga hidung pada esofagus dan laring, melalui tabung berotot. Berperan sebagai jalan bagi makanan dan udara untuk mencapai lambung dan paru-paru. Faring terbagi menjadi tiga bagian, yaitu nasofaring (bagian atas, terdiri dari langit-langit mulut lunak dan keras), orofaring (bagian tengah, terdiri dari uvula dan amandel), dan laringofaring (bagian bawah, terdiri dari epiglotis dan saluran menuju esofagus atau laring). Fungsi faring ini mba tidak hanya sebagai jalur untuk udara, makanan, dan air, tetapi juga membantu Anda untuk bisa berbicara.Ā 

Betul, jika struktur masing-masing bagian haruslah saling terhubung satu sama lain demi proses jalan masuknya udara, berbicara, dan proses menelannya makanan sekaligus mendorongnya kedalam kerongkongan. Jika salah satu ada yang tidak terhubung/mengalami gangguan maka, kemungkinan besar seseorang mengalami disfagia yg mana penderita akan merasa sakit otot, penyumbatan pada kerongkongan, penyakit gangguan saraf yg menyebabkan sulit menelan makanan & minuman, serta nyeri ulu hati. Semoga menjawab ya mba.