Profil Mata Kuliah
A. FOTO PJ MK
B. SALAM PEMBUKA
Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh.
Selamat datang rekan-rekan mahasiwa yang kami banggakan. Segala puji kita panjatkan kepada Allah SWT atas berkat rahmat dan karunia-Nya kita dapat belajar bersama.
Selamat datang di mata kuliah Perilaku Konsumen jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial Humaniora, Universitas 'Aisyiyah Yogyakarta. Mata kuliah ini ditujukan bagi peserta didik yang sedang mengambil program S1 Manajemen.
Selamat mengikuti perkuliahan dengan baik. Salam hangat dan tetap semangat!
Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh
Fitri Maulidah Rahmawati, S.E., M.Si
C. DESKRIPSI MATA KULIAH
Mata kuliah ini merupakan mata kuliah yang diberikan guna dapat memberikan mahasiswa pemahaman mengenai apa dan bagaimana konsep perilaku konsumen, memahami perilaku konsumen, merancang dan memahami strategi sesuai dengan perilaku, memahami produk barang serta jasa, memahami perilaku konsumen pada revolusi industry 4.0. Mata kuliah ini juga memiliki praktik yang tujuannya mahasiswa dapat memahami bagaimana perilaku konsumen dalam kehidupan sehari-hari pada akhirnya seluruh teori pada mata kuliah perilaku konsumen dapat diketahui bentuk aplikasinya dalam kehidupan sehari-hari, sehingga diharapakan bisa menambah pengetahuan mahasiswa yang sekaligus dapat menjadi bekal dalam memasuki dan menghadapi dunia kerja.
D. BAHAN KAJIAN
1. Teori dasar perilaku konsumen
2. Aspek internal dalam perilaku konsumen
3. Aspek eksternal dalam perilaku konsumen
4. Perilaku konsumen
E.
PETA PEMBELAJARAN
F. STRUKTUR PELAKSANAAN
Perkuliahan dilaksanakan dalam kurun waktu 1 semester. Adapun struktur pelaksanaannya adalah sebagai berikut :
1. Peserta didik diwajibkan membaca materi dan konten yang diberikan per pokok bahasan yang diikuti dengan berpartisipasi secara aktif dalam diskusi dan segala bentuk keaktifan di dalam kelas.
2. Peserta didik diwajibkan mengerjakan tugas dan kuis yang harus dikumpulkan sesuai waktu yang ditentukan.
3. Peserta didik diwajibkan mengikuti Ujian Tengah Semester dan Ujian Akhir Semester.
G. ASSESMENT
NO |
HURUF |
SKOR |
BOBOT |
KUALITATIF |
1. |
A |
80-100 |
4.00 |
Pujian (Sangat Baik) |
2. |
A- |
77-79 |
3.75 |
Lebih dari Baik |
3. |
AB |
75-76 |
3.50 |
Lebih dari Baik |
4. |
B+ |
73-74 |
3.25 |
Lebih dari Baik |
5. |
B |
70-72 |
3.00 |
Baik |
6. |
B- |
66-69 |
2.75 |
Lebih dari Cukup |
7. |
BC |
63-65 |
2.50 |
Lebih dari Cukup |
8. |
C+ |
59-62 |
2.25 |
Lebih dari Cukup |
9. |
C |
55-58 |
2.00 |
Cukup |
10. |
C- |
51-54 |
1.75 |
Hampir Cukup |
11. |
CD |
48-50 |
1.50 |
Hampir Cukup |
12. |
D |
41-47 |
1.00 |
Kurang |
13 |
E |
≤ 40 |
0.00 |
Sangat Kurang |
H. DOSEN PENGAMPU
Fitri Maulidah Rahmawati, S.E., M.Si
I. DAFTAR RUJUKAN
A. Utama
1. Perilaku Konsumen dan Strategi Pemasaran. 2014. J. Paul Peter dan Jerry C. Olson. Salemba Empat: Jakarta
2. Swastha, Basu dan T. hani Handoko. 2011. Analisis Perilaku Konsumen. BPFE : Yogyakarta
B. Tambahan
1. Tjiptono, Fandy. 2012. Strategi Pemasaran. Penerbit Andi : Yogyakarta
2. Tjiptono, Fandy. 2018. Manajemen Jasa. Penerbit Andi : Yogyakarta.