Weekly outline

  • BAITUL ARQAM PIMPINAN DAERAH MUHAMMADIYAH






  • Pendahuluan

    KETUA MAJELIS PENDIDIKAN KADER PP MUHAMMADIYAH

    Assalamualaikumwarahmatullahiwabarakaatuh

    Puji dan syukur yang hakiki hanya milik Allah semata, yang telah melimpahkan kasih sayang-Nya untuk umat dan alam semesta. Shalawat serta Salam selalu tercurahkan untuk manusia pilihan Ilahi yakni Nabi Muhammad SAW, yang telah membawa umat manusia dari zaman kegelapan hingga zaman terang benderang, yang dengan Perjuangannya dapat mengantarkan kita menjadi umat pilihan yang terlahir untuk seluruh umat manusia demi menuju Ridha-Nya.

    Muhammadiyah sebagai gerakan Islam berdasarkan alQur’an dan Hadist dengan watak tajdidnya selalu berusaha utuk istiqomah dalam melaksanakan amar ma’ruf nahi munkar di segala bidang kehidupan. Dalam gerakan pencerahan, Muhammadiyah mengembangkan diri dari upaya revitalisasi menuju transformasi yang melahirkan amal usaha dan amal sosial kemasyarakatan dengan memihak kaum dhu’afa dan mustadifiin serta memperkuat civil society dalam rangka menegakkan dan menjunjung tinggi agama Islam sehingga terwujud masyarakat Islam yang sebenar-benarnya.

    Baitul Arqam adalah salah satu kegiatan Muhammadiyah yang biasa dijadikan sebagai ajang penambah wawasan dan pengetahuan. K.H Ahmad Dahlan telah meletakkan landasan dasar pendidikan yang harus dikembangkan, yaitu pendidikan akhlak (karakter), yaitu sebagai usaha untuk menanamkan karakter manusia yang baik berdasarkan alQur’an dan Sunnah, Pendidikan Individual, yaitu sebagai usaha untuk menumbuhkan kesadaran individu yang utuh,yang berkeseimbangan antara perkembangan mental dan jasmani, keyakinan dan intelek, perasaan dan akal, dunia dan akhirat, dan Pendidikan Sosial, yaitu sebagai usaha untuk menumbuhkan kesediaan dan keinginan hidup bermasyarakat. Yang dimaksud pendidikan akhlak adalah menanamkan sejak dini nilai-nilai keagamaan yang terpuji ke dalam peserta didik Muhammadiyah yang terrefleksikan dalam perilaku, sikap dan pemikiran dalam kehidupan sehari-hari.

    Pandemi corona virus (COVID-19) yang memaksa setiap warga untuk di rumah saja memerlukan gagasan yang bersifat aktual sebagai upaya merawat semangat bermuhammadiyah, meski berjarak sehingga hanya bisa dilakukan dengan memanfaatkan layanan teknologi informasi. Di masa Pandemi ini Baitul Arqam dapat menjadi alternatif untuk mengembangkan potensi, pemahaman dan wawasan ajaran Islam berdasarkan al-Qur’an dan al-Sunnah. Baitul Arqam dapat dilaksanakan dengan pemanfaatan LMS ( Learning management system)

    Media teknologi sangat berperan penting bagi kelangsungan pembelajaran jarak jauh di samping itu mahasiswa, dosen dan sivitas akademika lainnya mulai melangsungkan berbagai kegiatan yang dilaksanakan secara daring melalui beberapa media online (daring) yang telah tersedia seperti Google meet, zoom, dan lain sebagainya. Maka kegiatan Baitul Arqam harus tetap terlaksana walaupun di situasi seperti saat ini, semangat bermuhammadiyah harus tetap di galakkan untuk mencapai tujuan muhammadiyah yaitu menjunjung tinggi agama Islam sehingga terwujud pmasyarakat Islam yang sebenar-benarnya.

    Wassalamualaikumwarahmatullahiwabarakaatuh

    KetuaMajelisPendidikan Kader PP Muhammadiyah

    Dr. H. Ari Anshori, M.Ag
    • Pengumuman


      TEKNIS BA



      PEMBAGIAN KELOMPOK

      1. Peserta BA akan dibagi menjadi beberapa kelompok dibawah koordinasi INSTRUKTUR

      2. Siapkan 1 ketua KELOMPOK.

      3. Setiap kelompok dibawah 1 INSTRUKTUR ( Nama dan No HP Fasilitator/Instruktur diinfokan di elearning)

      4. Setiap kelompok BA WAJIB membuat WAG (WA Group) dengan anggota peserta yang akan ikut BA. Instruktur BA dimasukkan di WAG. Contoh WAG: BA KELOMPOK 1

      5. Sebelum BA dimulai semua anggota BA sudah masuk WAG KELOMPOK

      6. Komunikasi BA dengan instruktur lewat WAG dan E-learning.


      ATURAN SAAT MASUK KELAS BESAR (ZOOM)

      1. Identitas Diri berupa NomorKelompok_NamaLengkap_. contoh : 1_Koh Aziz

      2. Peserta wajib membuka Video dan mematikan Speaker

      3. Saat peserta membuka zoom otomatis sudah presensi hadir

      4. Chat hanya untuk bertanya, tidak boleh diisi dengan komentar dll

      5. Saat bertanya dalam chat bisa menuliskan nama dan kelompok


      Maret 2021

      TIM BA Online MPK PPM



      • #HARI PERTAMA

        =================================================
        • =>> PEMBUKAAN

          Assalamu'alaikum Wr Wb.

          Para peserta Baitul Arqam yang terhormat

          Pembukaan dilakukan dengan media zoom. Silakan masuk ruang zoom  melalui link yang telah disiapkan. Ketua PDM/PCM  akan memberikan sambutan di acara pembukaan dan pembukaan Baitul Arqam dilakukan oleh MPK PPM. 

          Setelah pembukaan, peserta Baitul Arqam dibagi ke dalam kelompok-kelompok di dalam kelas masing-masing.  Setiap kelas/kelompok peserta didampingi oleh seorang instruktur atau fasilitator yang akan membersamai peserta selama Baitul Arqam. 

          Instruktur memiliki komitmen tinggi dalam berdakwah  melalui Muhammadiyah. Dakwah dalam berbagai bentuk, berbagai profesi tetapi dalam satu wadah Muhammadiyah.

          Peserta memiliki kesempatan seluasnya untuk berdialog dengan beliau-beliau selama Baitul Arqam  ini melalui e-learning. 

          Wassalamu'alaikum Wr. Wb.

          Maret 2021

          Tim BA Online MPK PPM

          =========================================

          Pedoman Pelaksanaan Baitul Arqam: Klik Disini

          • =>> Pre-Test & Orientasi dan Kontrak Belajar

            Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarokatuh..

            Pada sesi ini silakan saudara mendengarkan dan mencermati media video ppt bersuara yang ada dalam link di bawah. Setelah itu kerjakan pre tes Baitul Arqam dan isi pula komitmen dalam beraktifitas selama mengikuti Baitul Arqam.

            Selama beraktifitas, semoga Allah senantiasa menganugerahkan kesehatan pada kita semua, Aamiin.


          • #HARI KEDUA

            =================================================

            • Materi 6: Pedoman Hidup Islami Warga Muhammadiyah


            • Materi 7: Profil Kader dan Nilai Perjuangan Tokoh Muhammadiyah

              Assalamu'alaikum..

            • Materi 8: Manajemen Organisasi dan Akhlak Bermuhammadiyah

              Pada sisi ini dipesilakan untuk rehat sholat. Silakan donlod bacaan doa-doa setelah sholat dalam link ini. Sialakn kerjakan assigmen yang telah dikerjakan dan uplod di dalam e-learning ini, juga kerjakan skala sikap yang telah disediakan. 

            • Materi 9: Revitalisasi Pendidikan Muhammadiyah

               
            • =>> Post-Test & Rencana Tindak Lanjut

              Assalamu'alaikum..

              Peserta Baitul Arqam, ini meupakan sesi terakhir pada Baitul Arqam ini sebelum penutupan. Pada sesi ini akan mengawali penutupan yang akan menggunakan media zoom. Sebelum saudara memasukan ruang zoom silakan mengerjakan post test dan evaluasi Baitul Arqam. 

              Terimakasih

              MPK PP Aisyiyah


            • =>> PENUTUPAN

              Assalamu'alakum Wr Wb.

              Penutupan baitul Arqam dilakukan dengan media zoom. Silakan masuk dalam ruang zoom yang telah disiapkan. Selamat kami ucapakan kepada semua peserta Baitul Arqam dan para instruktur, semoga kita semua sukses dan berhasil melakukan perubahan untuk diri sendiri dan semoga menebar kepada orang-orang di lingkaran terdekat kita. Semoga Allah senantiasa meridloi setiap upaya yang kita lakukan untuk menjadi lebih baik. Aamiin.


              Wassalamu'alaikum Wr Wb.

              MPK PP Muhammadiyah