Profil Mata Kuliah
A. FOTO PJ MK
B. SALAM PEMBUKA
Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh.
Selamat datang rekan-rekan mahasiwa yang kami banggakan. Segala puji kita panjatkan kepada Allah SWT atas berkat rahmat dan karunia-Nya kita dapat belajar bersama.
Selamat datang di mata kuliah Manajemen Pemasaran Jasa jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial Humaniora, Universitas 'Aisyiyah Yogyakarta. Mata kuliah ini ditujukan bagi peserta didik yang sedang mengambil program S1 Manajemen.
Selamat mengikuti perkuliahan dengan baik. Salam hangat dan tetap semangat!
Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh
Era Agustina Yamini, S.E., M.Sc
C. DESKRIPSI MATA KULIAH
Mata kuliah ini merupakan mata kuliah yang diberikan guna dapat memberikan mahasiswa pemahaman mengenai pemasaran bisnis yang mengintegrasikan tiga pendekatan teori, diantaranya: manajemen pemasaran secara umum, manajemen operasi dan manajemen sumber daya manusia. Diharapkan melalui mata kuliah ini mahasiswa mampu berfikir secara sistematik dan komperhensif dalam melihat persoalan pemsaran bidang jasa.
D. BAHAN KAJIAN
1. Konsep Dasar Pemasaran Jasa
2. Delivering Service
3. Service Development
4. Service Quality Assurance
E. CAPAIAN PEMBELAJARAN MATA KULIAH
Setelah mempelajari dan menyelesaikan mata kuliah ini, mahasiswa mampu:
1. CPMK 1
Mampu Menguasai Konsep Dasar Pemasaran Jasa (S2, PP5)
2. CPMK 2
Mampu membangun Service Development (S2, KU1)
3. CPMK 3
Mampu melakukan Delivering Service (S2, KU2)
4. CPMK 4
Mampu berkomunikasi Service Quality Assurance (S2, KK7)
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-CPMK)
1. Sub CPMK 1
Mampu Menguasai Konsep Dasar Pemasaran Jasa ( C2, A2 ) ( CPMK1 )
2. Sub CPMK 2
Mampu Menganalisis Perilaku Konsumen Jasa ( C4, A3 ) ( CPMK1 )
3. Sub CPMK 3
Mampu Menganalisis Strategi Pengembangan pada Jasa ( C4, A3 ) ( CPMK2 )
4. Sub CPMK 4
Mampu Menguasai Strategi Pengelolaan SDM Jasa ( C5, A3) ( CPMK2 )
5. Sub CPMK 5
Mampu Menganalisis Segmentasi ( C4, A2 ) ( CPMK3 )
6. Sub CPMK 6
Mampu Menganalisis Targeting dan Positioning ( C4, A3 ) ( CPMK3 )
7. Sub CPMK 7
Mampu Menganalisis Manajemen Kualitas Jasa ( C4, A2 ) ( CPMK4 )
8. Sub CPMK 8
Mampu Menguasai E Business dan E-Commerce dalam Konteks Jasa ( C5, A3 ) ( CPMK4 )
F. PETA PEMBELAJARAN
G. STRUKTUR PELAKSANAAN
Perkuliahan dilaksanakan dalam kurun waktu 1 semester. Adapun struktur pelaksanaannya adalah sebagai berikut :
1. Peserta didik diwajibkan membaca materi dan konten yang diberikan per pokok bahasan yang diikuti dengan berpartisipasi secara aktif dalam diskusi dan segala bentuk keaktifan di dalam kelas.
2. Peserta didik diwajibkan mengerjakan tugas dan kuis yang harus dikumpulkan sesuai waktu yang ditentukan.
3. Peserta didik diwajibkan mengikuti Ujian Tengah Semester dan Ujian Akhir Semester.
H. ASSESMENT
NO |
HURUF |
SKOR |
BOBOT |
KUALITATIF |
1. |
A |
80-100 |
4.00 |
Pujian (Sangat Baik) |
2. |
A- |
77-79 |
3.75 |
Lebih dari Baik |
3. |
AB |
75-76 |
3.50 |
Lebih dari Baik |
4. |
B+ |
73-74 |
3.25 |
Lebih dari Baik |
5. |
B |
70-72 |
3.00 |
Baik |
6. |
B- |
66-69 |
2.75 |
Lebih dari Cukup |
7. |
BC |
63-65 |
2.50 |
Lebih dari Cukup |
8. |
C+ |
59-62 |
2.25 |
Lebih dari Cukup |
9. |
C |
55-58 |
2.00 |
Cukup |
10. |
C- |
51-54 |
1.75 |
Hampir Cukup |
11. |
CD |
48-50 |
1.50 |
Hampir Cukup |
12. |
D |
41-47 |
1.00 |
Kurang |
13 |
E |
≤ 40 |
0.00 |
Sangat Kurang |
I. DOSEN PENGAMPU
Era Agustina Yamini, S.E., M.Sc.
Fitri Maulidah Rahmawati, S.E., M.Si.
J. DAFTAR RUJUKAN
A. Utama
- Alma, Buchari. 2013. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Penerbit Alfabeta, Bandung
- Tjiptono, Fandy. 2014, Pemasaran Jasa – Prinsip, Penerapan, dan Penelitian, Andi Offset, Yogyakarta.
- Lupiyoadi, Rambat. 2013, Manajemen Pemasaran Jasa Berbasis Kompetensi, Salemba Empat, Jakarta.
B. Tambahan
- Kotler, P. 2013, Manajemen Pemasaran, Analisis Perencanaan dan Pengendalian , Prehallindo, Jakarta.
C. Luaran penelitian penelitian dosen atau PkM dosen: