Profil Mata Kuliah
A. FOTO PJ MK
B. SALAM PEMBUKA
Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh.
Selamat datang rekan-rekan mahasiwa yang kami banggakan. Segala puji kita panjatkan kepada Allah SWT atas berkat rahmat dan karunia-Nya kita dapat belajar bersama.
Selamat datang di mata kuliah Seminar Manajemen Pemasaran jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial Humaniora, Universitas 'Aisyiyah Yogyakarta. Mata kuliah ini ditujukan bagi peserta didik yang sedang mengambil program S1 Manajemen.
Selamat mengikuti perkuliahan dengan baik. Salam hangat dan tetap semangat!
Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh
Era Agustina Yamini, S.E., M.Sc.
C. DESKRIPSI MATA KULIAH
Mata kuliah ini bertujuan memahami konsep-konsep pemasaran melalui artikel empiris dari penelitian – penelitian tentang pemasaran terkini, agar mahasiswa mendalami topik bahasan mata kuliah terkait sebelumnya khususnya manajemen pemasaran, perilaku konsumen, serta strategi komunikasi pemasaran. Dengan demikian, mahasiswa akan memperoleh gambaran dan wawasan baru tentang pengelolaan pemasaran dan konsumen secara empiris serta mampu menyiapkan proposal skripsi penelitian pemasaran.
D. BAHAN KAJIAN
1. Konsep dasar penelitian
2. Pendalaman teori
3. Teknik penyusunan proposal penelitian
4. Seminar penelitian
E. CAPAIAN PEMBELAJARAN MATA KULIAH
Setelah mempelajari dan menyelesaikan mata kuliah ini, mahasiswa mampu:
1. CPMK 1
Mampu menjelaskan Konsep dasar Seminar Manajemen PEMASARAN (S3, KU2)
2. CPMK 2
Mampu mengaplikasikan Artikel Manajemen PEMASARAN ( S3, KU2)
3. CPMK 3
Mampu menjelaskan Teknik penyusunan Judul, Latar Belakang dan Rumusan Masalah (S3, KK12)
4. CPMK 4
Mampu menjelaskan Teknik Penyusunan Landasan Teori dan Hipotesis (S3, KK12)
5. CPMK 5
Mampu menjelaskan Teknik Penyusunan Metodologi Penelitian (S3, KK12)
6. CPMK 6
Mampu menjelaskan Seminar Penelitian (S3, KK22)
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-CPMK)
1. Sub CPMK 1
Mampu menjelaskan Etika Komunikasi Bimbingan (C2/A2/CPMK1)
2. Sub CPMK 2
Mampu menjelaskan Teori Seminar Manajemen Pemasaran (C2/A2/CPMK1)
3. Sub CPMK 3
Mampu mengaplikasikan Artikel Seminar Manajemen Pemasaran terdahulu (C3/A2/CPMK2)
4. Sub CPMK 4
Mampu mengaplikasikan Artikel Seminar Manajemen Pemasaran Terkini (C3/A2/CPMK2)
5. Sub CPMK 5
Mampu mengaplikasikan Penyusunan Judul dan Latar Belakang (C4/A2/ CPMK3)
6. Sub CPMK 6
Mampu mengaplikasikan Penyusunan Rumusan Masalah (C4/A2/ CPMK3)
7. Sub CPMK 7
Mampu mengaplikasikan Penyusunan Landasan Teori (C4/A2/ CPMK4)
8. Sub CPMK 8
Mampu mengaplikasikan Penyusunan Penyusunan Hipotesis (C4/A2/ CPMK4)
9. Sub CPMK 9
Mampu mengaplikasikan Penyusunan Penyusunan Metode Penelitian (C4/A2/ CPMK5)
10. Sub CPMK 10
Mampu mengaplikasikan Penyusunan Penyusunan Model Penelitian (C4/A2/ CPMK5)
11. Sub CPMK 11
Mampu mengaplikasikan Penyusunan Presentasi Proposal (C4/A2/ CPMK6)
12. Sub CPMK 12
Mampu mengaplikasikan Penyusunan Presentasi Proposal Lanjutan (C4/A2/ CPMK6)
F. PETA PEMBELAJARAN
G. STRUKTUR PELAKSANAAN
Perkuliahan dilaksanakan dalam kurun waktu 1 semester. Adapun struktur pelaksanaannya adalah sebagai berikut :
1. Peserta didik diwajibkan membaca materi dan konten yang diberikan per pokok bahasan yang diikuti dengan berpartisipasi secara aktif dalam diskusi dan segala bentuk keaktifan di dalam kelas.
2. Peserta didik diwajibkan mengerjakan tugas dan kuis yang harus dikumpulkan sesuai waktu yang ditentukan.
3. Peserta didik diwajibkan mengikuti Ujian Tengah Semester dan Ujian Akhir Semester.
H. ASSESMENT
NO |
HURUF |
SKOR |
BOBOT |
KUALITATIF |
1. |
A |
80-100 |
4.00 |
Pujian (Sangat Baik) |
2. |
A- |
77-79 |
3.75 |
Lebih dari Baik |
3. |
AB |
75-76 |
3.50 |
Lebih dari Baik |
4. |
B+ |
73-74 |
3.25 |
Lebih dari Baik |
5. |
B |
70-72 |
3.00 |
Baik |
6. |
B- |
66-69 |
2.75 |
Lebih dari Cukup |
7. |
BC |
63-65 |
2.50 |
Lebih dari Cukup |
8. |
C+ |
59-62 |
2.25 |
Lebih dari Cukup |
9. |
C |
55-58 |
2.00 |
Cukup |
10. |
C- |
51-54 |
1.75 |
Hampir Cukup |
11. |
CD |
48-50 |
1.50 |
Hampir Cukup |
12. |
D |
41-47 |
1.00 |
Kurang |
13 |
E |
≤ 40 |
0.00 |
Sangat Kurang |
I. DOSEN PENGAMPU
Era Agustina Yamini, S.E., M.Sc.
Fitri Maulidah Rahmawati, S.E., M.Si.
J. DAFTAR RUJUKAN
A. Utama
- Cooper, D.R., & Schindler, P.S. 2013. Business Research Methods. New York: McGraw-Hill.
- Kotler, P., & Keller, L. 2019. Marketing Management. New Jersey: Prentice Hall. 2.
- Sekaran, Uma dan Roger Bougie, 2013, Metode Penelitian untuk Bisnis, edisi 6, Jakarta : Salemba Empat.
B. Tambahan
- Sugiyono, 2016, Metode Penelitian Kombinasi, cetakan ke-8, Bandung : Penerbit Alfabeta.
C. Luaran Penelitian penelitian dosen atau PkM dosen:
1. Era Agustina Yamini. 2018. Pengaruh Lingkungan Toko, Motivasi Hedonis dan Bauran Pemasaran pada Pembelian Spontan dengan Emosi Positif sebagai Variabel Pemedias; Studi pada Generasi Y