Profil MK Manajemen Pemasaran Internasional
A. FOTO PJ MK
B. SALAM PEMBUKA
Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh.
Selamat datang rekan-rekan mahasiwa yang kami banggakan. Segala puji kita panjatkan kepada Allah SWT atas berkat rahmat dan karunia-Nya kita dapat belajar bersama.
Selamat datang di mata kuliah Bisnis Pengantar jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial Humaniora, Universitas 'Aisyiyah Yogyakarta. Mata kuliah ini ditujukan bagi peserta didik yang sedang mengambil program S1 Manajemen.
Selamat mengikuti perkuliahan dengan baik. Salam hangat dan tetap semangat!
Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh
Era Agustina Yamini, S.E., M.Sc
C. DESKRIPSI MATA KULIAH
Mata kuliah ini merupakan mata kuliah yang diberikan guna dapat memberikan mahasiswa pemahaman mengenai apa dan bagaimana konsep pemasaran internasional, memahami pemasaran internasional, memahami strategi ketika memasuki pasar internasional , memahami produk barang serta jasa pada pemasaran internasion. Mata kuliah ini juga memiliki praktik yang tujuannya mahasiswa dapat memahami bagaimana perilaku konsumen dalam kehidupan sehari-hari pada akhirnya seluruh teori pada mata kuliah perilaku konsumen dapat diketahui bentuk aplikasinya dalam kehidupan sehari-hari, sehingga diharapakan upe menambah pengetahuan mahasiswa yang sekaligus dapat menjadi bekal dalam memasuki dan menghadapi dunia kerja.
D. BAHAN KAJIAN
E. CAPAIAN PEMBELAJARAN MATA KULIAH
1. Mahasiswa mampu memahami konsep dasar pemasaran, mengelola hubungan pelanggan yang menguntungkan, memahami lingkungan pemasaran, mengelola informasi pemasaran, memahami pasar konsumen (pasar konsumen dan perilaku pembelian, pasar bisnis dan perilaku pembelian bisnis), merancang strategi pemasaran dan bauran pemasaran ( menciptakan nilai bagi pasar sasaran melalui STP), memahami; produk, jasa, strategi penentuan merek, pengembangan produk baru, strategi siklus hidup produk, penetapan harga produk,
2. Mahasiswa mampu mengaplikasikan konsep pemasaran kedalam kehidupan sehari-hari, baik sebagai praktisi maupun ketika menghadapi dunia kerja
F. PETA PEMBELAJARAN
G. STRUKTUR PELAKSANAAN
Perkuliahan dilaksanakan dalam kurun waktu 1 semester. Adapun struktur pelaksanaannya adalah sebagai berikut :
1. Peserta didik diwajibkan membaca materi dan konten yang diberikan per pokok bahasan yang diikuti dengan berpartisipasi secara aktif dalam diskusi dan segala bentuk keaktifan di dalam kelas.
2. Peserta didik diwajibkan mengerjakan tugas dan kuis yang harus dikumpulkan sesuai waktu yang ditentukan.
3. Peserta didik diwajibkan mengikuti Ujian Tengah Semester dan Ujian Akhir Semester.
H. ASSESMENT
NO |
HURUF |
SKOR |
BOBOT |
KUALITATIF |
1. |
A |
80-100 |
4.00 |
Pujian (Sangat Baik) |
2. |
A- |
77-79 |
3.75 |
Lebih dari Baik |
3. |
AB |
75-76 |
3.50 |
Lebih dari Baik |
4. |
B+ |
73-74 |
3.25 |
Lebih dari Baik |
5. |
B |
70-72 |
3.00 |
Baik |
6. |
B- |
66-69 |
2.75 |
Lebih dari Cukup |
7. |
BC |
63-65 |
2.50 |
Lebih dari Cukup |
8. |
C+ |
59-62 |
2.25 |
Lebih dari Cukup |
9. |
C |
55-58 |
2.00 |
Cukup |
10. |
C- |
51-54 |
1.75 |
Hampir Cukup |
11. |
CD |
48-50 |
1.50 |
Hampir Cukup |
12. |
D |
41-47 |
1.00 |
Kurang |
13 |
E |
≤ 40 |
0.00 |
Sangat Kurang |
I. DOSEN PENGAMPU
Era Agustina Yamini, S.E., M.Sc
Fitri Maulidah Rahmawati, S.E., M.Si.
J. DAFTAR RUJUKAN
1. Pemasaran Global. Fandi Tjiptono. 2012. UPP STIM YKPN: Yogyakarta
2. Keegan, Warren J (2011), Global Marketing Management, Seventh edition, Prentice Hall.( Sixth edition, Pearson)
3. The Best Indonesiaon Cases, Hermawan Kartajawa dan Edwin Hadi. 2014. PT. Gramedia Pustaka Utama: Jakarta