Profil MK Manajemen Strategik
Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh.
Selamat datang rekan-rekan mahasiwa yang kami banggakan. Segala puji kita panjatkan kepada Allah SWT atas berkat rahmat dan karunia-Nya kita dapat belajar bersama.
Selamat datang di mata kuliah Manajemen Strategik jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial Humaniora, Universitas 'Aisyiyah Yogyakarta. Mata kuliah ini ditujukan bagi peserta didik yang sedang mengambil program S1 Manajemen.
Selamat mengikuti perkuliahan dengan baik. Salam hangat dan tetap semangat!
Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh.
Fitri Maulidah Rahmawati, S.E., M.Si.
A. Deskripsi Mata Kuliah
Pada mata kuliah ini mahasiswa belajar tentang konsep dasar manajemen strategi, komponen manajemen strategi yang akan menjadi dasar pengetahuan mengenai strategi yang harus dilakukan ketika nanti sudah terjun ke dunia bisnis atau kerja serta manajemen strategi menjadi hal penting yang harus menjadi dasar dalam melakukan pengambilan keputusan bisnis serta dalam mengevaluasi dan mengendalikan masalah yang ada dalam suatu organisasi.
B. Capaian Pembelajaran Mata Kuliah
- Mahasiswa mampu menjelaskan visi, misi dan tujuan perusahaan, tanggung jawab sosial dan etika bisnis, lingkungan eksternal, lingkungan internal dan lingkungan global (S9, PP2).
- Mahasiswa mampu menjelaskan strategi bisnis, multibisnis, struktur organisasional, kepemimpinan dan budaya (KU6, KK4).
C. Bobot Penilaian
1. Ujian Tengah Semester : 30%
2. Ujian Akhir Semester : 30%
3. Tugas, Presentasi & keaktifan : 40%
D. SUMBER BUKU
a. Wajib
1. Fred R. David., (2015). “Manajemen SStrategik”, Edisi 15, Salemba Empat, Jakarta.
b. Anjuran
1. Ismail Solihin., (2016). “Manajemen Strategik”, Erlangga. Jakarta.
2. John A. Pearce dan Richard B. Robinson, Jr., (2015). “Manajemen Strategik”, Salemba Empat, Jakarta.
3. Nanang Fattah., (2017), “Manajemen Strategik Berbasis Nilai”, Rosda. Jakarta.
4. Suwarsono Muhammad., (2018). “Manajemen Strategik Konsep dan Alat Analisis”, UPP STIM YKPN, Yogyakarta.
5. Journal dan Artikel Etika Bisnis.
E. GRADING SCHEMESKOR | DESKRIPSI |
80 - 100 | Hasil jawaban menggunakan metode yang tepat, analisis yang sistematis, benar dan bahasa baik |
70 - <80 | Hasil jawaban menggunakan metode yang tepat, analisis yang sistematis dan benar |
55 -<70 | Hasil jawaban menggunakan metode yang tepat dan analisis yang tidak sistematis |
40 -<55 | Hasil jawaban menggunakan metode yang kurang tepat, analisis yang tidak sistematis |
… < 40 | Tidak menjawab |
F. DOSEN PENGAMPU
1. Fitri Maulidah Rahmawati, S.E., M.Si.
2. Dr. Agus Syamsudin, M.M.