Profil Mata Kuliah
A. FOTO PJ MK
B. SALAM PEMBUKA
Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh.
Selamat datang rekan-rekan mahasiwa yang kami banggakan. Segala puji kita panjatkan kepada Allah SWT atas berkat rahmat dan karunia-Nya kita dapat belajar bersama.
Selamat datang di mata kuliah Etika Bisnis jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial Humaniora, Universitas 'Aisyiyah Yogyakarta. Mata kuliah ini ditujukan bagi peserta didik yang sedang mengambil program S1 Manajemen.
Selamat mengikuti perkuliahan dengan baik. Salam hangat dan tetap semangat!
Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh
Dian Retnaningdiah, SE,.M.Si
C. DESKRIPSI MATA KULIAH
Pada mata kuliah ini mahasiswa diberikan pemahaman menegnai pentingnya moralitas dalam kegiatan bisnis dan ekonomi. Moralitas merupakan aspek baik maupun buruk, terpuji atau tercela yang akan membawa perilaku manusia menjadi diperbolehkan atau tidak diperbolehkan. Studi etika bisnis diharapkan akan menjadikan mahasiswa sebagai pebisnis di masa depan yang berpegang pada moral mahasiswa memepelajari pengantar bisnis dan etika dalam dunia modern, teori-teori etika keadilan dalam bisnis, pasar bebas dan oligopoli dan peran pemerintah, pasar monopoli dan oligopoli serta peran pemerintah di bisnis, keuntungan bagi tujuan perusahaan, etika dan lingkungan, etika berproduksi dan pemasaran konsumen, etika dalam diskriminasi pekerjaan, individu dalam organisasi.
D. BAHAN KAJIAN
1. Dasar-dasar etika bisnis
2. Etika bisnis dalam praktek
3. Etika bisnis dalam islam
E. CAPAIAN PEMBELAJARAN MATA KULIAH
Setelah mempelajari dan menyelesaikan mata kuliah ini, mahasiswa mampu:
1. Mahasiswa mampu menejlaskan mengenai pentingnya moralitas dan kegiatan bisnis dan ekonomi secara logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan/atau teknologi melalui pemahaman mengenai pengantar bisnis dalam dunia modern, teori-teori etika keadilan dalam bisnis, pasar bebas dan oligopoli dan peran pemerintah, pasar monopoli dan oligopoli serta peran pemerintah di bisnis, dan keuntungan bagi tujuan perusahaan (KU10,PPA)
2. Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan daam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral,dan etika : mampu mengkaji impikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan, teknologi atau seni yang memperhatikan dan menerapkan humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah tata cara dan etika ilmiah untuk menghasilkan solusi, gagasan, desain, atau kritik seni. (S2, KU3)
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-CPMK)
1. Mahasiswa memahami materi kuliah etika bisnis secara global.
2. Mahasiswa mampu menguasai konsep tentang bisnis dan etika dalam dunia modern secara mandiri.
3. Mahasiswa mampu menguasai konsep teori etika secara mandiri
4. Mahasiswa mampu menguasai relevansi etika bisnis secara global, etika dalam dunia modern secara mandiri, dan teori etika
5. Mahasiswa mampu menguasai relevansi etika bisnis terhadap pandangan sebuah profesi etis dan perlunya bisnis yang beretika
6. Mahasiswa menguasai Etika Utilitarianisme dalam bisnis akan kriteria, prinsip, niai dan standar, analisi keuntungan dan kerugian. Kelemahan dan pencarian jalan keluar terhadap masalah
7. Mahasiswa menguasai hakikat keadilan, pembagian, keadilan distributif, pendapat bebrapa ahli
8. Mahasiswa mampu menguasai dalam hal penyampaian informasi tentang suatu produk kepada masyarakat
9. Mahasiswa mampu menguasai konsep tanggung jawab sosial perusahaan
10. Mahasiswa memahami kewajiban dan hak karyawan
11. Mahasiswa menguasai tentang etika pasar bebas, keunggulan moral pasar bebas dan peran pemerintah
12. Mahasiswa mampu menguasai masalah yang berkaitan dengan dengan kebijakan pemerintah
13. Mahasiswa mampu menguasai memahami pengertian bisnis dan pemasaran islam
14. Mahasiswa mampu mendefinisikan pengertian kepercayaan transenden dan realitas tentang kepercayaan
F. PETA PEMBELAJARAN
G. STRUKTUR PELAKSANAAN
Perkuliahan dilaksanakan dalam kurun waktu 1 semester. Adapun struktur pelaksanaannya adalah sebagai berikut :
1. Peserta didik diwajibkan membaca materi dan konten yang diberikan per pokok bahasan yang diikuti dengan berpartisipasi secara aktif dalam diskusi dan segala bentuk keaktifan di dalam kelas.
2. Peserta didik diwajibkan mengerjakan tugas dan kuis yang harus dikumpulkan sesuai waktu yang ditentukan.
3. Peserta didik diwajibkan mengikuti Ujian Tengah Semester dan Ujian Akhir Semester.
H. ASSESMENT
NO |
HURUF |
SKOR |
BOBOT |
KUALITATIF |
1. |
A |
80-100 |
4.00 |
Pujian (Sangat Baik) |
2. |
A- |
77-79 |
3.75 |
Lebih dari Baik |
3. |
AB |
75-76 |
3.50 |
Lebih dari Baik |
4. |
B+ |
73-74 |
3.25 |
Lebih dari Baik |
5. |
B |
70-72 |
3.00 |
Baik |
6. |
B- |
66-69 |
2.75 |
Lebih dari Cukup |
7. |
BC |
63-65 |
2.50 |
Lebih dari Cukup |
8. |
C+ |
59-62 |
2.25 |
Lebih dari Cukup |
9. |
C |
55-58 |
2.00 |
Cukup |
10. |
C- |
51-54 |
1.75 |
Hampir Cukup |
11. |
CD |
48-50 |
1.50 |
Hampir Cukup |
12. |
D |
41-47 |
1.00 |
Kurang |
13 |
E |
≤ 40 |
0.00 |
Sangat Kurang |
I. DOSEN PENGAMPU
Dian Retnaningdiah, SE,.M.Si
Fitri Maulidah Rahmawati, S.E., M.Si.
J. DAFTAR RUJUKAN
- Pengantar Etika Bisnis.K.Bertens.2015.Kanisius:Yogyakarta
- Etika Bisnis.A.Sonny Keraf.2018.Kanisius:Yogyakarta
- Etika Bisnis Dalam Islam.Ika Yunia Fauzia.2013.kencana.prenada Media Group:Jakarta