Topic outline

  • PROFIL MATA KULIAH

    MATA KULIAH : Pemeriksaan Laboratorium Kardiovaskuler
    SEMESTER        : 6
    DOSEN PJ         : Putri Kurniasiwi, S.Tr.Kes.


    Foto dosen


  • Deskripsi Mata Kuliah

    Sistem kardiovaskuler merupakan organ sirkulsi darah yang terdiri dari jantung, komponen darah dan pembuluh darah yang berfungsi memberikan dan mengalirkan suplai oksigen dan nutrisi ke seluruh jaringan tubuh yang diperlukan dalam proses metabolisme tubuh. Sistem kardivaskuler memerlukan banyak mekanisme yang bervariasi agar fungsi regulasinya dapat merespons aktivitas tubuh, salah satunya adalah meningkatkan aktivitas suplai darah agar aktivitas jaringan dapat terpenuhi.
    Pada modul ini mahasiswa akan mempelajari tentang sistem peredaran darah yang meliputi organ- organ dalam sistem kardiovaskuler, jenis- jenis penyakit yang berhubungan dengan kardiovaskuler dan teknik- teknik pemeriksaan kardiovaskuler beserta kendali mutu pemeriksaan kardiovaskuler.

    • Bahan Kajian

      Tuliskan Bahan Kajian yang akan dibahas dalam MK

      • Capaian Pembelajaran

        1. Mahasiswa mampu menyebutkan dan menjelaskan anatomi dan fisiologi sistem kardiovaskuler (S9, S11, PP7)
        2. Mahasiswa mampu menyebutkan dan menjelaskan penyakit- penyakit kardiovaskuler (S9, S11, PP7)
        3. Mahasiswa mampu menjelaskan prinsip pemeriksaan kardiovaskuler (S9, S11, PP9)
        4. Mahasiswa mampu mempraktekkan berbagai teknik pemeriksaan kardiovaskuler (S9, S11, KK6)
        5. Mahasiswa mampu melakukan kendali mutu pemeriksaan kardiovaskuler (S9, S11, KK11)

        • Peta Pembelajaran

          Secara garis baris besar, peta pembelajaran dilakukan secara berurutan. Perkuliahan dilakukan dengan metode ____
          Cantumkan bagan peta pembelajaran MK

          • Struktur Pelaksanaan

            Kegiatan belajar mengajar dilaksanakan baik secara synchronous menggunakan ...................................  maupun secara unsynchronous menggunakan .......................................

            • Teori          : 7 x 100 menit
            • Praktikum : 21 x 120 menit
            • Tutorial     : 4 x 100 menit

            • Model Assessment

              Mahasiswa diharapkan untuk aktif melakukan proses pembelajaran mandiri melalui beraneka ragam cara yang tersedia dan memungkinkan, yaitu
              1. Menggunakan referensi yang tersedia
              2. Memanfaatkan berbagai sumber yang ada di internet (jurnal, ebook, youtube, dsb)
              3. Melakukan komunikasi intensif dan kolaboratirf antar sesama mahasiswa
              4. Mengerjakan seluruh latihan dan tugas yang diberikan
              5. Menghadiri sesi perkuliahan dengan dosen pengampu
              6. Mengikuti ujian terjadwal yang telah ditetapkan

              Dalam penyelenggaraan mata kuliah, dosen pengampu menilai peserta didik dengan menggunakan berbagai indikator, antara lain:

              1. Keakftifan dalam mengikuti forum diskusi dan pembelajaran skills di laboratorium
              2. Keteraturan atau frekuensi dalam melakukan akses terhadap sumber daya pendidikan yang tersedia pada aplikasi learning management system yang digunakan.
              3. Persentase kehadiran, dan kualitas interaksi dengan dosen baik secara sinkronus, atau asinkronus.
              4. Kelengkapan dan ketepatan waktu pengumpulan tugas yang diberikan
              5. Partisipasi aktif mengerjakan soal-soal latihan, quiz
              6. Hasil UTS dan UAS

              Keseluruhan kinerja mahasiswa dijadikan bahan evaluasi dosen dalam memberikan penilaian akhir pencapaian mahasiswa dalam mata kuliah yang bersangkutan.

              NOHURUFSKORBOBOTKUALITATIF
              1.A80-1004.00Pujian (Sangat Baik)
              2.A-77-793.75Lebih dari Baik
              3.AB75-763.50Lebih dari Baik
              4.B+73-743.25Lebih dari Baik
              5.B70-723.00Baik
              6.B-66-692.75Lebih dari Cukup
              7.BC63-652.50Lebih dari Cukup
              8.C+59-622.25Lebih dari Cukup
              9.C55-582.00Cukup
              10.C-51-541.75Hampir Cukup
              11.CD48-501.50Hampir Cukup
              12.D41-471.00Kurang
              13E≤ 40
              0.00Sangat Kurang

              • Bobot Penilaian

                Peserta didik akan dievaluasi penguasaan dan pemahaman materi kuliah dengan penilaian sebagai berikut :

                NO

                AKTIVITAS

                NILAI ABSOLUTE

                1

                Ujian Blok (Teori)

                30 %

                2

                Praktikum

                40 %

                3

                Penugasan

                20 %

                 4

                Tutorial

                10 %


                • Dosen Pengampu

                  Pembelajaran Teori:

                  1. dr. Woro Umi Ratih, Sp.PK., M.Kes.
                  2. dr. Wahid Syamsul Hadi, Sp.PK., M.Sc.
                  3. Tri Dyah Astuti, M.kes.


                  Pembelajaran Tutorial:

                  1. Yuyun Nailufar, S.Si., M.Biomed.
                  2. Monika Putri Solikah, S.ST.
                  3. M. Reza Desianto, S.Tr.AK


                  Praktikum:

                  1. Yeni Rahmawati, S.Si., M.Sc.
                  2. Putri Kurniasiwi, S.Tr.Kes.
                  3. Suparyatno, S.Si.
                  4. ...................................

                  • Bahan Ajar dan Rujukan

                    Tuliskan Referensi yang digunakan, link sumber belajar dalam bentuk e book, jurnal dll

                    1. Gandasoebrata, R. 2013. Penuntun Laboratorium Klinik. Dian Rakyat: Jakarta
                    2. Ganong. 2015. Fisiologi Kedokteran. Penerbit Buku Kedokteran EGC: Jakarta
                    3. Sherwood, L. 2015. Fisiologi Manusia dari Sel ke Sistem Edisi 8. Penerbit Buku Kedokteran EGC: Jakarta
                    4. Tortora, G.J and B. Derrickson. 2014. Dasar Anatomi dan Fisiologi. Penerbit Buku Kedokteran EGC: Jakarta

                    Tuliskan link pada deskripsi Perangkat Pembelajaran seperti RPS, timeline, Modul MK dll pada deskripsi


                    Unggah berkas Perangkat Pembelajaran seperti RPS, timeline, Modul MK dll pada deskripsi pada content


                    • Ayat Inspirasi

                      Tuliskan ayat Al Quran atau hadits yang berkaitan dengan MK sebagai landasan spririt spiritual.

                      • UJIAN SEMESTER