Profil Mata Kuliah
Assalamu'alaikum Wr.WbSemangat Belajar!
Praktikum Metodologi penelitian akan bermanfaat bagi mahasiswa dalam penyusunan proposal penelitian, yang menjadi salah satu tugas yang harus diselesaikan dan sekaligus menjadi salah satu bagian yang penting dalam pembelajaran karena mahasiswa diharapkan kompeten dalam melakukan analisis dan sintesis suatu permasalahan dan menuangkannya dalam sebuah karya tulis ilmiah. Hasil akhir dari penyusunan proposal ini diharapkan mahasiswa dapat melakukan penelitian yang dapat memberikan kontribusi pada pengembangan keilmuan dan praktek keperawatan serta memperkuat body of knowledge keperawatan anestesi. Mahasiswa diberi kesempatan untuk menyelesaikan penyusunan proposal dalam waktu maksimal 1 semester.
Panduan praktikum ini dibuat untuk membantu mahasiswa dalam menuliskan proposal penelitian dalam bentuk dokumen akademis atau karya tulis ilmiah.Wassalamu'alaikum Wr.Wb
Tri Hapsari Listyaningrum, S.ST., M.HPada MK ini mahasiswa belajar tentang prinsip-prinsip dan metode penelitian yang akan digunakan kelak pada saat melakukan penelitian skripsi atau penelitian tugas akhir. Mahasiswa belajar mengenai pengertian pengetahuan, etika melakukan penelitian, merumuskan pertanyaan penelitian, membuat hipotesis, membuat rancangan penelitian sesuai dengan metode yang dipilih, mengumpulkan dan mengolah data hasil pengukuran dan menyusun proposal penelitian.
Bahan Kajian Teori :
- Konsep dasar Penelitian Kesehatan
- Jenis-jenis Penelitian
- Literature Review
- Perumusan Masalah Penelitian
- Perumusan Tinjauan Pustaka
- Rancangan/Desain Penelitian
- Populasi dan Sampel
- Etika Penelitian
- Variabel dan skala penelitian
- Pengumpulan Data
- Validitas dan Reliabilitas
- Penelitian Deskriptif
- Penelitian Analitik
- Penyusunan Sitasi dan Dafar Pustaka
Bahan Kajian Praktikum :
- Perumusan Masalah Penelitian
- Presentasi Perumusan Masalah Penelitian
- Penulisan Tinjauan Pustaka
- Presentasi Perumusan Tinjauan Pustaka
- Perumusan Rancangan Penelitian
- Presentasi Perumusan Rancangan Penelitian
- Perumusan Populasi dan Sampel
- Presentasi Perumusan Populasi dan Sampel
- Perumusan Hipotesis dan Analisis Data
- Presentasi Perumusan Hipotesis dan Analisis Data
- Proposal Development 1
- Proposal Development 2
- Proposal Development 3
- Proposal Development 4
CAPAIAN PEMBELAJARAN SIKAP (CP S)
S1
Bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius
S2
Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika
S9
Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik
CAPAIAN PEMBELAJARAN PENGUASAAN PENGETAHUAN (CP PP)
PP5
Menguasai konsep dan metode untuk mengetahui adanya temuan terbaru disiplin ilmu yang dimilikinya
PP6
Menguasai metode terbaru dalam penelitian bidang ilmu yang dimilikinya
CAPAIAN PEMBELAJARAN KETRAMPILAN UMUM (CP KU)
KU4
Mampu melakukan kerjasama penelitian KU13
Mampu menyusun hasil kajian tersebut di atas dalam bentuk kertas kerja, spesifikasi desain, atau esai seni, dan mengunggahnya CAPAIAN PEMBELAJARAN KETRAMPILAN KHUSUS (CP KK)
KK5
Mampu melakukan pelayanan asuhan kepenataan anestesi dengan menerapkan pengetahuan dan teknologi dalam bidang keperawatan anestesiologi pada preanestesi, intraanestesi, pascaanestesi, kegawatdaruratan, dan kritis dan management nyeri sesuai dengan kewenangannya.
Secara garis besar pelaksanaan kegiatan belajar mengajar dilaksanakan secara berurutan. Perkuliahan dilaksanakan dengan penyampaian teori, praktikum daring dan luring, pembuatan proposal tugas akhir, quiz, UTS, dan UAS.
Perkuliahan dilaksanakan dalam kurun waktu 1 semester. Adapun struktur pelaksanaannya adalah sebagai berikut :
- Peserta didik diwajibkan membaca materi dan konten yang diberikan per pokok bahasan yang diikuti dengan berpartisipasi secara aktif dalam diskusi.
- Peserta didik diwajibkan mengerjakan tugas dan kuis yang harus dikumpulkan tidak lebih dari 1 minggu.
- Peserta didik diwajibkan mengikuti Ujian Tengah Semester dan Ujian Akhir Semester.
- Peserta didik diwajibkan membaca materi dan konten yang diberikan per pokok bahasan yang diikuti dengan berpartisipasi secara aktif dalam diskusi.
Dalam mengikuti perkuliahan para mahasiswa harus mengikuti paradigma dan mekanisme pembelajaran dengan prinsip-prinsip sebagai utama sebagai berikut :
Mahasiswa diharapkan untuk aktif melakukan proses pembelajaran mandiri melalui beraneka ragam cara yang tersedia dan memungkinkan, yaitu
- Menggunakan referensi yang tersedia.
- Memanfaatkan berbagai sumber yang ada di internet.
- Melakukan komunikasi intensif antar sesama mahasiswa.
- Mengerjakan seluruh latihan dan tugas yang diberikan.
- Menghadiri sesi temu dengan dosen pengampu.
- Mengikuti ujian terjadwal yang telah ditetapkan.
Dalam penyelenggaraan mata kuliah, dosen pengampu menilai peserta didik dengan menggunakan berbagai indikator, seperti
- Keakftifan dalam mengikuti forum diskusi.
- Keteraturan atau frekuensi dalam melakukan akses terhadap sumber daya pendidikan yang tersedia pada aplikasi learning management system yang digunakan.
- Kuantitas kehadiran, dan kualitas interaksi dengan dosen baik secara sinkronus, atau asinkronus.
- Kelengkapan pengumpulan tugas yang diberikan.
- Partisipasi aktif mengerjakan soal-soal latihan.
- Hasil UTS dan UAS.
Keseluruhan kinerja mahasiswa dijadikan bahan evaluasi dosen dalam memberikan penilaian akhir pencapaian mahasiswa dalam mata kuliah yang bersangkutan.
Model Assesmen NO HURUF SKOR BOBOT KUALITATIF 1. A 80-100 4.00 Pujian (Sangat Baik) 2. A- 77-79 3.75 Lebih dari Baik 3. AB 75-76 3.50 Lebih dari Baik 4. B+ 73-74 3.25 Lebih dari Baik 5. B 70-72 3.00 Baik 6. B- 66-69 2.75 Lebih dari Cukup 7. BC 63-65 2.50 Lebih dari Cukup 8. C+ 59-62 2.25 Lebih dari Cukup 9. C 55-58 2.00 Cukup 10. C- 51-54 1.75 Hampir Cukup 11. CD 48-50 1.50 Hampir Cukup 12. D 41-47 1.00 Kurang 13 E ≤ 40 0.00 Sangat Kurang Peserta didik akan dievaluasi penguasaan dan pemahaman materi kuliah dengan penilaian sebagai berikut :
- UTS (20%)
- UAS (20%)
- Tugas Terstruktur (20%)
- Praktikum (40%)
- Heri Puspito, S.Kep.,Ns.,M.K.M
- Dzakiyatul Fahmi, S.Kep., Ners., M.Kep
- Tri Hapsari Listyaningrum, SST., MH
- Ririn Wahyu Hidayati, SST., MKM
- Vita Purnamasari, S.Kep., Ners., M.Kep
- Moeleong, L. J.. (2010). Metodologi Penelitian Kualitatif Edisi 20. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.
- Sastroasmoro, S., & Ismael, S. (2011). Dasar-dasar Metodologi Penelitian Klinis Edisi 4.
- Jakarta : CV. Sagung Seto.
- Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D Edisi 12. Bandung : CV. Alfabeta.
- Dahlan, M. S. (2009). Besar sampel dan cara pengambilan sampel dalam penelitian kedokteran dan kesehatan. Jakarta: Salemba Medika.
- Dahlan, M. S. (2009). Statistik untuk kedokteran dan kesehatan. Jakarta: Salemba Medika.
- Notoatmodjo, S. (2010). Ilmu Perilaku Kesehatan. Rineka Cipta: Jakarta.
- Sastroasmoro, S., Ismael, S. (2008). Dasar-dasar metodologi penelitian klinis. Edisi ke-3. Jakarta: Sagung Seto.
- Sugiyono. (2011). Metode penelitian pendidikan. Bandung: Alfabeta.