EMBRIOLOGI
Assalammualaikum Wr Wb..
Selamat datang calon Bidan Profesional Qur'ani di Mata Kuliah embriologi Prodi S1 profesi Bidan Fakultas Ilmu kesehatan Universitas Aisyiyah Yogyakarta. Mata kuliah ini ditujukan untuk mahasiswa semester II dengan beban 3 sks
Selamat mengikuti Perkuliahan dengan baik, salam hangat dan tetap semangat.
Assalammualaikum wr. wb
Perkuliahan dilaksanakan dalam kurun waktu 1 semester. Adapun struktur pelaksanaannya adalah sebagai berikut :
- Peserta didik diwajibkan membaca materi dan konten yang diberikan per pokok bahasan yang diikuti dengan berpartisipasi secara aktif dalam diskusi.
- Peserta didik diwajibkan mengerjakan individual project dan tugas yang harus dikumpulkan sesuai dengan waktu yang sudah disepakati dalam RPS.
- Peserta didik diwajibkan mengikuti aktivitas partisipati meliputi : CBLperkuliahan teori dan praktikum
- Peserta didik diwajibkan mengikuti Quiz, Ujian Tengah Semester dan Ujian Akhir Semester.
- Dalam mengikuti perkuliahan mahasiswa harus mengikuti paradigma dan mekanisme pembelajaran dengan prinsip-prinsip sebagai utama sebagai berikut :
Mahasiswa diharapkan untuk aktif melakukan proses pembelajaran mandiri melalui beraneka ragam cara yang tersedia dan memungkinkan, yaitu
1. Menggunakan referensi yang tersedia.
2. Memanfaatkan berbagai sumber yang ada di inter
3. Melakukan komunikasi intensif antar sesama mahasiswa.
4. Mengerjakan seluruh latihan dan tugas yang diberikan.
5. Menghadiri sesi temu dengan dosen pengampu.
6. Mengikuti ujian terjadwal yang telah ditetapkan.
7. Paradigma pembelajaran e-learning adalah aktif dan mandiri, diharapkan peserta didik dapat mengatur intensitas belajarnya sendiri.Basis Evaluasi dan Komponen Evaluasi:
Dalam penyelenggaraan mata kuliah, dosen pengampu menilai peserta didik dengan menggunakan berbagai indikator, seperti
1. Keakftifan dalam mengikuti forum diskusi.
2. Keteraturan atau frekuensi dalam melakukan akses terhadap sumber daya pendidikan yang tersedia pada aplikasi learning management system yang digunakan.
3. Kuantitas kehadiran, dan kualitas interaksi dengan dosen baik secara sinkronus, atau asinkronus.
4. Kelengkapan dan ketepatan pengumpulan tugas yang diberikan.
5. Partisipasi aktif mengerjakan soal-soal latihan dan quiz.
6. Hasil UTS dan UAS.
7. Keseluruhan kinerja mahasiswa dijadikan bahan evaluasi dosen dalam memberikan penilaian akhir pencapaian mahasiswa dalam mata kuliah yang bersangkutan.Model Assesment
1. Emery, A.E.H. 1975. (terj.Hartono). Dasar-dasar Genetika Kedokteran. Yogyakarta: Yayasan Esensia Medika.
2. Hatono dan Kusnadi D. 1983. Penyuluhan Genetik. Yogyakarta: Symposium Genetika Kedokteran Nasional I.
3. Sadler, T.W. Embriologi Kedokteran Lagman. Jakarta: EGC.
4. Carter, C.O. Prospect in Gentic Counseling. Dalam Emery, A.E.H.(ed). 1970. Modern Trend in Human Genticsvol 1
5. Conneally, P.M: Mutation Rates in Man. Dalam Emery, A.E.H.(ed). 1970. Modern Trend in Human Genticsvol 2
6. Cunningham, Mac.Donald, Gant. 2004. Obstetri Williams. Jakarta: EGC.
7. Hartono dkk. 2006. Genetika Kedokteran. Yogyakarta: Fakultas Kedokteran UGM.
8. Suryo. Genetika Manusia. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press