PROFIL MATA KULIAH
Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh.
Selamat datang rekan-rekan mahasiwa yang kami banggakan. Segala puji kita panjatkan kepada Allah SWT atas berkat rahmat dan karunia-Nya kita dapat belajar bersama.
Selamat datang di mata kuliah Etika Profesi dan Hukum Kesehatan, Prodi Kebidanan Sarjana dan pendidikan Profesi Bidan, Fakultas Ilmu Kesehatan, Universitas 'Aisyiyah Yogyakarta.
Mata kuliah ini diharapkan dapat mengarahkan dan memotivasi mahasiswa untuk dapat berfikir dan menentukan tindakan yang sesuai dengan etika Profesi dan Hukum Kesehatan. Tindakan yang diberikan harus sesuai dengan standar kompetensi dan ketrampilan bidan.
Mata kuliah Etika profesi dan hukum kesehatan, yang ditempuh mahasiswa di semester II, yang terdiri dari 2 sks dengan rincian 1 ,5 SKS teori dan 0,5 SKS Seminar.
Selamat mengikuti perkuliahan dengan baik. Salam hangat dan tetap semangat! Yakin Kita Bisa!!!
Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh.
Dita Kristiana
Pada mata kuliah ini memberikan kemampuan kepada mahasiswa untuk menerapkan etika profesi dan hukum kesehatan dengan pokok bahasan : sistematika etik, kode etik profesi, prinsip etika moral, fungsi etika dan moral dalam pelayanan kebidanan, sumber etika, hak kewajiban dan tanggung jawab (landasan hukum etika profesi), prinsip kode etik, nilai personal dan nilai luhur profesi dalam pelayanan kebidanan (kajian islam dalam hukum dan etika profesi, isu dan dilema etik, aspek legal pelayanan kebidanan, penyelesaian masalah etik.
Rencana Pembelajaran Semester ini merupakan salah satu mata kuliah bagi mahasiswa yang harus ditempuh dalam Program studi kebidanan program sarjana Universitas ˜Aisyiyah Yogyakarta sebagai dasar atau bekal mahasiswa dalam mempersiapkan mahasiswa untuk praktik mandiri. Mata kuliah ini terdiri dari 2 sks dengan rincian 1,5 sks teori dan 0,5 sks seminar.
Untuk mencapai kompetensi pada akhir pembelajaran, maka ada beberapa proses pembelajaran yang akan ditempuh, antara lain 11 kali perkuliahan teori, dan 7 kali seminar di kelas, dengan prinsip pembelajaran aktif yang akan ditempuh dalam waktu ±12 minggua. Pengantar etika: Sistematika etika, kode etik profesi, prinsip etika moral, fungsi etika dan moral dalam pelayanan kebidanan, sumber etika, hak, kewajiban dan tanggung jawab (landasan hukum etika profesi), prinsip kode etik, nilai personal dan nilai luhur profesi dalam pelayanan kebidanan (kajian islam dalam hukum dan eika profesi)
b. Isu dan dilemma etik: Masalah isu etik, penanganan isu etik, masalah-masalah etik moral yang mungkin terjadi dalam praktik bidan, langkah-langkah penyelesaian masalah, informed choice, consent, refusal, record keeping, masalah dilema etik, pengambilan keputusan dalam dilema etik
c. Aspek legal pelayanan kebidanan, pentingnya landasan hukum dalam praktik, Peraturan dan perundang-undangan yang melandasi tugas fungsi dan praktek bidan, Sistem hukum di Indonesia dan badan hukum yang relevan yang mempengaruhi kebijakan terhadap praktik kebidanan, hukum, disiplin hukum dan peristilahan hokum, legislasi, registrasi, lisensi praktik kebidanan, Peran dan fungsi majelis pertimbangan kode etik, supervisi dan monitoring bidan, otonomi dalam pelayanan kebidanan, isu profesional dalam prespektif hokum, malpractice, misconduct and negligence, whisteblowing and complaints,
Penyelesaian masalah etik: Contoh kasus isu dan dilema etik (dilingkup pelayanan, pendidikan dan masyarakat) (aborsi, sunat perempuan/FGM, episiotomi, SC, surrogacy), penyelesaian dilema etik1. Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik (S8)
2. Menguasai konsep teoritis ilmu kebidanan, manajemen asuhan kebidanan, keputusan klinis, model praktik kebidanan, dan etika profesi secara mendalam (PP11).
3. Menguasai konsep teoritis ilmu ekonomi kesehatan, politik kesehatan, kebijakan publik di bidanng kesehatan, sosiologi dan antropologi kesehatan, epidemiologi dan biostatistik, kesehatan masyarakat secara umum (PP4)
4. Menguasai prinsip hukum peraturan dan perundang-undangan yang terkait dengan pelayanan kebidanan secara umum (PP11)
5. Menganalisis perkembangan problem di masyarakat (PP18)
Perkuliahan dilaksanakan dalam kurun waktu 1 semester.
Adapun struktur pelaksanaannya adalah sebagai berikut :
- Peserta didik diwajibkan membaca materi dan konten yang diberikan per pokok bahasan yang diikuti dengan berpartisipasi secara aktif dalam diskusi.
- Peserta didik diwajibkan mengerjakan tugas yang harus dikumpulkan
- Peserta didik diwajibkan mengikuti Ujian Tengah Semester dan Ujian Akhir Semester.
- Peserta didik diwajibkan membaca materi dan konten yang diberikan per pokok bahasan yang diikuti dengan berpartisipasi secara aktif dalam diskusi.
Dalam mengikuti perkuliahan para mahasiswa harus mengikuti paradigma dan mekanisme pembelajaran dengan prinsip-prinsip sebagai utama sebagai berikut :
Mahasiswa diharapkan untuk aktif melakukan proses pembelajaran mandiri melalui beraneka ragam cara yang tersedia dan memungkinkan, yaitu
- Menggunakan referensi yang tersedia.
- Memanfaatkan berbagai sumber ilmiah yang ada di internet.
- Melakukan komunikasi intensif antar sesama mahasiswa.
- Mengerjakan seluruh kuis dan tugas yang diberikan.
- Menghadiri sesi temu dengan dosen pengampu secara daring
- Mengikuti ujian terjadwal yang telah ditetapkan.
- Paradigma pembelajaran e-learning adalah aktif dan mandiri, diharapkan peserta didik dapat mengatur intensitas belajarnya sendiri.
Dalam penyelenggaraan mata kuliah, dosen pengampu menilai peserta didik dengan menggunakan berbagai indikator, seperti
- Keteraturan atau frekuensi dalam melakukan akses terhadap sumber daya pendidikan yang tersedia pada aplikasi learning management system yang digunakan.
- Kuantitas kehadiran, dan kualitas interaksi dengan dosen secara daring
- Kelengkapan pengumpulan tugas yang diberikan.
- Partisipasi aktif mengerjakan soal-soal kuis.
- Hasil UTS dan UAS
- Keseluruhan kinerja mahasiswa dijadikan bahan evaluasi dosen dalam memberikan penilaian akhir pencapaian mahasiswa dalam mata kuliah yang bersangkutan.
- Keakftifan dalam mengikuti forum diskusi.
Dosen 1 Nama : Dita Kristiana, S.ST., MH. NIP : 8910121111145 NIDN : 0512108902 Email : ditakristiana@unisayogya.ac.id HP : 085643525655 Dosen 2 Nama: Tri Wahyuning Puji Astuti, s.SiT., MH.
NIP: 5704230610190
NIDN: 0523045701
HP: 08156810053
Dosen 3
NIP : 6807091104118Nama: Siti Arifah, S.ST., MH. Email: sitiarifah23@yahoo.co.id HP:085643983001 NIDN:0508076801 Dosen 4 Nama : Nurul Soimah, S.ST., MHEmail : shoimah_n@yahoo.co.idhp : 085725200451NIDN : 0511116902NIP : 6911111112148Dosen 5Nama : Tri Hapsari Listyaningrum, S.ST., MH
Email : trihapsari_listyaningrum@unisayogya.ac.id
HP : 08995176448
NIDN : 0504039001
NIP : 9003141210169
Dosen 6Nama: Sutarti, MPH.A. Utama
1. Suharyati, dkk. 2020. Modul model simple integrasi etik dalam pelayanan kesehatan primer dan di rumah sakit. Deepublish. Yogyakarta
2. Hamzani. 2020. Hukum islam dalam sistem hukum di Indonesia.Kencana. Jakarta
3. Riyanti. 2019. Etikolegal dalam praktik kebidanan. Wineka media
4. Safitri, dkk.2020. Buku ajar konsep kebidanan. NEM. Jawa Tengah
5. Etika dan Hukum Kesehatan; 2019. Tri wibowo, Cecep; Nuha Medika Press; Yogyakarta
6. Damayanti, FN, dkk. 201. Perlindungan hukum profesi bidan. Unimus press: Semarang
7. Undang-Undang No 4 Tahun 2019 tentang Kebidanan
8. Undang Undang No 36 Tahun 2014 tentang Tenaga Kesehatan
9. Undang-Undang No 36 Tahun 2010 tentang Kesehatan.
10. Undang-Undang No 44 Tahun 2009 tentang Rumah Sakit
11. Undang-Undang No 29 Tahun 2004 tentang Praktik Kedokteran
12. Kepmenkes No 320 Tahun 2020 tentang Standar Profesi Bidan
13. Kepmenkes No 938 Tahun 2007 tentang Standar Asuhan Kebidanan
14. Permenkes No 28 Tahun2017 tentang Ijin dan Penyelenggaraan Praktik Bidan
15. Permenkes No 269 Tahun 2008 tentang Rekam Medis
16. Permenkes RI No 290/Menkes/Per/III/2008 tentang Informed concent
17. PP No 61 Tahun 2014 tentang Hak Kesehatan Reproduksi
B. Tambahan
1. Faretya,G dan Nurrobikha. 2018. Etikolegal dalam pelayanan kebidanan. Deepublish.
2. Nardina, EA, dkk. 2021. Etikolegal dalam praktik kebidanan. Yayasan kita menulis.
3. Purba,S. dkk. 2020. Etika profesi. Membangun profesionalisme diri. Yayasan kita menulis
4. Sudra, RI, dkk. 2021. Etika profesi dan hukum kesehatan dalam praktik kebidanan. Jakarta: Pusdik SDM Kesehatan
5. Indar, dkk. 2019. Hukum dan bioetik dalam perspektif etika dan hukum kesehatan. Deepublish.
C. Luaran penelitian penelitian dosen atau PkM dosen:
1. Kristiana. 2021. Tinjauan yuridis pelaksanaan informed consent pemasangan AKDR pada akseptor KB. Jurnal Kebidanan. Universitas Muhammadiyah Semarang. 89-96.
2. Astuti, Twp, dkk. 2020. Informed consent pelayanan kebidanan di PMB Kecamatan Mantrijeron Yogyakarta. Gaster. Aiska-university.ac.id
3. Arifah. 2021. Implementasi Peraturan Pemerintah no 33 tahun 2012 tentang pemberian asi eksklusif. Jurnal kebidanan dan keperawatan aisyiyah 17 (1) 01-09. universitas ‘aisyiyah yogyakarta
DstAssalamualaikum, berikut RPS EPHK, terimakasih
Sub CPMK: Mampu menjelaskan dan menganalisa pengantar etika (C3, A2,P2)
Bahan Kajian:
1. sistematika etika
2. kode etik profesi
3. prinsip etika moral
4. fungsi etika moral dalam pelayanan kebidanan
5. sumber etika bermuatan nilai islamPlatform yang digunakan:
synchronous: zoom (2x50 menit)
asynchronous: lensa.unisa yogya.ac.id
Metode pembalajaran:
1. Contextual instruction
2. Case based learning
Aktiitas pembelajaran: Ceramah, diskusi
Seminar
Tugas seminar:
Bagi kelas menjadi 5 kelompok. Masing-masing kelompok mencari 1 kasus masalah etik dalam pelayanan kebidanan. Kasus dapat diambil berita terkini dari media masa (koran, televisi, internet). Contoh Repubika, terbit tanggal berapa, kolom berapa. Kasus tiap kelompok berbeda-beda. Lengkapi dengan jurnal dan buku sebagai kajian teori tentang etika profesi bidan dengan mencantumkan minimal 5 daftar pustaka yang jelas. Hasil diskusi tersaji dalam bentuk power point. Powerpoint diupload ke lensa.unisayogya.ac.id dan diseminarkan pada pertemuan seminar minggu ke2. Sistematika penulisan power point meliputi :
1) Judul
Berisi tentang komponen obyek, subyek, tempat dan waktu.
2) Kasus
Berisi tentang masalah, etik pada pelayanan kebidanan.
3) Tinjauan Pustaka
Tulislah pustaka (teori/konsep/pendapat/hasil penelitian) tentang etika profesi bidan baik dari buku referensi, jurnal maupun tinjauan dari sudut pandang agama Islam (dilengkapi Al Quran dan Hadist serta pendapat Ulama) terhadap permasalahan yang dibahas.
4) Pembahasan
Pembahasan dilakukan berdasarkan tinjauan teori dari jurnal dan buku ditambahkan tentang tinjauan Islam sesuai kasus. Sumber pustaka (nama penulis dan tahun terbit) dituliskan dalam pembahasan.
5) Daftar pustaka
Minimal menggunakan satu referensi bahasa Inggris
Checklist Penilaian Diskusi
Nama Mahasiswa :
NIM :
No
Item
Penilaian (pertemuan ke…)
0
1
2
3
Dealing with work
1
Preparation of task
2
Completeness in performing task
3
Brainstorming task
4
Active participation in agroup
5
Report back
Dealing with others
6
Working in a team
7
Listening to others
8
Performance as a chair of a group
9
Performance as a secretaries of a group
10
Summarizing discussion
DEALING WITH ONE SELF
11
Dealing with feedback
12
Giving feedback
13
The ability to reflect
14
Dealing with appointment
15
Being in time
Nilai : Skor perolehan X 100
36
Media/bahan ajar: RPS, power point
https://lensa.unisayogya.ac.id/pluginfile.php/272136/mod_page/intro/pengantar%20etik%20%281%29.ppt
Teori: Dita Kristiana, S.ST., MH
Dokumentasi pembelajaran:
Teori Kelas B
Teori Kelas A
Sub CPMK: Mampu menjelaskan dan menganalisa pengantar etika (C3, A2,P2)
Bahan kajian:
1. hak, kewajiban, dan tanggung jawab (landasan hukum etika profesi)
2. prinsip kode etik
3. nilai personal dan nlai luhur profesi dalam pelayanan kebidanan (kajian islam dalam hukum dan etika profesi)Platform yang digunakan:
synchronous: zoom (2x50 menit)
asynchronous: lensa.unisayogya.ac.id
Metode pembelajaran:
· Contextual instruction
· Case based learning
Aktivitas pembelajaran: ceramah, diskusi, seminar
Tugas seminar
Bagi kelas menjadi 5 kelompok. Presentasikan powerpoint yang sudah didiskusikan pada pertemuan minggu 1.
Checklist penilaian presentasi
Aspek yang dinilai
Skor
0
1
2
No
Sikap dan perilaku
Isi
1.
Kasus
2.
Tinjauan Teori mengenai kasus yang diangkat
3.
Pembahasan Kasus menurut Diskusi Kelompok
4.
Kesenjangan antara pembahasan dengan tinjauan teori
Daftar Pustaka
5.
Jumlah minimal 3 referensi dan sumber pustaka (2 jenis)
6.
Tahun Penerbitan buku/artikel 10 tahun terakhir
Sistematika Penulisan
7.
Penggunaan kalimat efektif (tidak ada pengulangan, koherensi penulisan)
8.
Penulisan kutipan/rujukan
9.
Penulisan daftar pustaka
Presentasi
10.
Ketepatan waktu (15-20 menit)
11.
Kejelasan suara dan intonasi
12.
Kejelasan isi materi
13.
Teknik penggunaan AVA (Audio Visual Art)
14.
Pembuatan media presentasi yang efektif
15.
Berbicara dengan terstruktur dan percaya diri di depan umum
16.
Melakukan pembicaraan/dialog dengan orang lain secara terbuka
Media/bahan ajar: Power point
Teori: Tri Wahyuning Puji Astuti, S.SiT., MH.
Sub CPMK: Mampu menjelaskan isu dan dilema etik dalam pelayanan kebidanan
Bahan Kajian:
1. Masalah isu etik
2. Penanganan isu etik
3. Masalah isu etik moral yang terjadi dalam pelayanan kebidanan
4. Langkah-langkah penyelesaian masalah bermuatan nilai islam
Platform yang digunakan:
synchronous zoom (2x50 menit), asynchronous: lensa.unisayogya.ac.id
Metode pembelajaran: Contextual instruc tion, Case based learning
Aktivitas pembelajaran: Ceramah, diskusi
Tugas Seminar Minggu Ke3
Bagi kelas menjadi 5 kelompok. Masing-masing kelompok mendiskusikan kasus yang diambil pada pertemuan seminar minggu 1. Lengkapi dengan jurnal atau buku sebagai kajian teori tentang topik di bawah ini.
1. hak kewajiban tanggung jawab bidan terhadap klien dan masyarakat
2. hak kewajiban bidan terhadap tugasnya
3. hak kewajiban bidan terhadap sejawat dan tenaga Kesehatan
4. hak kewajiban bidan terhadap profesinya, dan diri sendiri
5. hak kewajiban bidan terhadap pemerintah, nusa bangsa dan tanah air
Jurnal atau buku minimal 5 daftar Pustaka yang jelas. Powerpoint diupload di lensa.unisayogya.ac.id dan diseminarkan pada pertemuan seminar minggu ke4.
Checklist Penilaian Diskusi
Nama Mahasiswa :
NIM :
No
Item
Penilaian (pertemuan ke…)
0
1
2
3
Dealing with work
1
Preparation of task
2
Completeness in performing task
3
Brainstorming task
4
Active participation in agroup
5
Report back
Dealing with others
6
Working in a team
7
Listening to others
8
Performance as a chair of a group
9
Performance as a secretaries of a group
10
Summarizing discussion
DEALING WITH ONE SELF
11
Dealing with feedback
12
Giving feedback
13
The ability to reflect
14
Dealing with appointment
15
Being in time
Nilai : Skor perolehan X 100
36
Media/bahan ajar: Powerpoint
Teori: Tri Wahyuning Puji Astuti, S.SiT., MH
Sub CPMK: Mampu menjelaskan isu dan dilema etik dalam pelayanan kebidanan
Bahan kajian:
1.legal drafting
2. MOU
3. rekam medis
4. informed choice, consent dan refusal
5. record keeping
Platform yang digunakan:
synchronous: zoom (2x50 menit)
asynchronous: lensa.unisayogya.ac.id
Metode pembelajaran: contextual instruction, case based learning
Aktivitas pembelajaran: ceramah, diskusi
Tugas seminar minggu 4
Bagi kelas menjadi 5 kelompok. Masing-masing kelompok mempresentasikan powerpoint yang sudah didiskusikan pada pertemuan seminar minggu ke 3 dilanjutkan diskusi.
Checklist penilaian presentasi
Aspek yang dinilai
Skor
0
1
2
No
Sikap dan perilaku
Isi
1.
Kasus
2.
Tinjauan Teori mengenai kasus yang diangkat
3.
Pembahasan Kasus menurut Diskusi Kelompok
4.
Kesenjangan antara pembahasan dengan tinjauan teori
Daftar Pustaka
5.
Jumlah minimal 3 referensi dan sumber pustaka (2 jenis)
6.
Tahun Penerbitan buku/artikel 10 tahun terakhir
Sistematika Penulisan
7.
Penggunaan kalimat efektif (tidak ada pengulangan, koherensi penulisan)
8.
Penulisan kutipan/rujukan
9.
Penulisan daftar pustaka
Presentasi
10.
Ketepatan waktu (15-20 menit)
11.
Kejelasan suara dan intonasi
12.
Kejelasan isi materi
13.
Teknik penggunaan AVA (Audio Visual Art)
14.
Pembuatan media presentasi yang efektif
15.
Berbicara dengan terstruktur dan percaya diri di depan umum
16.
Melakukan pembicaraan/dialog dengan orang lain secara terbuka
Media/bahan ajar: Power point
Teori: Tri Hapsari Listyaningrum, S.ST., MH.
Sub CPMK: Mampu menjelaskan isu dan dilema etik dalam pelayanan kebidanan
Bahan kajian:
1. Masalah dilema etik
2. Pengambilan keputusan dalam dilema etik
Platform yang digunakan:
synchronous zoom (2x50 menit)
asynchronous: lensa. unisayogya.ac.id
Metode pembelajaran: contextual instruction, case based learning
Aktivitas pembelajaran: ceramah, diskusi
Tugas seminar minggu 5
1. TUJUAN TUGAS:
Mahasiswa dapat mencari landasan hukum dalam memberikan asuhan kebidanan sehari hari sebagai aplikasi dari teori legal aspek hukum
2. URAIAN TUGAS:
a. Obyek Garapan :
· Mahasiwa mencari landasan hukum dalam memberikan asuhan kebidanan sehari hari sebagai aplikasi dari teori legal aspek hukum
· Identifikasi asuhan kebidanan sesuai dengan kompetensi bidan
· Berikan contoh asuhan pelayanan kebidanan (tema bebas tidak boleh dengan kasus yang sama)
b. Batasan yang harus dikerjakan:
Sumber pustaka dapat diambil Undang - undang, Kepmenkes, Permenkes, PP, Surat keputusan.
c. Metode/Cara Pengerjaan (acuan cara pengerjaan):
Dikerjakan secara kelompok, menyusun power point dan dikrim ke lensa.unisayogya.ac.id, dilengkapi dengan referensi 5 sumber pustaka.
d. Deskripsi Luaran tugas yang dihasilkan:
Tugas tertulis dikumpulkan dalam bentuk powerpoint, Tugas diupload dan dipresentasikan pada pertemuan 6 seminar. Sitematika penulisan powerpoint meliputi :
1. Judul
Berisi tentang komponen obyek, subyek, tempat dan waktu.
2. I Pendahuluan
Berisi tentang latar belakang masalah, rumusan yang telah terjadi tentang issue terkini pada pelayanan kebidanan berkaitan pengertian tentang wewenang bidan masalah, tujuan dan manfaat penulisan makalah.
3. II Tinjauan Pustaka
Tulislah pustaka (teori/konsep/pendapat/hasil penelitian) baik dari buku referensi, jurnal maupun tinjauan dari sudut pandang agama Islam (dilengkapi Al Quran dan Hadist serta pendapat Ulama) terhadap permasalahan yang dibahas.
4. III Pembahasan
Pembahasan dilakukan berdasarkan tinjauan teori dari jurnal dan buku ditambahkan tentang tinjauan Islam sesuai contoh kasus. Sumber pustaka (nama penulis dan tahun terbit) dituliskan dalam pembahasan. Literatur sesuai dengan Peranturan Perundang - undangan.
5. IV Simpulan dan Saran
Berisi tentang simpulan laporan yang disusun dan saran berdasarkan permasalahan yang dihadapi. Simpulan ditulis singkat dan jelas, hanya untuk menjawab tujuan yang dituliskan pada bab I. Saran dibuat secara operasional dan jelas sasaran yang dituju, misalnya untuk penderita penyakit/masalah kesehatan, masyarakat, profesi bidan, dinas kesehatan dan lain-lain.
6. Daftar pustaka
Minimal menggunakan satu referensi bahasa Inggris
Checklist Penilaian Diskusi
Nama Mahasiswa :
NIM :
No
Item
Penilaian (pertemuan ke…)
0
1
2
3
Dealing with work
1
Preparation of task
2
Completeness in performing task
3
Brainstorming task
4
Active participation in agroup
5
Report back
Dealing with others
6
Working in a team
7
Listening to others
8
Performance as a chair of a group
9
Performance as a secretaries of a group
10
Summarizing discussion
DEALING WITH ONE SELF
11
Dealing with feedback
12
Giving feedback
13
The ability to reflect
14
Dealing with appointment
15
Being in time
Nilai : Skor perolehan X 100
36
Media/bahan ajar: PowerpointTeori: Dita Kristiana, S.ST., MH.
Sub CPMK: Mampu menjelaskan aspek legal pelayanan kebidanan (C3, A2,P2)
Bahan kajian:
1. aspek legal dalam pelayanan kebidanan
2. pentingnya landasan hukum dalam praktek
3. peraturan perundangundangan yang melandasi tugas, fungsi dan praktek bidan, sistem hukum di indonesia dan badan hukum yang relevan yang mempengaruhi kebijakan terhadap praktik bidan kebidanan bermuatan nilai islam
Platform yang digunakan:
synchr onous: zoom (2x50 menit)
asynch ronous : lensa.unisayogya.ac.id
Metode pembelajaran: Contextual instruction, Case based learning
Aktivitas pembelajaran: Ceramah, diskusi
Tugas Seminar Minggu 5
Bagi kelas menjadi 5 kelompok.Masing masing kelompok mempresentasikan hasil diskusi pertemuan sebelumnya.
Checklist penilaian presentasi
Aspek yang dinilai
Skor
0
1
2
No
Sikap dan perilaku
Isi
1.
Kasus
2.
Tinjauan Teori mengenai kasus yang diangkat
3.
Pembahasan Kasus menurut Diskusi Kelompok
4.
Kesenjangan antara pembahasan dengan tinjauan teori
Daftar Pustaka
5.
Jumlah minimal 3 referensi dan sumber pustaka (2 jenis)
6.
Tahun Penerbitan buku/artikel 10 tahun terakhir
Sistematika Penulisan
7.
Penggunaan kalimat efektif (tidak ada pengulangan, koherensi penulisan)
8.
Penulisan kutipan/rujukan
9.
Penulisan daftar pustaka
Presentasi
10.
Ketepatan waktu (15-20 menit)
11.
Kejelasan suara dan intonasi
12.
Kejelasan isi materi
13.
Teknik penggunaan AVA (Audio Visual Art)
14.
Pembuatan media presentasi yang efektif
15.
Berbicara dengan terstruktur dan percaya diri di depan umum
16.
Melakukan pembicaraan/dialog dengan orang lain secara terbuka
Media/bahan ajar: powerpoint
Teori: Siti Arifah, S.ST., MH.
Dokumentasi pembelajaran:
Sub CPMK: Mampu menjelaskan aspek legal pelayanan kebidanan (C3, A2,P2)
Bahan Kajian:
hukum, disiplin hukum dan peristilahan hukum
legislasi, registrasi, lisensi praktik bidan
Platform yang digunakan:
synchronous: zoom (2x50 menit)
asynchronous : lensa.unisayogya. ac.id
Metode pembelajaran: Contextual instruction, Case based learning
Aktivitas pembelajaran: ceramah, diskusi
Media/bahan ajar: powerpoint
Teori: Siti Arifah, S.ST., MH.
Hari, Tanggal : Jumat, 27 Mei 2022
Waktu : Pukul 13.00-14.40 WIB (100 Menit)Petunjuk!
1. Berdoalah sebelum dan sesudah mengerjakan soal
2. Pastikan Anda log in dengan NIM dan atau NAMA yang benar
3. Pastikan Kuota Internet Anda mencukupi
4. Pastikan koneksi internet Anda STABIL
Assalamualaikum, berikut link soal UTS takehome. Selamat mengerjakan..
https://lensa.unisayogya.ac.id/pluginfile.php/305956/mod_forum/intro/takehome.docx
Sub CPMK 3: Mampu menjelaskan aspek legal pelayanan kebidanan (C2, A1,P1)
Bahan kajian:
1. peran dan fungsi majelis pertimbangan kode etik, supervise dan monitoring bidan
2. otonomi pelayanan kebidanan 3. isu professional dalam perspektif hukum malpraktik, misconduct, and negligence, whistleblowing and complaints bermuatan nilai islam.
3. Platform yang digunakan:
synchronous: zoom (2x50 menit)
asynchronous : lensa.unisayogya.ac.id
Metode pembelajaran: Contextual instruction
Aktivitas pembelajaran: Ceramah, diskusi
Media/bahan ajar: powerpoint
Teori: Sutarti, MPH.
Dokumentasi pembelajaran:
Cup CPMK4: Mampu menjelaskan penyelesaian masalah etik (C2,A1,P1)
Bahan kajian:
1. contoh kasus isu dan dilemma etik di lingkup pelayanan
2. penyelesaian dilema etik bermuatan nilai islam
platform yang digunakan:
synchronous: zoom (2x50 menit)
asynchronous : lensa.unisayogya. ac.id
metode pembelajaran: Contextual instruction
Aktivitas pembelajaran: ceramah, diskusi
Media pembelajaran: powerpoint
Teori: Nurul Soimah, S.ST., MH.
Dokumentasi pembelajaran:
Sub CPMK: Mampu menjelaskan Penyelesaian Masalah Etik ( C2, A1, P1)
Bahan kajian:
1. contoh kasus isu dan dilema etik di lingkup pendidikan
2. penyelesaian dilema etik bermuatan nilai islam
Platform yang digunakan:
synchronous zoom (2x50 menit)
asynchronous : lensa.unisayogya.ac.id
Metode pembelajaran: Contextual instruction
aktivitas pembelajaran: ceramah, diskusi
Media/bahan ajar: powerpoint
Teori: Tri Hapsari Listyaningrum, S.ST., MH.
Dokumentasi pembelajaran:
Sub CPMK: Mampu menjelaskan P enyelesaian Masalah Etik ( C2, A1, P1)
Bahan kajian:
1. contoh kasus isu dan dilema etik di lingkup masyarakat
2. penyelesaian dilema etik
platform yang digunakan:
Synchronous zoom (2x50 menit)
asynchronous : lensa.unisa yogya.ac.id
Metode pembelajaran: Contextual instruction
Aktivitas pembelajaran: ceramah, diskusi
Media/bahan ajar: powerpoint
Teori: Nurul Soimah, S.ST., MH.
Dokumentasi pembelajaran:
Mata Kuliah : Etika profesi dan hukum kesehatan
Bobot Nilai : 10%
Nama Dosen : Dita Kristiana, S.ST., MH.
Tugas ke- : 1
1. Judul Tugas: informed choice, consent dan refusal
2. Sub CPMK: mampu menganalisis isu dan dilema etik dalam pelayanan kebidanan 3. Tujuan Tugas: Mahasiswa dapat menerapkan informed choice, consent dan refusal dalam praktik kebidanan
4. Uraian Tugas:
a. Obyek garapan Satu kels dibagi menjadi 5 kelompok. Masing-masing kelompok melakukan simulasi/demonstrasi/roleplay memperagakan seorang bidan memberikan informed choice, consent/refusal kepada pasien.
b. Yang harus dikerjakan dan batasan-batasan: Masing-masing kelompok melakukan simulasi/demonstrasi/roleplay memperagakan seorang bidan memberikan informed choice, consent/refusal kepada pasien.
c. Metode/Cara Pengerjaan Tugas, acuan yang digunakan: Satu kelas dibagi menjadi 5 kelompok. Masing-masing kelompok melakukan simulasi/demonstrasi/roleplay memperagakan seorang bidan memberikan informed choice, consent/refusal kepada pasien.
d. Deskripsi luaran tugas yang dihasilkan: Hasil studi tersaji dalam bentuk video/rekaman suara bidan yang memberikan informed choice/consent/refusal kepada pasien dengan ketentuan diupload di lensa.unisayogya.ac.id. Tugas dikumpulkan maksimal pada mingu ke 12 masa perkuliahan.
5. Bahan Tugas:
-Buku Etika profesi dan hukum kesehatan
-Buku paket panduan bidan delima
-Perudang-undangan.
-Handout dalam bentuk power point
6. Kriteria dan Bobot Penilaian: Bobot tugas 10 % dari total nilai
a. Penilaian Hard Skills
80 - 100 Hasil jawaban menggunakan metode yang tepat, analisis yang sistematis, benar dan bahasa baik
70 - <80 Hasil jawaban menggunakan metode yang tepat, analisis yang sistematis dan benar
55 - <70 Hasil jawaban menggunakan metode yang tepat dan analisis yang tidak sistematis
40 - <55 Hasil jawaban menggunakan metode yang kurang tepat, analisis yang tidak sistematis
… < 40 Tidak menjawab
7. Jadwal Pelaksanaan Minggu ke 12
Hari, Tanggal : Jumat, 29 Juli 2022
Waktu : Pukul 13.00-14.40 WIB (100 Menit)Petunjuk!
1. Berdoalah sebelum dan sesudah mengerjakan soal
2. Pastikan Anda log in dengan NIM dan atau NAMA yang benar
3. Pastikan Kuota Internet Anda mencukupi
4. Pastikan koneksi internet Anda STABIL
- Takehome dikerjakan secara individu dengan dilengkapi sumber referensi yang update, baik dari artikel jurnal maupun peraturan perundang-undangan.
- Takehome diunggah ke elearning paling lambat Ahad, 31 Juli 2022.